RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu : 2 X
40’
Standar Kompetensi : 4. Memahami
berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia.
Kompetensi Dasar : 4.2 Melakukan
pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat
kimia.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan manfaat proses pemisahan
campuran.
2. Menjelaskan dasar atau prinsip yang
digunakan dalam proses pemisahan campuran.
3. Menjelaskan beberapa cara memisahkan
zat-zat penyusun suatu campuran.
4. Mengetahui prinsip distilasi untuk pemisahan
campuran.
5. Mengetahui prinsip-prinsip kromatografi.
6. Menjelaskan pengertian kadar zat dalam
campuran.
7. Menghitung kadar zat dalam campuran.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran : Pemisahan Campuran
Metode Pembelajaran : Model:
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode:
- Diskusi kelompok
- Ceramah
- Eksperimen
Langkah-langkah
Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
. Motivasi dan apersepsi
- Mengapa pasir yang akan digunakan untuk
campuran semen perlu diayak?
- Bagaimana cara memisahkan garam dari air
laut?
. Prasyarat pengetahuan
- Apakah manfaat proses pemisahan campuran?
- Bagaimana prinsip pemisahan campuran secara
evaporasi?
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan manfaat
proses pemisahan campuran.
F
Menjelaskan
dasar atau prinsip yang digunakan dalam proses pemisahan campuran.
F
Menjelaskan
beberapa cara memisahkan zat-zat penyusun suatu campuran.
F
Mengetahui
prinsip distilasi untuk pemisahan campuran.
F
Mengetahui
prinsip-prinsip kromatografi.
F
Menjelaskan
pengertian kadar zat dalam campuran.
F
Menghitung
kadar zat dalam campuran.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan manfaat proses pemisahan campuran.
F
Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai prinsip yang digunakan dalam
proses pemisahan campuran (perbedaan titik didih, kelarutan atau ukuran
partikel).
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) dengan kelompoknya mendiskusikan beberapa proses
pemisahan campuran (pengayakan, dekantir, penyaringan, sentrifugasi, evaporasi,
pelarutan, pemisahan dengan menggunakan magnet dan sublimasi).
F
Perwakilan
peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara bergantian, dimana
masing-masing kelompok diminta untuk menjelaskan salah satu proses pemisahan
campuran.
F
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Sumber Belajar
a. Buku IPA Terpadu
b. Buku kerja.
c. Alat praktikum
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
-
Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran
partikel dan titik didih
-
Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik
sederhana
-
Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang
sesuai dengan metode yang dipilih ( penyaringan, destilasi, penguapan dan
sublimasi )
|
Tes tertulis
Penugasan
Observasi
|
Isian
Tugas proyek
Lembar observasi
|
Disediakan bahan-bahan, kemudian pisahkan berdasarkan ukuran
partikelnya ....
Lakukan tugas untuk penjernihan air secara sederhana
Rancanglah alat sederhana untuk menjernihkan air
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|