Skip to main content

Contoh RPP Berkarakter--SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Sifat Fisika dan Kimia Zat


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                             :     SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester               :     VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran                :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                  :     2 X 40’

Standar Kompetensi         :     4.     Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia.

Kompetensi Dasar            :     4.1   Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat.

Tujuan Pembelajaran      :     Peserta didik dapat:     
                                                1.     Menjelaskan pengertian sifat intensif dan sifat ekstensif zat.
                                                2.     Membedakan sifat intensif dan sifat ekstensif.
                                                3.     Menjelaskan pengertian sifat fisika dan sifat kimia zat.
                                                4.     Menyebutkan beberapa sifat fisika zat.
                                                5.     Menyebutkan beberapa sifat kimia.
                                                6.     Membedakan sifat fisika dan sifat kimia zat.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran       :    Sifat Fisika dan Sifat Kimia

Metode Pembelajaran      :     Model:
                                                -       Direct Instruction (DI)    
                                                -       Cooperative Learning
                                                Metode:
                                                -       Diskusi kelompok           
                                                -       Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Apakah warna tergolong sifat intensif atau sifat ekstensif dari suatu zat?
            -     Bagaimana cara menentukan tingkat kekerasan suatu zat?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan sifat intensif zat?
            -     Apakah yang dimaksud dengan tingkat kekerasan?

b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Mengamati perpindahan energi akibat adanya perbedaan suhu.
F     Mengamati benda yang dapat menerima dan melepas kalor.
F     Mengamati hubungan antara kalor dan wujud zat.
F     Menjelaskan hubungan antara kalor dan penguapan.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sifat intensif dan ekstensif zat.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai beberapa sifat intensif dan ekstensif zat.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sifat fisika suatu zat.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai beberapa sifat fisika zat (titik lebur, titik didih, daya hantar panas, daya hantar listrik, kerapatan dan tingkat kekerasan).
F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F     Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Sumber Belajar
a.   Buku IPA Terpadu.
b.   Buku referensi yang relevan.


Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
-          Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia

-          Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikannya

Tes unjuk kerja



Tes tertulis
Tes identifikasi



PG
Buatlah data dari hasil pengamatanmu tentang benda-benda yang mengalami perubahan fisika dan kimia

Perubahan fisika terjadi pada peristiwa ....
a. air menjadi es
b. kertas dibakar
c. nasi menjadi bubur
d. besi berkarat

Manakah yang merupakan sifat fisika dan sifat kimia zat dari beberapa sifat zat di bawah ini?
      -     kerapatan      -     bensin mudah terbakar
      -     titik lebur      -     titik didih
      -     besi mudah terkorosi      
      -     Contoh tes PG:

Berikut ini yang termasuk sifat intensif adalah....
a    panjang     
b.   titik beku
c.    volum                  
d    berat

                                                        
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :


Popular posts from this blog

Contoh Surat Resmi Lamaran Kerja di PT. Mega Central Finance

                                                                                          Bandar Lampung, 9 Oktober 2015 Yth : Pimpinan PT. Mega Central Finance Di tempat Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini : nama                                                      : Rizki Faya Islami, S.Pd tempat / tanggal lahir                         ...

Contoh Surat Undangan Untuk Majelis Taklim, Kajian Islam dan Acara Keagamaan

Ingat:  Beri Kop/Kepala Surat Dari Lembaga Yang Bersangkutan Pada Bagian Ini* Contoh: Nomor     :  0 06 /B/Pan- Pel Begawi 4 /UKM Birohmah /UL/I V /201 2 Lampiran :  - Perihal     :  Undangan Yth. Ibu Pengurus MajelisTaklim .................................................. Di Tempat Assalamu‘alaikumWr.Wb. Puji dan syukurkehadirat Allah swt. atassegalanikmat yang diberikan-Nyakepadakita.  Shalawat dan salamselalutercurahkepada Nabi Muhammad SAW.  Sehubungandengan akan diadakannyakegiatan Ta bligh Akbar bersama Dai Muda ANTV Nizam Zulfikar dalamrangkaianacara Begawi 4 dengantema “ Al-Quran Sumber Inspirasi ” oleh UKM Birohmah Unila yang insya Allah dilaksanakanpada : Hari/ tanggal       : Sabtu/ 5 April 201 2     Waktu                 : 08.00 s.d...

Contoh Surat Resmi Lamaran Kerja di BANK BTPN SYARIAH

Yth : Pimpinan Bank BTPN SYARIAH Di tempat Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini : nama                                        : Wahid Priyono tempat / tanggal lahir         : Kotabumi ,  11 April 1991 alamat                                      : Jln. Kopi No31/42 , P ondokan Dewi Shinta,                                          ...