Jenis
dan Teknik Pengumpulan Data
Jenis
dan teknik pengumpulan data pada penelitian dapat berupa:
1.
Jenis Data
a.
Data Kuantitatif
Data kuantitatif berupa
skor siswa yang diperoleh dari nilai pretes dan postes. Skor siswa ditinjau berdasarkan perbandingan gain yang dinormalisasi atau N-gain (g) dengan menggunakan rumus Hake
(1999:1) yaitu:
![](file:///C:/Users/Wahid/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.gif)
![](file:///C:/Users/Wahid/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.gif)
![](file:///C:/Users/Wahid/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.gif)
![](file:///C:/Users/Wahid/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.gif)
|
Keterangan:
N-gain
= average normalized gainr = rata-rata N-gain
![](file:///C:/Users/Wahid/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.gif)
![](file:///C:/Users/Wahid/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.gif)
Smax = maximum score = skor maksimum
Tabel
3. Kriteria N-gain.
N-gain
|
Kriteria
|
g
> 0,7
0,7 > g
> 0,3
g
< 0,3
|
Tinggi
Sedang
Rendah
|
Note that: a positive Hake gain indicates a student
learning gain; the maximum gain possible
is 1; a negative Hake gain occurs when the
post-test score is less than the pre-test score; a zero result occurs when the post-test score
is equal to the pre-test score (Loranz,
2008:2).
Sedangkan
untuk mengukur persen (%) peningkatan (%g)
skor oleh siswa digunakan rumus sebagai berikut :
![](file:///C:/Users/Wahid/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image006.gif)
Skor maksimum – Skor awal
Tabel
4. Kriteria % peningkatan skor oleh
siswa.
% Peningkatan
|
Kriteria
|
%g >
70
70 > %g
> 30
%g <
30
|
Tinggi
Sedang
Rendah
|
(dimodifikasi
dari Hake, 1999:1).
b. Data Kualitatif
Data
kualitatif dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa. Jenis
data aktivitas siswa diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa.