Wednesday 3 October 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPS Terpadu SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Penerapan Norma-Norma, Kebiasaan-Kebiasaan, Adat Istiadat, dan Peraturan Yang Berlaku Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara


RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                  :      SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                 :     VII/I
Standar kompetensi         :     1.   Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Kompetensi Dasar            :     1.3. Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat istiadat,                                                     dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,  berbangsa, dan bernegara.
Alokasi waktu                  :     6 x 40 menit (3 x pertemuan)

A. Tujuan  Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      memberikan contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan di sekolah antara siswa dengan personel sekolah, antarsesama siswa;
2.      memberikan contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan keluarga;
3.      mendeskripsikan  penerapan norma di lingkungan sekolah;
4.      memberikan contoh akibat jika melanggar norma dalam kehidupan  masyarakat;
5.      melaksanakan norma di sekolah.

Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
B.   Materi Pembelajaran
1.      Contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan di sekolah antara siswa dengan personel sekolah, antarsesama siswa.
2.      Contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan keluarga.
3.      Contoh penerapan norma hukum di lingkungan sekolah.
4.      Contoh akibat jika melanggar norma dalam kehidupan masyarakat.

C. Metode
Ceramah bervariasi, bermain peran, dan penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan belajar)
      1. Pertemuan I dan II
Pendahuluan
a.   Apersepsi
      Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
      b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
       c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
      Kegiatan Inti      
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pentingnya penerapan norma kesopanan dalam kehidupan di sekolah antara siswa dengan personel sekolah, antarsesama siswa
  • Membagi siswa dalam  8 kelompok.
2).  Elaborasi
  • Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk memerankan  penerapan norma kesopanan, norma agama, dan norma hukum dalam kehidupan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Sebagai contoh, dalam norma kesopanan, misalnya saat berbicara, menghormati orang yang lebih tua, atau contoh kesopanan lainnya.  Dalam norma hukum, misalnya memerankan orang yang melanggar hukum dan akibatnya (merokok, terlibat narkoba, dan lain-lain). Kemudian, memberikan  solusi yang tepat menurut norma hukum. Upayakan peristiwa yang diangkat aktual agar menarik minat dalam KBM.
  • Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk memerankan adegan penerapan norma tersebut selama 7  menit.
  • Kelompok lain menanggapi pemeranan tersebut.
      3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, masing-masing wakil kelompok memberikan refleksi terhadap peran yang telah ditampilkan.
b.      Mengadakan post test.
c.       Memberi tugas untuk mengamati pelaksanaan norma di lingkungan sekolah, membuat hasil pengamatan, dan mempresentasikan di depan kelas.

      2. Pertemuan III
      Pendahuluan
a.   Apersepsi
      Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
      b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan   pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
      c.   Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
     
            Kegiatan  Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pentingnya akibat jika melanggar norma dalam kehidupan  masyarakat
2).  Elaborasi
  • Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
  • Kelompok lain menanggapi presentasi tersebut.
  • Guru mengklarifikasi guru materi yang telah dipresentasikan oleh masing-masing kelompok.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
     
Penutup
a.   Dengan bimbingan guru, masing-masing wakil kelompok memberikan refleksi terhadap materi yang telah ditampilkan oleh masing masing kelompok.
b.  Mengadakan post test.
c.   Memberi tugas rumah berupa telaah materi yang akan  dipelajari pada minggu berikutnya.

E.   Sumber Pembelajaran
·         Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
·         Perilaku siswa dan guru
·         Artikel/berita di media massa

F.   Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
·     Memberikan contoh perilaku yang sesuai dengan  norma dalam hidup berbangsa dan bernegara
.
·     Memberikan contoh adat dan kebiasaan dalam hidup bermasyarakat.

·     Menghormati dan menjunjung tinggi norma, kebiasaan, adat, dalam kehidupan masyarakat.
·     Mematuhi peraturan yang berlaku dalam hidup bermasyarakat

·     Penerapan  norma , kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat

observasi




Penilaian diri



Penilaian antar teman


Penilaian antar teman


Tes Tertulis

Lembar observasi



Lembar penilaian diri


Lembar penilaian antar teman

Lembar penilaian antar teman

Pilihan Ganda

Observasi dan buatkan  laporan tentang
Contoh-contoh , jenis dan jumlah pelanggaran terhadap norma, kebiasaan dan adat istiadat yang terjadi di masyarakat sekitar tempat tinggalmu, dan berikan komentar..
Aspek-aspek yang dinilai :
1.  Ketepatan mengumpulkan tugas
2.  Kerapihan
3.  Isi atau materi yang dilaporkan
4.  Sumber data jelas

Penilaian sikap 
(instrumen-terlampir).

Intrumen pengamatan perilaku

Intrumen pengamatan perilaku

Ralat soal: tambahkan kata kecuali. Jawaban
a. norma hukum memiliki sanksi yang tegas
b. norma kesusilaan
c. norma hukum
d. norma hukum, norma kebiasaan, norma tingkah laku

Ralat soal: tambahkan kata kecuali. Jawaban
a. menjamin berlangsung kekuasaan
b. seseorang menyabet pisau kepada orang lain sehingga orang tersebut meninggal
c. norma kesopanan
d. norma kesusilaan
e. negara hukum
f. hukum pidana

Perbedaan norma hukum dan norma kesusilaan:
·     Norma hukum bertujuan menertibkan masyarakat sehingga tidak ada korban kejahatan. Norma hukum ditujukan kepada sikap lahir. Norma hukum mempunyai sanksi resmi yang menindak tegas. Norma hukum membebani kewajiban dan memberi hak.
·     Norma kesusilaan bertujuan untuk menjaga agar manusia tidak menjadi jahat. Norma kesusilaan ditujukan kepada sikap batin. Norma kesusilaan berasal dari diri sendiri. Sanksi berasal dari diri sendiri dan tidak resmi. Norma kesusilaan hanya membebani kewajiban.

Untuk menjamin kepentingan-kepentingan setiap masyarakat. Hukum juga penting untuk mencapai keadilan, perdamaian, dan kesejahteraan dalam bermasyarakat.

Supremasi hukum artinya hukum memegang kekuasaan tertinggi. Hukumlah yang mengatur dan hukumlah yang berkuasa, termasuk kepada penguasa.
2.      Rule of law artinya pengaturan oleh hukum. Contohnya adalah jika seorang presiden korupsi ia  pun harus diproses dan diberi sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku.
3.      1. hukum publik
            2. hukum privat (sipil)
            3. hukum material
            4. hukum formal
            5. hukum traktat

                                   
1.      Penilaian Diskusi
No
Nama Siswa
Partisipasi
dalam Berpendapat
Pemahaman/ Materi
Kerja Sama
Jumlah
1





2





3





4





5





dst.





Keterangan:
·               Nilai maksimal aspek keaktifan: 40; minimal: 10
·               Nilai maksimal aspek pemahaman: 40; minimal: 10
·               Nilai maksimal aspek kerja sama: 20; minimal: 10

2.   Penilaian Hasil Kerja
No
Nama Siswa
Kesesuaian materi dengan Tugas
Komentar  terhadap Materi
Kerapian/
Penampilan
Jumlah
1





2





3





4





5





dst.





Keterangan
·               Nilai maksimal aspek kesesuaian materi: 40; minimal: 10
·               Nilai maksimal aspek komentar: 40; minimal: 10
·               Nilai maksimal aspek kerapian/penampilan: 20; minimal: 10

                                                                                                     
      Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................

Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPS Terpadu SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Penerapan Norma-Norma, Kebiasaan-Kebiasaan, Adat Istiadat, dan Peraturan Yang Berlaku Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email