-->
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Kelas/Semester :
VIII/2
Mata
Pelajaran :
IPA
Alokasi waktu :
4 X 40’ ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi
Kompetensi
Dasar
6.4 Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian
alat optik.
2. Menjelaskan fungsi
bagian-bagian mata sebagai alat optik.
3. Menggambarkan
pembentukan bayangan benda pada retina.
4. Menjelaskan daya akomodasi
mata.
5. Membedakan antara daya
akomodasi maksimum dan tanpa akomodasi.
6. Membedakan antara titik
dekat (punctum proksimum) dan titik jauh
(punctum
remotum).
7. Menjelaskan beberapa
cacat mata dan penanggulangannya.
8. Menjelaskan
keterbatasan mata.
9. Membuktikan
keberadaan bintik buta pada retina.
10. Membuktikan
penglihatan binokuler.
11. Menjelaskan
fungsi dan prinsip kerja kamera.
12. Menjelaskan
fungsi dan prinsip kerja lup.
13. Menjelaskan
fungsi dan prinsip kerja mikroskop.
14. Menjelaskan
fungsi dan prinsip kerja teropong.
15. Menjelaskan
fungsi dan prinsip kerja periskop.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Alat-alat Optik
C.
Metode Pembelajaran
1. Model
: - Direct Instruction(DI)
- Cooperative Learning
2.
Metode : -
Diskusi kelompok
-
Eksperimen
- Ceramah
D.
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Mengapa kita dapat melihat benda yang berada pada berbagai jarak dengan jelas?
-
Mengapa jatuhnya bayangan bisa di depan atau di belakang retina?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan daya akomodasi?
- Bagaimana proses pembentukan bayangan benda
pada retina?
·
Pra eksperimen:
-
Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
b.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat dapat Menjelaskan pengertian alat optik.
F
Siswa
dapat dapat Menjelaskan fungsi bagian-bagian mata sebagai alat optik.
F
Siswa
dapat dapat Menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina.
F
Siswa
dapat dapat Menjelaskan daya akomodasi mata.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai fungsi bagian-bagian mata sebagai
alat optik.
F
Peserta
didik memperhatikan proses pembentukan bayangan benda pada retina yang
disampaikan oleh guru.
F Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan
pengertian daya akomodasi mata.
F Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya
mengenai perbedaan antara titik dekat (punctum proksimum) dan titik
jauh (punctum remotum).
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
F
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi
untuk membuat rangkuman.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Mengapa lensa kamera f /
1,0 lebih mahal daripada lensa f / 2,8?
-
Bagaimana cara mengamati benda kecil dengan menggunakan lup agar mata tidak cepat lelah?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan apertur?
-
Bagaimana prinsip kerja lup?
b.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta
didik dapat Menjelaskan beberapa cacat mata dan penanggulangannya.
F
Peserta
didik dapat Menjelaskan keterbatasan mata.
F
Peserta
didik dapat Membuktikan keberadaan bintik buta pada retina.
F
Peserta
didik dapat Membuktikan penglihatan binokuler.
F
Peserta
didik dapat Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja kamera.
F
Peserta
didik dapat Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja lup.
F
Peserta
didik dapat Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja mikroskop.
F
Peserta
didik dapat Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja teropong.
F
Peserta
didik dapat Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja periskop
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Fisika
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
d. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian Hasil
Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menjelaskan
fungsi mata sebagai alat optik
·
Menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina
·
Menjelaskan beberapa cacat mata dan penggunaan kaca
mata
·
Menyelidiki ciri-ciri kamera sebagai alat optik
·
Menjelaskan konsep
lup sebagai alat optik
·
Menjelaskan cara kerja beberapa produk teknologi yang
relevan, seperti : mikroskop, berbagai jenis teropong, periskop dan
sebagainya *)
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
isian
Tes
uraian
Tes
uraian
Tes
uraian
|
Apakah funsi
mata ?...
Gambarkan
pembentukan bayangan pada retina ?
Apakah
perbedaan antara mata dan kamera
sebagai alat optik?
Jelaskan
cara kerja mikroskop dan gambarkan jalannya sinar hingga terbentuk bayangan.
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VIII/8 Semester 2 Pada Materi Pokok Konsep dan Penerapan Getaran, Gelombang, Dan Optika Dalam Produk Sehari-Hari
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.