Tuesday 16 April 2013

Persentase dan Pentingnya Kebutuhan Air Bagi Makhluk Hidup (Disadur Dari Buku Saya Berjudul: "Gizi dan Kesehatan Tubuh Manusia"

Oleh: Wahid Biyobe

A. Air

Air merupakan sumber kehidupan utama dan penting bagi kesehatan tubuh manusia, serta kekurangan air lebih cepat menjadi parah daripada kekurangan bahan makanan tertentu.  Karena air memberikan peranan yang berarti. Seseorang dapat meninggal dunia apabila dalam jangka waktu lebih kurang 4 sampai 5 hari tidak mengonsumsi air, namun seseorang dapat hidup ketika tidak mengonsumsi bahan makanan dalam beberapa minggu (4-5 minggu). Apabila kebutuhan air ini tidak tercukupi oleh seseorang dalam aktivitas rutin hariannya, maka bisa saja orang tersebut akan menderita kekurangan cairan tubuh (kadar sodium tubuh rendah) sehingga mudah sekali orang tersebut rentan terserang dehidrasi (kondisi krisis air pada beberapa tingkat sel dan jaringan tubuh), sehingga orang yang merasa dirinya sering mengalami kendala ini perlu kiranya jangan sampai telat minum air ukuran normal 6-8 gelas per hari/1500-2000cc (rata-rata aktivitas minum usia tingkat dewasa). Komposisi air di dalamnya terdapat oksigen terlarut, molekul Hidrogen, dll.

Tubuh kita terdiri dari 65% air. Kita harus mempertahankan kesehatan kita dengan menggunakan air yang bersih. Kandungan air dalam tubuh bervariasi, bagi yang kurus bisa mencapai 70% dan bagi yang gemuk bisa serendah 55%. Kandungan air di berbagai bagian tubuh juga berbeda, yakni:


Organ Target
Persentase Kandungan Air
Yang Dibutuhkan
Darah
Tulang
Otak
Ginjal
Otot
83,0 %
22,0 %
74,5 %
82,7 %
75,6 %

Air merupakan komponen utama dari semua struktur sel dan merupakan media kelangsungan proses metabolisme dan reaksi kimia di dalam tubuh. Air yang tersedia bagi tubuh termasuk yang terdapat dalam makanan cair maupun padat yang dikonsumsi, serta air yang terbentuk di dalam sel sebagai hasil proses oksidasi makanan.

Sebagian besar makanan padat juga terdiri atas air tadi, khususnya buah-buahan dan sayur-sayuran, yang mengandung lebih dari 85 persen air, dan buah semangka bahkan mengandung 95 persen atau lebih. Sejumlah air dalam tubuh juga diperoleh dari hasil oksidasi bahan makanan.

Tiap Hari Tubuh Menerima Air
Tiap Hari Tubuh
Mengeluarkan Air
Hubungan Jumlah Antara Air Yang Diterima Dengan Yang Dikeluarkan (ml)
Dari minuman
Sebagai urine
1.500 ml
Air dalam makanan
Melalui kulit
900 ml
Proses Oksidasi makanan
1. melalui pernafasan
2. dalam feses/ tinja
400 ml
200 ml

Pada air endogenus disebut ”air metabolik” atau ”air oksidasi”. Air metabolik ini jumlahnya kira-kira 15 persen dari total air yang diperoleh dari konsumsi makanan dan minuman sehari-hari. Newburgh, (1930) dan Peters (1933) mengemukakan angka-angka air oksidasi yang berasal dari protein, karbohidrat dan lemak sebagai berikut:

                                        Bahan Makanan (100g)
Air Oksidasi
Newburgh
Peters
Protein
Karbohidrat
Lemak
41
60
107
40
56
107

Atas dasar tersebut di atas jumlah total air yang tersedia bagi tubuh dapat diperhitungkan bila komposisi makanan serta jumlah air dan minuman diketahui. Penentuan keseimbangan air yang tepat harus memperhatikan adanya air metabolisme.

Pengaturan suhu badan tergantung antara lain pada sifat air dalam mengantarkan panas ke seluruh bagian tubuh. Bila suhu lingkungan rendah maka radiasi dan konduksi penting sebagai cara mengeluarkan panas. Perubahan suhu badan yang drastis dapat dicegah oleh sifat-sifat lain dari air misalnya perlunya suhu untuk penguapan air. Kehilangan air yang berlebihan, misalnya berkeringat, diare dan muntah-muntah, menimbulkan dehidrasi dan kehilangan cairan elektrolit-elektrolit.

Dalam penentuan mutu air yang kita minum sehari-hari, kita perlu mengetahui lebih dalam bahwa air yang dikonsumsi harus bebas dari bakteri yang berbahaya dan ketidakmurnian secara kimiawi. Untuk mengetahui apakah air yang kita konsumsi layak dikonsumsi atau tidak, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa syarat/kreteria air yang baik bagi kesehatan, seperti: (silahkan baca artikel selanjutnya yang ini ---> http://wahid-biyobe.blogspot.com/2013/04/kriteria-air-bersih-kriteria-secara.html :) semoga bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar jika tulisan ini bermanfaat,ok?

Artikel Terkait

Persentase dan Pentingnya Kebutuhan Air Bagi Makhluk Hidup (Disadur Dari Buku Saya Berjudul: "Gizi dan Kesehatan Tubuh Manusia"
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email