Monday 29 October 2012

Contoh Tinjauan Pustaka Praktis Untuk Laporan Praktikum Propioreseptor---Mata Kuliah Fisiologi Hewan Part 1

-->

Propioreseptor adalah kesadaran atas kedudukan tangan dan keseimbangan tubuh terhadap gravitasi bumi. Propioreseptor terdapat otot-otot dan sendi yang memberikan informasi akan tempat-tempat tertentu pada tubuh tanpa harus menggunakan indera penglihatan, sebagai input atau masukan ke system syaraf. Posisi tubuh juga dijaga supaya secara spontan dengan menyertakan otot-otot antagonis dari proprioreseptor. Propioreseptor terbagi menjadi dua yaitu propioreseptor sadar dan proprioreseptor dan tidak sadar. Proprioreseptor sadar mencapai korteks sebrum yaitu tempat dimana proprioreseptor itu sadar atau tidak. Sedangkan proprioreseptor tak sadar menuju ke serebrum untuk integrasi aktivitas motorik pada hewan (Widiastuti, 2002).  
Indera adalah kumpulan reseptor yang khas untuk menyadari suatu bentuk perubahan lingkungan. Agar dapat terjadi suatu penginderaan harus dipenuhi empat syarat mutlak yaitu: adanya stimulus atau perubahan lingkungan yang mampu untuk membangkitkan respon sistem saraf, reseptor atau organ indera harus dapat menerima stimulus dan mengubahnya menjadi impuls saraf, impuls saraf harus dihantarkan sepanjang lintasan saraf dari reseptor atau organ indera ke otak, pusat indera yang bersangkutan di otak harus menerjemahkan impuls saraf yang diterimanya menjadi sebuah kesan. Setiap indera menerima stimulus khusus untuk penginderaan yang sesuai. Impuls sensoris yang berakhir pada pusat-pusat indera di otak akan menimbulkan penginderaan yang disadari. Jika impuls dari organ indera dihantarkan ke medula spinalis maka akan terjadi juga aktivitas motoris tetapi penginderaan yang dihasilkan bersifat tidak disadari (Ali, 2007).
Tiap otot kerangka, tendon dan persendian mempunyai propioreseptor yang peka terhadap laju perubahan pada otot. Impuls dari proprioreseptor sangat penting agar terjadi kontraksi yang serasi dari berbagai otot yang terlihat dalam satu gerak. Tanpa propioreseptor perbuatan yang rumit seperti membuat simput dengan mata tidaklah mukin untuk dilakukan. Impuls organ juga penting dalam mempertahankan keseimbangan. (Barnes, 1988).

Artikel Terkait

Contoh Tinjauan Pustaka Praktis Untuk Laporan Praktikum Propioreseptor---Mata Kuliah Fisiologi Hewan Part 1
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email