Friday 11 January 2013

Ciri-Ciri Umum dan Definisi Platyhelminthes

-->
Invertebrata merupakan hewan tanpa tulang belakang. Dalam dunia hewan, Invertebrata bukan suatu filum melainkan sebuah kelompok dari filum-filum yang anggotanya terdiri dari hewan-hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Sehingga semua hewan tak bertulang belakang dimasukkan ke dalam Invertebrata.

Struktur tubuh Invertebrata berbeda-beda, semakin tinggi tingkatannya, semakin kompleks struktur organ tubuhnya. Struktur tubuh itu meliputi pembagiaan tubuh, organ gerak, lapisan kulit, rongga tubuh, sistem pencernaan, sistem respirasi, sistem sirkulasi darah, sistem saraf, sistem indera, sistem ekskresi, dan sistem reproduksi.

Vermes (cacing) adalah hewan bertubuh lunak, tidak bercangkang, tubuhnya simetri bilateral. Cacing ada yang hidup di alam bebas, adapula yang parasit pada organisme lain. Selama perkembangan embrionya, cacing memiliki tiga lapisan kulit sehingga tergolong triploblastik.


A.    Definisi Platyhelminthes

Kata Platyhelminthes berasal dari bahasa Latin, platy (pipih) dan helminthes (cacing). Oleh sebab itu, Platyhelminthes disebut cacing pipih.

Platyhelminthes tergolong triploblastik aselomata karena tubuhnya terdiri dari 3 lapisan kulit dan tidak memiliki rongga tubuh, sehingga disebut juga cacing pipih.


B.     Ciri-Ciri Platyhelminthes

Tubuhnya pipih simetri bilateral, tidak berongga (aselom), dan tubuh tidak bersegment dengan struktur tubuh primitif. Tidak ada yang metameri dan banyak yang hidup sebagai parasit. Tempat hidupnya di air tawar, air laut, atau hidup parasit di dalam organisme lain. Tubuhnya tidak bercangkang. Beberapa Platyhelminthes hidupnya soliter dan ada juga yang nonparasit.

Lapisan embrional terdiri dari ektoderm, mesoderm, dan endoderm. Dalam perkembangan selanjutnya, ektoderm akan membentuk epidermis dan kutikula. Epidermis bersifat lunak dan bersilia. Ada juga epidermis yang dilengkapi dengan kait untuk melekatkan diri dengan inang. Mesoderm akan berkembang membentuk organ reproduksi, jaringan pengikat, dan jaringan otot. Sedangkan endoderma akan membentuk sistem pencernaan, saluran pencernaannya berupa gastrovaskular.

Bagian tubuh dapat dibagi menjadi bagian anterior (bagian kepala), bagian posterior (bagian ekor), bagian dorsal (bagian punggung), bagian ventral (bagian perut), dan bagian lateral (samping tubuh).


Artikel Terkait

Ciri-Ciri Umum dan Definisi Platyhelminthes
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email