Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VIII Semester 2, Materi Pokok Tekanan Pada Benda Padat, Cair, dan Gas Serta Peranannya dalam Kehidupan Sehari-Hari
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Kelas/Semester : VIII/2
Mata
Pelajaran : IPA
Alokasi waktu
: 8 X 40’ ( 4x pertemuan )
Standar Kompetensi
5. Memahami peranan usaha, gaya, dan
energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
5.5. Menyelidiki tekanan pada
benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian tekanan.
2. Menyelidiki kaitan antara luas permukaan benda dengan tekanan.
3. Menyelidiki kaitan antara massa benda dengan tekanan.
4. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan.
5. Menghitung besarnya tekanan yang diberikan suatu benda.
6. Menjelaskan aplikasi konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
7. Menjelaskan tekanan dalam zat cair.
8. Mengamati sifat tekanan dalam zat cair.
9. Menyebutkan sifat-sifat tekanan dalam zat cair.
10. Menentukan tekanan zat cair.
11. Mengamati posisi permukaan zat cair dalam bejana berhubungan.
12. Menjelaskan pemanfaatan sifat permukaan zat cair yang selalu mendatar
dalam kehidupan sehari-hari.
13. Mengamati tinggi permukaan zat cair dalam pipa U.
14. Menjelaskan hubungan antara massa jenis dan tinggi zat cair dalam pipa
U.
15. Menyebutkan bunyi hukum Pascal.
16. Menjelaskan prinsip mesin penghasil gaya hidrolik.
17. Menyebutkan peralatan yang menggunakan prinsip mesin penghasil gaya
hidrolik.
18. Menyebutkan bunyi hukum Archimedes.
19. Menyelidiki dan menentukan besar gaya angkat.
20. Menjelaskan konsep tenggelam, melayang, dan terapung.
21. Menjelaskan pengaruh massa jenis pada peristiwa tenggelam, melayang, dan
terapung.
22. Menyebutkan pemanfaatan gaya Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.
23. Mendemontrasikan adanya tekanan udara.
24. Mengukur tekanan udara.
25. Menyebutkan jenis-jenis barometer.
26. Menjelaskan hubungan antara ketinggian suatu tempat dengan perbedaan
tekanan udara.
27. Menjelaskan tekanan gas dalam ruang tertutup.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Tekanan
C. Metode Pembelajaran1
1. Model
: - Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2.
Metode : - Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
-
Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Mengapa ketika mendaki gunung telinga kita akan terasa sakit?
-
Bagaimana cara memperbesar tekanan suatu benda?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan tekanan?
-
Faktor apakah yang mempengaruhi besarnya tekanan?
·
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan
praktikum.
b.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menjelaskan
pengertian tekanan.
F Peserta didik
memperhatikan penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang
mempengaruhi tekanan dan menentukan rumusannya.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian tekanan.
F
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah batu bata yang masih utuh dan
tiga buah kubus yang ukurannya persis sama tetapi terbuat dari bahan yang
berbeda (besi, alumunium, dan kayu).
F
Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen menyelidiki kaitan
antara luas permukaan dan massa benda dengan tekanan
F
Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
F
Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F
Peserta
didik memperhatikan contoh soal menentukan tekanan dari suatu benda yang
disampaikan oleh guru.
F
Guru
memberikan beberapa soal menentukan tekanan dari suatu benda untuk dikerjakan
oleh peserta didik.
F
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
F
Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan aplikasi konsep tekanan dalam
kehidupan sehari-hari.
F
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Mengapa pada kaleng ringsek yang diisi air dan dilubangi, air akan keluar
dari setiap lubang?
-
Bagaimana cara menentukan tekanan dalam zat cair?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah sifat-sifat tekanan dalam zat cair?
-
Faktor apakah yang mempengaruhi tekanan dalam zat cair?
1. Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan
praktikum.
b.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menjelaskan tekanan dalam zat cair.
F Peserta didik dapat Mengamati sifat tekanan dalam zat cair.
F Peserta didik dapat Menyebutkan sifat-sifat tekanan dalam zat cair.
F Peserta didik dapat Menentukan tekanan zat cair.
F Peserta didik dapat Mengamati posisi permukaan zat cair dalam bejana
berhubungan.
F Peserta didik dapat Menjelaskan pemanfaatan sifat permukaan zat cair
yang selalu mendatar dalam kehidupan sehari-hari.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tekanan dalam zat cair.
F
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil alat hartl, wadah yang cukup besar
dan dalam serta air secukupnya.
F
Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati sifat
tekanan dalam zat cair
F
Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
F
Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F
Peserta
didik diminta untuk membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
F
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
F
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru menentukan tekanan dalam zat cair.
F
Peserta
didik memperhatikan contoh soal menentukan tekanan dalam zat cair yang
disampaikan oleh guru.
F
Guru
memberikan beberapa soal menentukan tekanan dalam zat cair untuk dikerjakan
oleh peserta didik.
F
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Mengapa pancuran teko tidak boleh lebih rendah daripada posisi
tutupnya?
-
Apakah yang terjadi jika pipa U diisi dengan dua zat cair yang tidak bercampur?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah manfaat sifat permukaan zat cair yang selalu mendatar?
-
Bagaimana hubungan antara massa jenis dan tinggi zat cair dalam
pipa U?
·
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan
praktikum.
b.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik dapat Mengamati tinggi permukaan
zat cair dalam pipa U.
F Peserta didik dapat Menjelaskan
hubungan antara massa jenis dan tinggi zat cair dalam pipa U.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
Peserta
didik melakukan eksperimen dengan menggunakan sebuah bejana berhubungan, air,
minyak goreng, dan spiritus secukupnya.
F
Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati posisi
permukaan zat cair dalam bejana berhubungan
F
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru menentukan hubungan antara massa jenis dan
tinggi zat cair dalam pipa U.
F
Peserta
didik memperhatikan contoh soal menentukan massa jenis zat cair yang dimasukkan
dalam pipa U yang disampaikan oleh guru.
F
Guru
memberikan beberapa soal menentukan massa jenis zat cair yang dimasukkan dalam
pipa U untuk dikerjakan oleh peserta didik.
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
PERTEMUAN KEEMPAT
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Mengapa ketika berada di dalam air kita merasakan sakit pada mata?
-
Bagaimana kalau kamu berjalan di dalam air kolam terasa lebih ringan atau justru lebih berat?
-
Mengapa sewaktu berenang kamu dapat mengambang, melayang, atau tenggelam?
-
Mengapa di wilayah dataran tinggi kadar oksigennya menipis?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Sebutkan bunyi hukum Pascal.
-
Sebutkan bunyi hukum Archimedes.
- Bagaimana
konsep suatu benda dikatakan tenggelam, melayang, dan terapung?
- Bagaimana
hubungan antara ketinggian suatu tempat dengan perbedaan tekanan udara?
·
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan
praktikum.
b.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
pengaruh massa jenis pada peristiwa tenggelam, melayang, dan terapung.
F
Menyebutkan
pemanfaatan gaya Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.
F
Mendemontrasikan
adanya tekanan udara.
F
Mengukur
tekanan udara.
F
Menyebutkan
jenis-jenis barometer.
F Menjelaskan hubungan antara ketinggian suatu tempat dengan perbedaan tekanan udara.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Fisika
b. Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan praktikum
F.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menemukan
hubungan antara gaya, tekanan, dan luas daerah yang dikenai gaya melalui
percobaan
·
Mengaplikasikan
prinsip bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari
·
Mendeskripsikan
hukum Pascal dan Hukum Archimedes melalui percobaan sederhana serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Menunjukkan beberapa produk teknologi dalam kehidupan
sehari-hari sehubungan dengan konsep benda terapung, melayang dan tenggelam
·
Mengaplikasikan
konsep tekanan benda padat, cair, dan gas pada peristiwa alam yang relevan
(dalam penyelesaian masalah sehari- hari)
|
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes tulis
|
Uji
petik kerja prosedur dan produk
Tes
isian
Uji
petik kerja prosedur
Tes
Uraian
Tes isian
|
Lakukan
percobaan untuk menemukan konsep tekanan !
Sebutkan
contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan prinsip bejana
berhubungan.
Lakukan
percobaan untuk menemukan konsep hukum Pascal dan Hukum archimides.
Kelompokkan
alat-alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal ?
Mengapa
tanggul di tepi sungai pada bagian bawah dibuat agak lebih kuat dari pada bagian atas ?
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|