Hasil
belajar dalam ranah kognitif terdiri dari enam kategori yaitu: pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis,
sintesis dan evaluasi. Sedangkan ranah afektif berkenaan dengan sikap
yang terdiri dari lima aspek, yakni penerimaan, jawaban atau reaksi, penilaian,
organisasi dan internalisasi. Dan yang terakhir ranah psikomotorik berkenaan dengan hasil belajar
keterampilan dan kemampuan bertindak.
Hasil belajar yang diidentifikasi dalam hal ini mengacu pada ranah kognitif. Nilai aspek kognitif
diperoleh dari pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, dan sintesis siswa
yang dievaluasi di setiap akhir pembelajaran.
Hasil evaluasi kemudian dianalisis dan disajikan dalam bentuk hasil
belajar siswa. Hal ini menunjukkan hasil
perubahan dari semua proses belajar. Hasil belajar ini akan melekat terus pada
diri siswa karena sudah menjadi bagian dalam kehidupan siswa tersebut.
Ingat: Beri Kop/Kepala Surat Dari Lembaga Yang Bersangkutan Pada Bagian Ini* Contoh: Nomor : 0 06 /B/Pan- Pel Begawi 4 /UKM Birohmah /UL/I V /201 2 Lampiran : - Perihal : Undangan Yth. Ibu Pengurus MajelisTaklim .................................................. Di Tempat Assalamu‘alaikumWr.Wb. Puji dan syukurkehadirat Allah swt. atassegalanikmat yang diberikan-Nyakepadakita. Shalawat dan salamselalutercurahkepada Nabi Muhammad SAW. Sehubungandengan akan diadakannyakegiatan Ta bligh Akbar bersama Dai Muda ANTV Nizam Zulfikar dalamrangkaianacara Begawi 4 dengantema “ Al-Quran Sumber Inspirasi ” oleh UKM Birohmah Unila yang insya Allah dilaksanakanpada : Hari/ tanggal : Sabtu/ 5 April 201 2 Waktu : 08.00 s.d...