RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 4 x 40
menit ( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi 2 :
Memahami kelangsungan
hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar 2.3 :
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyejdaan sifat yang ditentukan oleh gen yang
diturunkan pada keturunannya.
2. Siswa dapat menjelaskan persilangan antara dua individu dengan
satu sifat beda atau lebih.
3. Siswa dapat menjelaskan hasil persilangan dan mampu menerapkannya
dalam kehidupan sehari-hari
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Pewarisan sifat.
C. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
2. Metode : Diskusi Informasi
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran
kooperatif
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama dan kedua :
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Motivasi
:
Apakah persilangan monohybrid dan dihibrid ?
b. Prasyarat Pengetahuan :
Siswa telah memahami sifat morfologi organisme.
2.
Kegiatan
Inti :
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
Siswa
dapat Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan
penerapannya
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Siswa diminta untuk membuktikan hokum
segregasi bebas dan hokum perpaduan bebas.
F Siswa diminta diskusi tentang
1) Test Cross
2) Persilangan hybrid
3). Penerapan Ilmu Genetika
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Media Pembelajaran
Alat dan bahan
F. Sumber Belajar
1.
Buku
IPA Terpadu
2.
Buku-buku
pelajaran IPA yang relevan.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
· Menentukan gamet
dari genotip tetua/induk
·
menentukan
rasio hasil persilangan persilangan monohibrida dan dihibrida melalui bagan
|
·
Tes tertulis
·
Tes tertulis
|
·
Isian
·
Uraian
|
·
Bila induk bergenotif Mm maka gamet yang bersifat
dominan adalah ....
·
Organisme yang bergenotif BB di silangkan dengan
sesamanya yang bergenotif bb. Buatlah bagan persilangannya hingga F2!
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :.............................
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel IPA
(_______________________)
NIP/NIK :.............................
|
Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX/9 Pada Materi Pokok Genetika (Pewarisan Sifat Pada Makhluk Hidup, Persilangan antara Individu Dengan Satu Sifat Beda atau Lebih)
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.