Monday 1 October 2012

Contoh RPP BERKARAKTER---SMP Kelas IX/9 Pada Materi Pokok Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia serta Hubungannya Dengan Kesehatan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Jenjang Sekolah           :  SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran             :  IPA Terpadu
Kelas / Semester          :  IX / I
Alokasi waktu              :  3 X 40’ ( 2X Pertemuan )

Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar 1.3.
Mendiskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan fungsi organ-organ penyusun sistem koordinasi pada manusia.
2.      Siswa dapat menjelaskan mekanisme kerja sistem koordinasi pada manusia..
3.      Siswa dapat menjelaskan fungsi organ-organ penyusun alat indera pada manusia.
4.      Siswa dapat menjelaskan sistem hormon pada manusia.
5.      Sisw dapat mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi pada manusia..

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.  Materi Pembelajaran
      Sistem koordinasi dan indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                   :  Konsektual.
      2.  Metode                         :  Diskusi, Informasi, eksperimen / observasi
      3.  Model  Pembelajaran   :  Pembelajran langsung dan kooperatif.
     
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Tersusun dari apakah Neron ?
                  2)  Terdiri dari apakah susunan sistem saraf manusia ?
                  3)  Bagaimana prosesnya kita dapat melihat susatu benda  ?
                  4)  Sebutkan bagian-bagian telinga manusia ?
                  5)  Mengapa kita dapat merasakan bau masakan dan pafum ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami sistem gerak manusia.
     
     
      2.  Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     Siswa dapat menjelaskan fungsi organ-organ penyusun sistem koordinasi pada manusia.
F     Siswa dapat menjelaskan mekanisme kerja sistem koordinasi pada manusia..
F     Siswa dapat menjelaskan fungsi organ-organ penyusun alat indera pada manusia.
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     Siswa dengan bimbingan guru melakukan diskusi tentang organ dan fungsi sistem koordinasi pada manusia.
F     Siswa menempatkan diri pada  kelompok masing – masing dan menyiapkan alat percobaan.
F     Siswa dengan petunjuk guru melakukan percobaan tentang indera mata, telinga, hidung dilanjutkan diskusi
F     Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.


§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

      Pertemuan Kedua 
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Mengapa kelenjar hipofisis disebut master of gland  ?
                  2)  Kelenjar apakah yang terletak pada rongga perut ?
                  3)  Bagaimana akibatnya jika tukang punggung seseorang patah akibat suatu kecelakaan  ?
                  4)  Mengapa terjadi penyakit gula ?
                  5)  Berakibat apakah bila di otak terjadi pendarahan ?
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami sistem syaraf dan indera manusia.
     
      2.  Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     Siswa dapat menjelaskan sistem hormon pada manusia.
F     Sisw dapat mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi pada manusia.
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     Dengan bantuan charta dan bimbingan guru, siswa melakukan diskusi tentang sistem hormon pada manusia.
F     Siswa dengan bimbingan guru melakukan diskusi tentang kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi manusia.
F     Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.  Media Pembelajaran
      1.  Alat dan bahan.
      2.  Model / Charta sistem syaraf, indera dan hormon manusia.

F.  Sumber Pembelajaran
      1.  Buku IPA Terpadu                    .
      2.  Buku IPA yang relevan.
      3    Model / charta sistem syaraf indera dan hormon
      4.  Guru dan siswa..

G.  Penilaian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Membandingkan bentuk/bangun bagian organ dan/atau organ penyusun sistem syaraf pada manusia
·   Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang, dan sel saraf dalam sistem koordinasi
·   Menunjukkan bagian-bagian alat indra dan fungsinya
·   Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

Tes tertulis


Tes tertulis





Tes unjuk kerja


Penugasan
PG


Uraian





Uji petik kerja

Tugas rumah





·         Perhatikan gambar sistem saraf berikut ini.


Bagian otak kecil dan sumsum lanjutan ditandai dengan nomor ....
a.       1 dan 2
b.      2 dan 3
c.       3 dan 4
d.      4 dan 1
·         Deskripsikan fungsi otak besar!

·         Dengan menggunakan model mata, tunjukkan dan deskripsikan fungsi bagian pupil dan retina
·          
·         Buatlah kliping tentang penyakit pada alat indra yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

                                                                                                                                                                                   
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :.............................

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel IPA




(_______________________)
NIP/NIK :.............................


Artikel Terkait

Contoh RPP BERKARAKTER---SMP Kelas IX/9 Pada Materi Pokok Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia serta Hubungannya Dengan Kesehatan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email