Friday 12 April 2013

Tolak Ukur Kebutuhan Tubuh Manusia Yang Ideal Untuk Jaminan Kesehatan


Oleh: Wahid Biyobe :) 

Kebutuhan Tubuh Manusia--Tubuh manusia merupakan kreasi yang sempurna. Setiap bagian mempunyai fungsi dan kebutuhan. Bila kebutuhannya dicukupi maka semuanya berfungsi dengan baik, pagi, siang maupun malam. Tetapi bila tubuh sudah tidak mendapat perhatian, maka malfungsi akan terjadi. Karena tubuh manusia merupakan suatu kreasi yang sempurna, bila ada sesuatu yang salah akan timbul tanda. Salah satu tanda awal berupa rasa sakit di tempat tertentu yang perlu perhatian. Ada pula tanda yang berupa demam bila terjadi infeksi.

Bersin bisa jadi  merupakan tanda bahwa tubuh memerlukan istirahat, karena daya tahan menurun ataupun ada alergan yang masuk.

Mempertahankan derajat kesehatan dimulai dengan menyediakan zat gizi yang berkualitas. Tubuh yang sehat dapat diumpamakan sebuah mobil. Agar mobil berjalan dengan baik perlu bensin, oli, air, dan pemeliharaan yang baik. Jika dipelihara dengan baik, bisa saja mobil tersebut dalam keadaan baik lebih lama daripada prediksi pabrik sebelumnya. Bagi tubuh manusia memerlukan gizi berkualitas seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, air dan oksigen. Bila tubuh dipenuhi gizinya dan dipelihara dengan baik, kita akan mencapai usia panjang dan bahagia.

Kebutuhan dan kecukupan gizi yang ideal bagi tubuh manusia dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti:

(a). Keseimbangan Nitrogen

Cara ini umum digunakan untuk mengetahui dan menentukan kebutuhan protein. Jika nitrogen yang dikeluarkan dalam urine dan tinja lebih banyak, diperlukan masukan nitrogen yang lebih banyak pula. Cara yang tepat untuk menentukan kebutuhan nitrogen (merupakan bagian dari protein) ialah dengan mengukur nitrogen yang ke luar dan masuk. Pada keadaan normal dan sehat, keseimbangan nitrogen harus normal. Jika yang masuk lebih tinggi daripada yang ke luar disebut keseimbangan positif yang berarti tubuh membutuhkan protein lebih banyak dari pada yang rusak.

(b). Status Kesehatan

Wanita hamil, menyusui, dan kanak-kanak yang sedang tumbuh memerlukan keseimbangan nitrogen yang positif di samping bahan gizi lainnya. Tubuh memerlukan protein untuk pembentukan darah yang baru, tulang, otot dan seterusnya. Status kesehatan ini dapat juga dilihat dari keadaan yang mudah diamati, seperti apabila kita mengamati tanda-tanda orang yang sedang sakit, bisa saja pada bagian raut wajahnya nampak pucat, terlihat lemah/lesu, kurang bersemangat, dan sebagainya.

(c). Aktivitas

Orang yang aktif, misalnya atlet, memerlukan banyak zat gizi untuk penunjang aktivitasnya. Terutama protein yang lebih banyak untuk tubuhnya dalam membentuk jaringan otot. Tapi bila otot sudah maksimal, yang dibutuhkan hanya untuk mempertahankaannya. Dengan pertimbangan serupa, orang yang kurang aktif akan memerlukan protein yang lebih sedikit, begitupula dengan zat-zat gizi lainnya.

(d). Bahan Makanan

Bahan makanan yang bergizi tinggi merupakan faktor terpenting dalam menunjang keberlangsungan kesehatan seseorang. Bahan makanan yang dimaksud yaitu bahan makanan yang banyak mengandung unsur-unsur gizi seimbang, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral, serta air dan oksigen (untuk lebih jelasnya, silahkan baca dan lihat pada beberapa pembahasan di dalam buku ini lebih lanjut).

Artikel Terkait

Tolak Ukur Kebutuhan Tubuh Manusia Yang Ideal Untuk Jaminan Kesehatan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email