RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester : VII
(tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu : 4 X 40’
Standar Kompetensi : 6. Memahami
keanekaragaman makhluk hidup.
Kompetensi
Dasar : 6.3 Mendeskripsikan
keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai
organisme.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian sel.
2.
Menjelaskan
bagian-bagian sel.
3.
Membedakan
sel tumbuhan dan sel hewan.
4.
Mengamati
bagian-bagian sel tumbuhan dan sel hewan.
5.
Menjelaskan
pengertian jaringan.
6.
Menyebutkan
macam-macam jaringan pada vertebrata dan manusia.
7.
Menyebutkan
macam-macam jaringan pada tumbuhan.
8.
Mengenal
jaringan-jaringan yang terdapat pada tumbuhan.
9.
Menjelaskan
fungsi dari macam-macam jaringan.
10.
Menjelaskan
pengertian organ.
11.
Menyebutkan
macam-macam organ pada vertebrata dan manusia.
12.
Menyebutkan
macam-macam organ pada tumbuhan.
13.
Menjelaskan
fungsi dari macam-macam organ.
14.
Menjelaskan
pengertian sistem organ.
15.
Menyebutkan
macam-macam sistem organ pada vertebrata dan manusia.
16.
Menyebutkan
macam-macam sistem organ pada tumbuhan.
17.
Menjelaskan
fungsi dari macam-macam sistem organ.
18.
Menjelaskan
hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran : Keragaman Pada Sistem Organisasi Kehidupan
Metode Pembelajaran : Model
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode
- Diskusi kelompok
- Observasi
- Eksperimen
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
- Tahukah kalian bahwa telur ayam merupakan
sel berukuran raksasa?
- Bagaimana air dan garam-garam mineral
mengalir dari akar sampai ke daun?
. Prasyarat
pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud dengan sel?
-
Apakah fungsi dari jaringan xilem?
. Pra
eksperimen
-
Berhati-hatilah menggunakan peralatan
laboratorium.
b. Kegiatan
Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
pengertian sel.
F
Menjelaskan
bagian-bagian sel.
F
Membedakan
sel tumbuhan dan sel hewan.
F
Mengamati
bagian-bagian sel tumbuhan dan sel hewan.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membimbing peserta didik dalam
pembentukan kelompok.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian sel.
F
Peserta didik memperhatikan model replika sel tumbuhan
dan sel hewan yang dibawa oleh guru.
F
Peserta didik dalam setiap kelompok (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan bagian-bagian sel tumbuhan dan sel hewan.
F
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil
cotton bud atau pembersih telinga, gelas benda, gelas penutup, pipet, mikroskop
dan metilen biru.
F
Peserta didik dalam setiap kelompok mendapat lembar
eksperimen yang memuat langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengetahui
bagian-bagian sel tumbuhan dan sel hewan.
F
Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen
sesuai dengan langkah kerja yang terdapat pada lembar eksperimen.
F
Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik
apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik
atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
F
Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan
perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan.
F
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara
klasikal.
F
Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan
memberikan informasi yang sebenarnya.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
pengertian jaringan.
F
Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen
mengenal jaringan-jaringan yang terdapat pada tumbuhan.
F
Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen
sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru dengan menggunakan
gelas benda, gelas penutup, silet, pipet, gabus, mikroskop dan daun tumbuhan.
F
Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik
apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik
atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
F
Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan fungsi
dari macam-macam jaringan pada tumbuhan, vertebrata dan manusia.
F
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara
klasikal.
F
Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan
memberikan informasi yang sebenarnya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
-
Jaringan apa sajakah yang menyusun
mata?
-
Tubuh manusia terdiri dari berapa
sistem organ?
. Prasyarat
pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud dengan organ?
-
Apakah yang dimaksud dengan sistem
organ?
b. Kegiatan
Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
pengertian organ.
F
Menyebutkan
macam-macam organ pada vertebrata dan manusia.
F
Menyebutkan
macam-macam organ pada tumbuhan.
F
Menjelaskan
fungsi dari macam-macam organ.
F
Menjelaskan
pengertian sistem organ.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membimbing peserta didik dalam
pembentukan kelompok.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian organ dan menyebutkan macam-macam organ pada tumbuhan,
vertebrata dan manusia.
F Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya
mengenai fungsi dari macam-macam organ pada tumbuhan, vertebrata dan manusia.
F
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
F
Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan
memberikan informasi yang sebenarnya.
F
Peserta didik memperhatikan model replika organ pada
tumbuhan, vertebrata dan manusia yang dibawa oleh guru.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
pengertian sistem organ dan menye-butkan macam-macam sistem organ pada
tumbuhan, vertebrata dan manusia.
F
Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan fungsi
dari sistem organ pada tumbuhan, vertebrata dan manusia.
F
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mempresentasikan hasil diskusi secara di depan kelas.
F
Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan
memberikan informasi yang sebenarnya.
F
Peserta didik memperhatikan model replika sistem organ
pada tumbuhan, vertebrata dan manusia yang dibawa oleh guru.
F
Guru menjelaskan urutan terbentuknya organisasi kehidupan
dan memberikan pertanyaan kepada peserta didik sebagai umpan balik terhadap
pemahaman materi.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
F
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Buku
IPA Terpadu
b. Buku
referensi yang relevan
c. Alat-alat
praktikum
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil
pengamatan menggunakan mikroskop
·
Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut
sel-sel penyusunnya
·
Mendeskripsikan
keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan
·
Mengkaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ dan
sistem organ penyusun tubuh
|
Tes unjuk kerja
produk
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uji petik kerja produk
Uraian
Uraian
Uraian
|
Deskripsikan keragaman bentuk sel berdasarkan hasil pengamatan preparat
awetan daun yang telah tersedia menggunakan mikroskop!
Deskripsikan karakteristik sel penyusun jaringan palisade pada daun!
Amatilah bunga ”Kembang Sepatu” dan kemukakan apa saja nama organ
penyusunnya!
Kemukakan jaringan penyusun organ daun yang paling banyak mengandung
klorofil!
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Contoh RPP Berkarakter: IPA Terpadu SMP Kelas VII Pada Materi Pokok SEL dan Penyusunnya
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.