RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu : 2 X
40’
Standar Kompetensi : 4. Memahami
berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1. Menuliskan persamaan reaksi kimia.
2. Menyebutkan ciri-ciri reaksi kimia.
3. Mengamati salah satu ciri reaksi kimia,
yaitu pembentukan gas.
4. Menjelaskan jenis-jenis reaksi kimia.
5. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
kecepatan reaksi kimia.
6. Mengamati pengaruh konsentrasi pereaksi
terhadap kecepatan reaksi kimia.
7. Mengamati pengaruh luas permukaan sentuh
terhadap kecepatan reaksi kimia.
8. Menjelaskan reaksi kimia yang terjadi dalam
kehidupan sehari-hari.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran : Reaksi Kimia
Metode Pembelajaran : Model:
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode:
- Diskusi kelompok
- Ceramah
- Eksperimen
Langkah-langkah
Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
- Apakah pembentukan gas tergolong ciri
reaksi kimia?
- Mengapa makanan bisa menjadi tengik?
. Prasyarat pengetahuan
- Apakah ciri-ciri reaksi kimia?
- Apakah yang dimaksud dengan oksidasi?
. Pra eksperimen
- Berhati-hatilah menggunakan peralatan
laboratorium.
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menuliskan persamaan reaksi kimia.
F
Menyebutkan
ciri-ciri reaksi kimia.
F
Mengamati
salah satu ciri reaksi kimia, yaitu pembentukan gas.
F
Menjelaskan
jenis-jenis reaksi kimia.
F
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi kimia.
F
Mengamati
pengaruh konsentrasi pereaksi terhadap kecepatan reaksi kimia.
F
Mengamati
pengaruh luas permukaan sentuh terhadap kecepatan reaksi kimia.
F
Menjelaskan
reaksi kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara penulisan persamaan reaksi
kimia.
F
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai ciri-ciri reaksi kimia
(pemben-tukan gas, pembentukan endapan, perubahan warna, dan perubahan suhu).
F
Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil tabung reaksi, tutup tabung, pipa
gelas, pipet tetes, potongan kalsium, larutan asam klorida 1 M dan air kapur.
F
Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen untuk mengamati
pembentukan gas sebagai salah satu ciri dari reaksi kimia.
F
Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
F
Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melaku-kannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil
percobaan.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan jenis-jenis reaksi kimia
(dekomposisi, oksidasi, reduksi, reduksi, netralisasi, pengendapan, pertukaran,
dan fermentasi).
F
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
§
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Sumber Belajar
a. Buku IPA Terpadu.
b. Buku kerja.
c. Alat praktikum
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
-
Mereaksi dua zat untuk menunjukkan perubahan warna dan
atau suhu
-
Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia
berdasarkan perubahan warna dan atau suhu
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Isian
Uaian
|
Bila Asam sulfat dicampur dengan Natrium Hidroksida akan berubah warna
menjadi ....
Buatlah kesimpulan tentang reaksi kimia berdasarkan perubahan warna
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Contoh RPP Berkarakter---Untuk SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Reaksi Kimia Zat
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.