Saturday 6 October 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPA Matematika SMA Kelas X/10 Semester 1 Pada Materi Pokok Fungsi, Persamaan dan Fungsi Kuadrat Serta Pertidaksamaan Kuadrat


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
Nama Sekolah           :         SMA YADIKA Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran          :        Matematika
Kelas / Semester         :        X (Sepuluh) / Ganjil

Standar Kompetensi :  2.   Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.

Kompetensi Dasar     :  2.1. Memahami konsep fungsi.       

Indikator                    :  1.   Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi.
                                       2.   Mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.

Alokasi Waktu           :  2 jam pelajaran (1 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
-          Peserta didik dapat membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
-          Peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
     Karakter siswa yang diharapkan  : 
§        Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras
     Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§        Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri, Keorisinilan

B.     Materi Ajar
         a.   Pengertian fungsi.
    b.   Fungsi aljabar sederhana dan kuadrat.

C.     Metode Pembelajaran
         Ceramah, tanya jawab.

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami konsep fungsi.
·        Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi.
·     Siswa dapat fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
D.     Langkah-langkah Kegiatan
         Pendahuluan
         Apersepsi  : 
         Motivasi    :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan dapat mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
         Kegiatan Inti
&     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
         a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi, serta cara mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 63-65 mengenai pengertian fungsi, dan hal. 65-69 mengenai fungsi aljabar sederhana dan kuadrat). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)       
&     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
         a.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi, serta cara mengidentifikasi fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
         b.   Peserta didik mengerjakan soal mengenai pemberian contoh fungsi aljabar sederhana dan kuadrat dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 69 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 69. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
&  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a.   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b.   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
         Penutup
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi pengertian fungsi serta fungsi aljabar sederhana dan kuadrat. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
E.     Alat dan Sumber Belajar
         Sumber :    
         -     Buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 63-69).        
         -     Buku referensi lain.

         Alat :
         -     Laptop
         -     LCD
         -     OHP

               F.      Penilaian    
                        Teknik                         : tugas individu
                        Bentuk Instrumen :     uraian singkat
         Contoh Instrumen :    
         1.   Perhatikan diagram berikut.
 





(a)                                                        (b)
           Diagram manakah yang mendefinisikan fungsi? Jelaskan.
         2.  Berikan sebuah contoh dari masing - masing jenis fungsi.
   

                                                                                                ...............,.................  
Mengetahui,                                                                           Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah


______________                                                                    _________________
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.





Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPA Matematika SMA Kelas X/10 Semester 1 Pada Materi Pokok Fungsi, Persamaan dan Fungsi Kuadrat Serta Pertidaksamaan Kuadrat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email