RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu : 3 X 40’
Standar Kompetensi : 2. Memahami
klasifikasi zat.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian campuran.
2. Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa, dan
campuran
3. Membedakan antara unsur, senyawa, dan
campuran.
4. Menjelaskan pengertian campuran homogen dan
campuran hetero-gen.
5. Mengidentifikasi campuran homogen dan
campuran heterogen.
6. Membedakan campuran homogen dan campuran
heterogen.
7. Menuliskan contoh campuran homogen dan
campuran heterogen yang ada di sekitarnya.
8. Membedakan antara koloid dan suspensi.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran : Unsur, Senyawa dan Campuran
Metode Pembelajaran : Model:
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode:
- Diskusi kelompok
- Ceramah
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
. Motivasi dan apersepsi
- Apakah awan tergolong campuran?
- Apakah sifat campuran sama dengan zat
penyusunnya?
. Prasyarat pengetahuan
- Apakah yang dimaksud dengan campuran?
- Apakah ciri-ciri campuran?
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan pengertian
campuran.
F
Mengidentifikasi
sifat unsur, senyawa, dan campuran
F
Membedakan
antara unsur, senyawa, dan campuran.
F
Menjelaskan
pengertian campuran homogen dan campuran hetero-gen.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membimbing peserta didik dalam
pembentukan kelompok.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
pengertian campuran.
F
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan
beberapa campuran yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sifat
dari unsur, senyawa dan campuran.
F
Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai
perbedaan antara senyawa dan campuran dengan mengisi tabel sebagai berikut.
No
|
Dasar perbedaan
|
Senyawa
|
Campuran
|
1
|
Proses pembentukan
|
|
|
2
|
Proses pemisahan
|
|
|
3
|
Sifat dengan zat penyusun
|
|
|
4
|
Perbandingan zat penyusun
|
|
|
F
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal.
F
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan
memberikan informasi yang sebenarnya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
PERTEMUAN
KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
. Motivasi dan apersepsi
- Tergolong campuran apakah larutan gula?
- Apakah susu tergolong suspensi atau koloid?
. Prasyarat pengetahuan
- Apakah yang dimaksud dengan campuran
homogen dan campuran heterogen?
- Apakah yang dimaksud dengan suspensi
dan koloid?
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengidentifikasi
campuran homogen dan campuran heterogen.
F
Membedakan
campuran homogen dan campuran heterogen.
F
Menuliskan
contoh campuran homogen dan campuran heterogen yang ada di sekitarnya.
F
Membedakan
antara koloid dan suspensi.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membimbing peserta didik dalam
pembentukan kelompok.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian campuran homogen dan campuran heterogen.
F Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
menyebutkan beberapa campuran homogen dan campuran heterogen yang biasa ditemui
dalam kehidupan sehari-hari.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) menuliskan
penyusun campuran homogen dan campuran heterogen yang telah disebutkan oleh
perwakilan dari tiap kelompok.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan jenis-jenis campuran heterogen (suspensi dan koloid) berikut
contohnya.
F
Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk
membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
F
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal.
F
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan
memberikan informasi yang sebenarnya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Buku IPA Terpadu.
b. Buku referensi yang relevan.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Membandingkan sifat
unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
· Membuat bagan
klasifikasi materi secara sederhana
· Mengelompokkan
zat-zat kedalam campuran homogen dan
heterogen dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
Tes uraian
Tes identifikasi
|
· Tentukan zat yang
bersifat unsur , senyawa, dan campuran dari bahan yang disediakan
· Buatlah bagan
materi secara sederhan
· Disediakan macam-macam
zat, kelompokkan zat-zat tersebut ke dalam campuran homogen dan campuran
heterogen
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
CONTOH RPP Berkarakter-SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Unsur, Senyawa, dan Campuran
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.