Sunday 30 September 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu Untuk SMP Kelas VIII Semester 1 Pada Materi Pokok Menghindari Diri Dari Pengaruh Zat Adiktif dan Psikotropika


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                   
                                    Jenjang Sekolah           : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
                                    Mata Pelajaran             : IPA Terpadu
                                    Kelas/Semester            : VIII / 1
                                    Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit


Standar Kompetensi 4
Memahami bahan kimia dalam kehidupan.

Kompetensi Dasar 4.5
Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika.

A.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menyebutkan pengertian psikotropika
  2. Siswa dapat menyebutkan pengertian zat adiktif
  3. Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat psikotropika
  4. Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat adiktif
  5. Siswa dapat Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     Materi Pembelajaran
Cara menghindari diri dari pengaruh zat akditif dan psikotropika

C.     Metode Pembelajaran
1.     Pendekatan                   : Pendekatan kontekstual
2.     Metode                         : Diskusi-informasi
3.     Metode Pembelajaran   : Pembelajaran Kooperatif

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.      Motivasi
       Mencari informasi dari nara sumber tentang cara menghindari diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika      
b.      Pengetahuan Prasarat
      Cara menghindari diri dari pengaruh zat akditif dan psikotropika

2.    Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat Menjelaskan cara Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

      3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E.     Kegiatan Pembelajaran
      Siswa dibuat kelompok kemudian masing-masing kelompok disuruh mencari
      macam-macam contoh zat adiktif dan psikotropik

F.      Sumber Belajar
1.    Buku IPA terpaduI.
2.    Buku-buku Pelajaran yang relevan.

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·     Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika.
·     Mendata zat adiktif dan  psikotropika yang digunakan di bidang kesehatan

Tes tulis



Penugasan
Tes uraian



Tugas rumah
Bagaimanakah cara kita terhindar dari zat adiktif dan psikotropika? Jelaskan

Buatlah data  tentang zat-zat adiktif dan psikotropika yang digunakan dalam bidang kesehatan


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_______________________)
NIP/NIK :

Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu Untuk SMP Kelas VIII Semester 1 Pada Materi Pokok Menghindari Diri Dari Pengaruh Zat Adiktif dan Psikotropika
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email