Skip to main content

Contoh RPP Berkarakter Untuk SMP---Pada Materi Pokok Pemisahan Campuran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                             :     SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester               :     VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran                :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                  :     2 X 40’

Standar Kompetensi         :     4.     Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia.

Kompetensi Dasar            :     4.2   Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia.

Tujuan Pembelajaran      :     Peserta didik dapat:     
                                                1.     Menjelaskan manfaat proses pemisahan campuran.
                                                2.     Menjelaskan dasar atau prinsip yang digunakan dalam proses pemisahan campuran.
                                                3.     Menjelaskan beberapa cara memisahkan zat-zat penyusun suatu campuran.
                                                4.     Mengetahui prinsip distilasi untuk pemisahan campuran.
                                                5.     Mengetahui prinsip-prinsip kromatografi.
                                                6.     Menjelaskan pengertian kadar zat dalam campuran.       
                                                7.     Menghitung kadar zat dalam campuran.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran       :    Pemisahan Campuran

Metode Pembelajaran      :     Model:
                                                -       Direct Instruction (DI)
                                                -       Cooperative Learning     
                                                Metode:
                                                -       Diskusi kelompok           
                                                -       Ceramah
                                                -       Eksperimen


Langkah-langkah Kegiatan
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Mengapa pasir yang akan digunakan untuk campuran semen perlu diayak?
            -     Bagaimana cara memisahkan garam dari air laut?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah manfaat proses pemisahan campuran?
            -     Bagaimana prinsip pemisahan campuran secara evaporasi?

b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menjelaskan manfaat proses pemisahan campuran.
F     Menjelaskan dasar atau prinsip yang digunakan dalam proses pemisahan campuran.
F     Menjelaskan beberapa cara memisahkan zat-zat penyusun suatu campuran.
F     Mengetahui prinsip distilasi untuk pemisahan campuran.
F     Mengetahui prinsip-prinsip kromatografi.
F     Menjelaskan pengertian kadar zat dalam campuran.     
F     Menghitung kadar zat dalam campuran.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan manfaat proses pemisahan campuran.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai prinsip yang digunakan dalam proses pemisahan campuran (perbedaan titik didih, kelarutan atau ukuran partikel).
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) dengan kelompoknya mendiskusikan beberapa proses pemisahan campuran (pengayakan, dekantir, penyaringan, sentrifugasi, evaporasi, pelarutan, pemisahan dengan menggunakan magnet dan sublimasi).
F     Perwakilan peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara bergantian, dimana masing-masing kelompok diminta untuk menjelaskan salah satu proses pemisahan campuran.
F     Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Sumber Belajar
a.   Buku IPA Terpadu
b.   Buku kerja.
c.   Alat praktikum

Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
-          Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih
-          Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana
-          Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih ( penyaringan, destilasi, penguapan dan sublimasi )
Tes tertulis



Penugasan



Observasi
Isian



Tugas proyek



Lembar observasi
Disediakan bahan-bahan, kemudian pisahkan berdasarkan ukuran partikelnya ....

Lakukan tugas untuk penjernihan air secara sederhana


Rancanglah alat sederhana untuk menjernihkan air


                                                                                                       
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :

             

Popular posts from this blog

Contoh Surat Undangan Untuk Majelis Taklim, Kajian Islam dan Acara Keagamaan

Ingat:  Beri Kop/Kepala Surat Dari Lembaga Yang Bersangkutan Pada Bagian Ini* Contoh: Nomor     :  0 06 /B/Pan- Pel Begawi 4 /UKM Birohmah /UL/I V /201 2 Lampiran :  - Perihal     :  Undangan Yth. Ibu Pengurus MajelisTaklim .................................................. Di Tempat Assalamu‘alaikumWr.Wb. Puji dan syukurkehadirat Allah swt. atassegalanikmat yang diberikan-Nyakepadakita.  Shalawat dan salamselalutercurahkepada Nabi Muhammad SAW.  Sehubungandengan akan diadakannyakegiatan Ta bligh Akbar bersama Dai Muda ANTV Nizam Zulfikar dalamrangkaianacara Begawi 4 dengantema “ Al-Quran Sumber Inspirasi ” oleh UKM Birohmah Unila yang insya Allah dilaksanakanpada : Hari/ tanggal       : Sabtu/ 5 April 201 2     Waktu                 : 08.00 s.d...

Contoh Surat Resmi Lamaran Kerja di PT. Mega Central Finance

                                                                                          Bandar Lampung, 9 Oktober 2015 Yth : Pimpinan PT. Mega Central Finance Di tempat Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini : nama                                                      : Rizki Faya Islami, S.Pd tempat / tanggal lahir                         ...

Sintak/Langkah-Langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Menurut Para Ahli

               Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) Menurut   Pannen, Mustafa, dan Sekarwinahayu (dalam Supriyadi, 2010:13).Model PBL berfokus pada penyajian suatu permasalahan( nyata atau simulasi ) pada siswa. Kemudian siswa diminta mencari pemecahan melalui serangkaian percobaan yang berdasarkan teori dan konsep dari suatu bidang ilmu. Pembelajaran berbasis masalah (PBM) merupakan istilah yang diadopsi dari bahasa Inggris Problem Based Learning ( PBL ).   Menurut Ratumanan (dalam Trianto, 2009:92), pengajaran berdasarkan masalah merupakan pendekatan yang efektif untuk pengajaran proses berpikir ting­­­kat tinggi sehingga membantu siswa untuk memproses informasi dan menyusun pengetahuan mereka sendiri. Pada model pembelajaran berbasis masalah, kelompok-kelompok kecil siswa bekerja sama memecahkan suatu masalah yang telah disepakati oleh siswa dan guru.   Dalam hal ini, pembelajaran dimu...