Sunday 30 September 2012

Contoh RPP Berkarakter Untuk SMP, Materi Pokok Gejala Alam (Komponen Biotik dan Abiotik)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                             :     SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester               :     VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran                :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                  :     2 X 40’

Standar Kompetensi         :     5.     Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.

 

Kompetensi Dasar            :     5.1   Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik.


Tujuan Pembelajaran      :    Peserta didik dapat:
1.          Menjelaskan pengertian komponen biotik.
2.          Menyebutkan beberapa contoh dari komponen biotik.
3.          Menjelaskan pengertian komponen abiotik.
4.          Menyebutkan beberapa contoh dari komponen abiotik.
5.          Menjelaskan gejala alam biotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
6.          Menjelaskan gejala alam abiotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran       :     Gejala Alam Biotik dan Abiotik

 

Metode Pembelajaran      :     Model

                                                -       Direct Instruction (DI)

                                         -       Cooperative Learning
                                         Metode
                                         -       Diskusi kelompok
                                         -       Ceramah
                         

Langkah-langkah Kegiatan


a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Hewan tergolong komponen biotik atau abiotik?
            -     Mengapa eceng gondok dapat tumbuh subur di perairan dekat persawahan?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan komponen biotik dan abiotik?
            -     Bagaimana eceng gondok dapat tumbuh subur di perairan dekat persawahan?

b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menjelaskan pengertian komponen biotik.
F     Menyebutkan beberapa contoh dari komponen biotik.
F     Menjelaskan pengertian komponen abiotik.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian komponen biotik.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya menyebutkan beberapa contoh dari komponen biotik.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan gejala alam biotik maupun gejala alam abiotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya membedakan gejala alam biotik dan gejala alam abiotik.
F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya..

§     Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Sumber Belajar

a.   Buku IPA Terpadu
b.   Lingkungan

Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
-          Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek  abiotik melalui pengamatan
-          Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek  biotik melalui pengamatan

Observasi



Tes Tulis
Lembar observasi


PG




Berikut ini manakah yang termasuk gejala alam kejadian pada objek biotik?
a. bau
b. tumbuh
c. warna
d. ukuran


            

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :

Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter Untuk SMP, Materi Pokok Gejala Alam (Komponen Biotik dan Abiotik)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email