RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA YADIKA Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / Ganjil
Standar Kompetensi : 2. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta
pertidaksamaan kuadrat.
Kompetensi Dasar : 2.1.
Memahami konsep fungsi.
Indikator : 1. Membedakan relasi yang
merupakan fungsi dan yang bukan fungsi.
2. Mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan
fungsi kuadrat.
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
-
Peserta
didik dapat membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-
Peserta
didik dapat mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri,
Keorisinilan
B. Materi
Ajar
a. Pengertian fungsi.
b. Fungsi aljabar sederhana dan kuadrat.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami konsep fungsi.
|
·
Membedakan
relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi.
|
·
Siswa
dapat fungsi aljabar
sederhana dan fungsi kuadrat.
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi :
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan dapat mengidentifikasi
fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa
pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja,
tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara
membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi, serta cara
mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat, kemudian antara
peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. (Bahan : buku paket,
yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A,
karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 63-65 mengenai pengertian fungsi, dan
hal. 65-69 mengenai fungsi aljabar sederhana dan kuadrat). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan cara membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang
bukan fungsi, serta cara mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi
kuadrat. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik mengerjakan soal mengenai pemberian contoh fungsi aljabar sederhana dan
kuadrat dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 69 sebagai tugas individu. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal dari “Aktivitas Kelas”
dalam buku paket pada hal. 69. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
Penutup
a.
Peserta didik membuat rangkuman dari materi
pengertian fungsi serta fungsi aljabar sederhana dan kuadrat. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
E. Alat
dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan
MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal.
63-69).
- Buku referensi lain.
Alat :
- Laptop
- LCD
- OHP
F. Penilaian
Teknik
: tugas individu
Bentuk
Instrumen : uraian singkat
Contoh
Instrumen :
1.
Perhatikan diagram berikut.
(a) (b)
Diagram manakah yang
mendefinisikan fungsi? Jelaskan.
2. Berikan
sebuah contoh dari masing - masing jenis fungsi.
...............,.................
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
______________
_________________
NIP/NIK. NIP/NIK.
Contoh RPP Berkarakter---IPA Matematika SMA Kelas X/10 Semester 1 Pada Materi Pokok Fungsi, Persamaan dan Fungsi Kuadrat Serta Pertidaksamaan Kuadrat
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.