RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII/I
Kompetensi
Dasar : 2.4. Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana kebatinan konstitusi
pertama.
Alokasi
waktu : 4 x 40
menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
selesai proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1. menunjukkan sikap positif terhadap perjuangan
bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan;
2. menunjukkan sikap positif terhadap pentingnya
kemerdekaan;
3. menunjukkan sikap positif terhadap pewarisan
nilai-nilai ‘45 (semangat perjuangannya);
4. menunjukkan sikap
positif dalam mengisi kemerdekaan.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran
1.
Sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
2.
Sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan.
3.
Sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai ‘45 (semangat perjuanganya).
4.
Sikap positif dalam mengisi kemerdekaan.
C. Metode
Ceramah
bervariasi dan penugasan.
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
(Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
1.
Pertemuan I
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang
akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
§
Guru menjelaskan
kembali secara singkat tentang perjuangan yang dilakukan para pahlawan untuk
mencapai kemerdekaan.
2).
Elaborasi
§
Guru
memberikan tugas individual kepada siswa untuk membuat karangan dengan tema
makna proklamasi bagi kehidupan masyarakat.
§
Beberapa
siswa diberi kesempatan untuk membacakan karangannya, siswa lain menanggapi.
3) Konfirmasi
§
Guru memberikan
klarifikasi.
§
Guru
meminta beberapa siswa untuk memberikan penilaian terhadap makna kemerdekaan
yang dirasakannya.
Penutup
Bersama siswa, guru menyimpulkan materi pembelajaran
yang telah dilakukan.
2.
Pertemuan II
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang
akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
§
Guru
menjelaskan kembali secara singkat tentang nilai-nilai ‘45 dan hubungannya
dengan kehidupan masa kini.
2).
Elaborasi
§
Guru
membagi siswa dalam 8 kelompok.
§
Tiap
kelompok mendiskusikan pentingnya pewarisan nilai-nilai ‘45 dalam mengisi
kemerdekaan.
§
Beberapa
kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
§
Kelompok
lain menanggapi.
3) Konfirmasi
§
Guru
memberikan klarifikasi
Penutup
a.
Bersama
siswa, guru menyimpulkan materi pembelajaran.
b.
Siswa
mengisi kuesioner: check list (V)
E. Sumber Pembelajaran
·
Buku teks
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
- UUD 1945
- Buku-buku litelatur yang berisi tentang Proklamasi
- Artikel-artikel, teks Proklamasi
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
||||||||||||||||||||||||||||
·Menerapkan
cara sikap setia kepada Proklamasi Kemerdekaan RI
·Memberi contoh cara menghargai para pahlawan
·Menunjukkan perilaku untuk meneladani sikap-sikap
yang dimiliki para pahlawan
·Menunjukkan perilku positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan RI.
|
Penilaian diri
Penilaian antar
teman
|
Quesioner
Lembar
penilaian antar teman
|
Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan:
Ya= sependapat
dengan pernyataan ( skor 1, jika
pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk=tidak
sependapat dengan pernyataan ( skor 0, jika pernyataan positif dan skor 1
jika pernyataan negatif)
Penialain
perilaku melalui pengamatan (
Instrumen terlampir ).
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
Contoh RPP Berkarakter---IPS Terpadu SMP Kelas VII/7 Semester 1 Pada Materi Pokok Sikap Positif Terhadap Makna Proklamasi Kemerdekaan RI Serta Suasana Kebatinan Konstitusi Pertama
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.