RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu : 3 X
40’
Standar Kompetensi : 2. Memahami
klasifikasi zat.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian unsur.
2. Mengenal nama dan lambang unsur.
3. Menerapkan aturan tata nama unsur.
4. Menjelaskan maksud pengelompokan unsur ke
dalam tabel periodik.
5. Menjelaskan sifat dan kegunaan unsur.
6. Menjelaskan pengertian senyawa.
7. Menuliskan unsur-unsur penyusun senyawa.
8. Menjelaskan jenis-jenis pembentukan
senyawa.
9. Menuliskan rumus kimia dan penamaan
senyawa.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran : Unsur Kimia
Metode Pembelajaran : Model:
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode:
- Diskusi kelompok
- Ceramah
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
. Motivasi dan apersepsi
- Empat unsur utama apa sajakah yang menyusun
tubuh manusia?
- Mengapa logam natrium mudah bereaksi dengan
air di udara?
. Prasyarat pengetahuan
- Apakah yang dimaksud dengan unsur?
- Bagaimana sifat dan kegunaan setiap unsur?
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
pengertian unsur.
F
Mengenal
nama dan lambang unsur.
F
Menerapkan
aturan tata nama unsur.
F
Menjelaskan
maksud pengelompokan unsur ke dalam tabel periodik.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian unsur.
F
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa unsur yang biasa ditemui
dalam kehidupan sehari-hari.
F
Peserta
didik dalam setiap kelompok memperhatikan penjelasan dari guru mengenai aturan
tata nama unsur dan maksud pengelompokan unsur ke dalam tabel periodik.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengelompokan unsur dalam tabel
periodik berdasarkan kemiripan sifat dari setiap unsur (titik lebur, titik
didih, wujud; logam, semi logam, non logam, daya hantar listrik dan daya hantar
panas)
F
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai sifat dan kegunaan dari
beberapa unsur.
F
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
PERTEMUAN
KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
. Motivasi dan apersepsi
- Tersusun dari unsur apa sajakah garam
dapur?
- Senyawa apakah yang terbentuk, jika unsur
natrium bercampur secara kimia dengan air?
. Prasyarat pengetahuan
- Apakah yang dimaksud dengan senyawa?
- Bagaimana senyawa dapat terbentuk?
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
sifat dan kegunaan unsur.
F
Menjelaskan
pengertian senyawa.
F
Menuliskan
unsur-unsur penyusun senyawa.
F
Menjelaskan
jenis-jenis pembentukan senyawa.
F
Menuliskan
rumus kimia dan penamaan senyawa.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membimbing peserta didik dalam
pembentukan kelompok.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
pengertian senyawa.
F
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan
beberapa senyawa yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru) menuliskan
unsur-unsur penyusun senyawa yang telah disebutkan oleh perwakilan dari tiap
kelompok.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
jenis-jenis pembentukan senyawa (pembakaran, peruraian dan pencampuran zat
secara kimia).
F
Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk
menyimpulkan hasil diskusi.
F
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal.
F
Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan
memberikan informasi yang sebenarnya.
F
Peserta didik dalam setiap kelompok memperhatikan
penjelasan dari guru mengenai penulisan rumus kimia dan penamaan senyawa.
F
Guru memberikan contoh beberapa penulisan reaksi kimia
dan penamaan senyawa.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Buku IPA Terpadu.
b. Buku referensi yang relevan.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Menjelaskan aturan
penulisan lambang unsur
· Menuliskan nama dan
lambang unsur
· Menuliskan nama dan
rumus kimia sederhana
· Menentukan nama senyawa
dan rumus kimia sederhana
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
PG
Tes isian
Tes uraian
PG
|
· Lambang K merupakan
nama unsur ....
a. Kalium c. Karbon
b. Kalor d. Kalsium
· Tuliskan satu nama dan
lambang sebuah unsur
· Tuliskan satu nama dan
rumus kimianya
· Rumus kimia asam sulfat
adalah ....
a. H2SO4 c. H4SO2
b. HS2O4 d. H4S2O
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Contoh RPP Berkarakter SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Klasifikasi Zat 2 (Unsur dan Rumus Kimia Sederhana)
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.