Tuesday 23 April 2013

Spesifikasi Peranan Asam Humat Dari Batu Bara Muda Bagi Pertumbuhan Tanaman


Umumnya petani di indonesia menambahkan pupuk Nitrogen untuk meningkatkan produksi suatu tanaman. Akan tetapi permasalahan yang sering di jumpai yaitu ketidakefisienan dalam penggunaan pupuk Nitrogen dan rendahnya penggunaan bahan organik. Kadar bahan organik  dalam tanah akan menurun apabila petani cendrung memberikan pupuk Nitrogen tanpa memberikan bahan organik ke dalam tanah. Hal ini akan menyebabkan tanah menjadi keras, dan tanah menjadi masam, akibatnya tanah tidak responsif dalam penggunaan pupuk. ( Suwardi,2004) .

Salah satu cara dalam meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk N namun kandungan bahan organik dalam tanah tetap terjaga yaitu dengan pemberian asam humat dengan penambahan pupuk N ( Eliza, 2011). Asam humat merupakan bahan aktif yang di ekstrak dari bahan organik, sehingga dapat berfungsi sebagai bahan organik. Dan juga dapat menghambat proses penguapan pupuk menjadi gas amoniak (Suwardi, 2009).

Asam humat dapat diperoleh dari berbagai macam jenis bahan organik yang telah
terdekomposisi, misalnya pupuk kandang, kompos jerami padi, kompos sampah kota, dan tanah gambut (Herviyanti, 2007). Namun kandungan asam humat yang diperoleh dari bahan-bahan tersebut sangat sedikit yaitu kurang dari 10%. Kandungan humat dari pupuk kandang hanya 1,5%, kompos sampah kota hanya 1,4%, kompos jerami padi sekitar 5%, dan asam humat dari tanah gambut hanya 9% (Herviyanti, 2007).  Untuk itu perlu di cari kandungan asam humat yang lebih tinggi, yaitu dengan menggunakan batubara muda. Menurut rezky (2007) dengan mengekstrak batubara muda yang menggunakan 0,5 N NaOH  mendapatkan hasil 31,5% bahan humat dalam 1 g batubara muda. Hal ini menunjukkan bahwa kandungan asam humat dalam batubara lebih tinggi daripada kandungan batubara dari bahan organik lain. 

Artikel Terkait

Spesifikasi Peranan Asam Humat Dari Batu Bara Muda Bagi Pertumbuhan Tanaman
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email