RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah           : 
SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran             : 
IPA Terpadu
Kelas / Semester          : 
IX / I
Alokasi waktu              : 
3 X 40’ ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.  
Kompetensi Dasar 1.2.
A.  Tujuan Pembelajaran
1.     
Siswa
dapat mengidentifikasikan dan memahami fungsi bagian – bagian dengan reproduksi
manusia.
2.     
Siswa
dapat menjelaskan tahap – tahap reproduksi manusia. 
3.     
Siswa
dapat menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan manusia.
4.     
Siswa
dapat mendata kelainan dan penyakit pada organ sistem reproduksi.
v     
B.  Karakter siswa
yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence ) 
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Materi
Pembelajaran
      Sistem reproduksi dan penyakit yang
berhubungan dengan sistem produksi manusia.
C.  Metode
Pembelajaran
      1.  Pendekatan                   :  Konsektual.
      2.  Metode                         :  Observasi, Diskusi dan Informasi.
D. 
Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a. 
Motivasi
                  1)  Terdiri dari apakah organ sistem reproduksi ?
                  2)  Mengapa ada orang yang mandul ?
                  3)  Di manakah pertumbuhan dan perkembangan
manusia sebelum dilahirkan ?
                  4)  Berasal dari manakah kebutuhan hidup janin ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami perkembangan generatif (
seksual )
                  Siswa
telah memahami organ – organ sistem reproduksi.
      2. 
Kegiatan Inti
§    
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F    
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F    
Siswa
dapat mengidentifikasikan dan memahami fungsi bagian – bagian dengan reproduksi
manusia.
F    
Siswa
dapat menjelaskan tahap – tahap reproduksi manusia. 
F    
Siswa
dapat menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan manusia.
F    
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F    
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F    
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F    
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§    
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F     Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F     Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     Siswa mengamati model / charta organ – organ
penyusun sistem reproduksi      
dilanjutkan diskusi tahap – tahap reproduksi manusia 
F     Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F     Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§    
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F    
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa 
F    
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
F    
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F    
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F    
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F    
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
      Pertemuan Kedua
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Sebutkan 3 penyakit pada organ sistem
reproduksi  ?
            b. 
Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami
organ – organ sistem reproduksi manusia.
      2.  Kegiatan Inti
§    
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F    
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F    
Siswa
dapat mendata kelainan dan penyakit pada organ sistem reproduksi.
F    
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F    
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F    
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F    
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§    
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F     Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F     Dengan bimbingan guru siswa melakukan diskusi
tentang kelainan dan penyakit pada organ sistem reproduksi 
F     Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F     Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§    
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø     
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø     
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø     
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø     
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø     
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. 
3. Kegiatan Penutup
      Dalam
kegiatan penutup, guru:
F    
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F    
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F    
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F    
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E.  Media
Pembelajaran
      Model /
Charta organ – organ penyusun sistem reproduksi manusia..
F.  Sumber
Pembelajaran
      1.  Buku IPA Terpadu . 
      2.  Buku IPA yang relevan.
      3    Model / charta organ reproduksi manusia 
      4.  Guru dan siswa..
G.  Penilaian.               
| 
   
Indikator Pencapaian
  Kompetensi 
 | 
  
   
Teknik
  Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
  
   
Instrumen/
  Soal 
 | 
 
| 
   
·   Menyebutkan macam organ penyusun sistem
  reproduksi pada manusia  
·   Mendeskripsikan fungsi sistem reproduksi 
·   Menulis artikel tentang  cara 
  penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi 
·  
  Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem
  reproduksi 
 | 
  
   
§  
   Tes tertulis 
§  
   Tes tertulis 
§  
   Penugasan  
Penugasan  
 | 
  
   
§  
   PG 
§  
   Uraian  
§  
   Tugas rumah 
§  
  Angket  
 | 
  
   
§  
   Salah satu organ
  yang menyusun sistem reproduksi pada laki-laki adalah .... 
 
§  
   Jelaskan fungsi
  uterus yang terdapat dalam sistem reproduksi wanita! 
§  
   Buatlah tulisan
  tentang penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem
  reproduksi! 
§  
   Angket skala
  perbedaan semantik  
 | 
 
| 
   
Mengetahui, 
Kepala SMP/MTs …………… 
(__________________________) 
NIP/NIK :............................. 
 | 
  
   | 
  
   
…..,……………………  20 ……. 
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam 
(_______________________) 
NIP/NIK :............................. 
 |