Monday 1 October 2012

CONTOH RPP Berkrakter---IPA Terpadu SMP Kelas VII Semester 2 Pada Materi Pokok Keanekaragaman Makhluk HIdup Dalam Pelestarian Ekosistem


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                               :     SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester                 :     VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran                  :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                    :    4 X 40’

Standar Kompetensi           :     7.     Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem.

 

Kompetensi Dasar              :     7.2   Mengidentifikasikan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem.


Tujuan Pembelajaran        :     Peserta didik dapat:

1.          Menyebutkan makhluk hidup berdasarkan sistem klasifikasi 5 kingdom.
2.          Menyebutkan makhluk hidup yang tergolong kingdom monera.
3.          Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh makhluk hidup yang tergolong kingdom monera.
4.          Menyebutkan makhluk hidup yang tergolong kingdom protista.
5.          Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh makhluk hidup yang tergolong kingdom protista.
6.          Menyebutkan makhluk hidup yang tergolong kingdom jamur (fungi).
7.          Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh makhluk hidup yang tergolong kingdom jamur (fungi).
8.          Menyebutkan makhluk hidup yang tergolong kingdom tumbuhan (plantae).
9.          Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh lumut.
10.      Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan paku.
11.      Membedakan lumut (bryophyta) dan tumbuhan paku (pterydophyta).
12.      Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae).
13.      Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae).
14.      Membedakan tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae).
15.      Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berkeping satu (monocotyledoneae).
16.      Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berkeping dua (dicotyledoneae).
17.      Membedakan tumbuhan berkeping satu (monocotyledoneae) dan tumbuhan berkeping dua (dicotyledoneae).
18.      Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh hewan tidak bertulang belakang (invertebrata).
19.      Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh hewan bertulang belakang (vertebrata).
20.      Membedakan kelompok hewan tidak bertulang belakang (invertebrata) dan kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata).
21.      Menjelaskan pengertian sumber daya alam hayati.
22.      Menyebutkan beberapa jenis tumbuhan yang telah langka di Indonesia.
23.      Menyebutkan beberapa jenis hewan yang telah langka di Indonesia.
24.      Membedakan cagar alam dan suaka margasatwa.
25.      Membedakan taman nasional, taman wisata dan taman laut.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran         :     Keanekaragaman Makhluk Hidup dan Upaya Pelestariannya

Metode Pembelajaran        :     Model
                                                  -       Direct Instruction (DI)
                                                  -       Cooperative Learning
                                                  Metode
                                                  -       Diskusi kelompok
                                                  -       Observasi
                                                       

Langkah-langkah Kegiatan


PERTEMUAN PERTAMA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Bakteri apakah yang digunakan untuk membuat fermentasi keju?
            -     Apakah manfaat dari ganggang merah (rhodophyta)?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah keuntungan bakteri bagi manusia?
            -     Apakah ciri-ciri dari ganggang merah (rhodophyta)?

b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menyebutkan makhluk hidup berdasarkan sistem klasifikasi 5 kingdom.
F     Menyebutkan makhluk hidup yang tergolong kingdom monera.
F     Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh makhluk hidup yang tergolong kingdom monera.
F     Menyebutkan makhluk hidup yang tergolong kingdom protista.
F     Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh makhluk hidup yang tergolong kingdom protista.
F     Menyebutkan makhluk hidup yang tergolong kingdom jamur (fungi).
F     Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh makhluk hidup yang tergolong kingdom jamur (fungi).
F     Menyebutkan makhluk hidup yang tergolong kingdom tumbuhan (plantae).
F     Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh lumut.
F     Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan paku.
F     Membedakan lumut (bryophyta) dan tumbuhan paku (pterydophyta).
F     Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae).
F     Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae).
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mengamati dan mencatat makhluk hidup.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan makhluk hidup berdasarkan sistem klasifikasi 5 kingdom.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri-ciri dari kingdom monera.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh dari kingdom monera.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan keuntungan dan kerugian bagi manusia dari organisme yang tergolong kingdom monera.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri-ciri dari kingdom protista.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh dari kingdom protista.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan keuntungan dan kerugian bagi manusia dari organisme yang tergolong kingdom protista.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri-ciri dari kingdom jamur (fungi).
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh dari kingdom jamur (fungi).
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan keuntungan dan kerugian bagi manusia dari organisme yang tergolong kingdom jamur (fungi).
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
.

PERTEMUAN KEDUA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Apakah perbedaan antara lumut dan tumbuhan paku?
            -     Pohon kelapa tergolong tumbuhan berkeping satu atau tumbuhan berkeping dua?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah ciri-ciri dari tumbuhan paku?
            -     Apakah ciri-ciri dari tumbuhan berkeping satu?

b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Membedakan tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae).
F     Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berkeping satu (monocotyledoneae).
F     Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berkeping dua (dicotyledoneae).
F     Membedakan tumbuhan berkeping satu (monocotyledoneae) dan tumbuhan berkeping dua (dicotyledoneae).
F     Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh hewan tidak bertulang belakang (invertebrata).
F     Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh hewan bertulang belakang (vertebrata).
F     Membedakan kelompok hewan tidak bertulang belakang (invertebrata) dan kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata).
F     Menjelaskan pengertian sumber daya alam hayati.
F     Menyebutkan beberapa jenis tumbuhan yang telah langka di Indonesia.
F     Menyebutkan beberapa jenis hewan yang telah langka di Indonesia.
F     Membedakan cagar alam dan suaka margasatwa.
F     Membedakan taman nasional, taman wisata dan taman laut.
F     Membedakan tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae).
F     Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berkeping satu (monocotyledoneae).
F     Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berkeping dua (dicotyledoneae).
F     Membedakan tumbuhan berkeping satu (monocotyledoneae) dan tumbuhan berkeping dua (dicotyledoneae).
F     Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh hewan tidak bertulang belakang (invertebrata).
F     Menjelaskan klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh hewan bertulang belakang (vertebrata).
F     Membedakan kelompok hewan tidak bertulang belakang (invertebrata) dan kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata).
F     Menjelaskan pengertian sumber daya alam hayati.
F     Menyebutkan beberapa jenis tumbuhan yang telah langka di Indonesia.
F     Menyebutkan beberapa jenis hewan yang telah langka di Indonesia.
F     Membedakan cagar alam dan suaka margasatwa.
F     Membedakan taman nasional, taman wisata dan taman laut.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mengamati dan mencatat tumbuhan.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri-ciri kingdom tumbuhan (plantae).
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengamati lumut yang terdapat di tempat lembab dan basah.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh dari lumut.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mengamati tumbuhan paku yang ada di lingkungan sekolah (dibawa oleh guru).
F     Peserta didik secara berkelompok menentukan jenis dan ciri-ciri tumbuhan paku yang ditemui.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh dari tumbuhan paku.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan keuntungan dan kerugian bagi manusia dari tumbuhan paku.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara lumut dan tumbuhan paku.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mengamati dan mencatat tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh dari tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae).
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae).
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mengamati dan mencatat tumbuhan biji tertutup yang ada di lingkungan sekolah.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh dari tumbuhan berkeping satu (monocotyledoneae).
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh dari tumbuhan berkeping dua (dicotyledoneae).
F     Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara tumbuhan berke-ping satu (monocotyledoneae) dan tumbuhan berkeping dua (dicotyledoneae).
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
F     Guru menanggapi hasil bermain peran peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Sumber Belajar
a.   Buku IPA Terpadu
b.   Alat dan bahan praktikum
c.   Lingkungan

Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Mendefinisikan makhluk hidup yang tergolong langka

·    Menyebutkan contoh makhluk hidup yang tergolong makhluk hidup langka di suatu lokasi
·    Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka

·    Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi

Tes tulis



Tes lesan


Tes tulis








Penugasan
Isian


Daftar pertanyaan


PG








Tugas rumah



Makhluk hidup dinyatakan tergolong langka apabila ....

Sebutkan 2 contoh hewan langka di P. Jawa!

Salah satu alasan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka supaya ....
a. terjaminnya ketersediaan plasma nutfah
b. jumlah tumbuhan dan hewan tidak berkurang
c. menambah keindahan alam
d. memutus kelangsungan daur hara yang ada di alam 

Buatlah karangan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan/hewan langka yang dilindungi Buatlah karangan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan/hewan langka yang dilindungi


                                                                                                                                                
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :


                                                                                   

Artikel Terkait

CONTOH RPP Berkrakter---IPA Terpadu SMP Kelas VII Semester 2 Pada Materi Pokok Keanekaragaman Makhluk HIdup Dalam Pelestarian Ekosistem
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email