Sunday 26 January 2014

Fungsi dan Struktur Bahan Ajar Leafet,Modul,LKS,Brosur,Buku,Hand Out

Tabel 1. Struktur bahan ajar
NO.
Komponen
Ht
Bu
MI
LKS
Bro
Lf
Wch
F/Gb
Mo/M
1.
Judul
ada
ada
ada
Ada
ada
ada
ada
ada
ada
2.
Petunjuk belajar
-

ada
Ada
-
-
-
-
-
3.
KD/MP
-
ada
ada
Ada
ada
ada
**
**
**
4.
Informasi pendukung
ada

ada
Ada
ada
ada
**
**
**
5.
Latihan
-
ada
ada
-
-
-
-
-
-
6.
Tugas/ Langkah kerja
-

ada
Ada
-
-
-
**
**
7.
Penilaian
-
ada
ada
Ada
ada
ada
**
**
**

Ket: Ht: Handout, Bu: Buku, Ml: Modul, LKS: Lembar Kerja Siswa, Bro: Brosur, Lf: Leaflet, Wch: Wallchart, F/Gb: Foto/Gambar, Mo/M: Model/Maket (Setyono, 2005: 27-28)

Jika bahan ajar cetak tersusun dengan baik, maka bahan ajar akan mendatangkan beberapa keuntungan seperti yang dikemukakan oleh Ballstaedt (dalam Setyono, 2005:16) yaitu :
1. Bahan tertulis biasanya menampilkan daftar isi sehingga memudahkan seorang guru untuk menunjukan kepada siswa bagian mana yang sedang dipelajari.
2. Biaya untuk pengadannya relatif sedikit.
3. Bahan tertulis cepat digunakan dan dapat dipindah-pindah secara mudah.
4. Susunannya menawarkan kemudahan secara luas dan kreativitas bagi individu.
5. Bahan tertulis relaif ringan dan dapat dibaca dimana saja.
6. Bahan ajar yang baik akan dapat memotivasi pembaca untuk melakukan aktivitas seperti menandai, mencatat, membuat sketsa.
7. Bahan tetulis dapat dinikmati sebagai sebuah dokumen yang bernilai besar.
8. Pembaca dapat mengatur tempo secara mandiri.
      Adapun bahan ajar berfungsi sebagai :
1.    Pedoman bagi guru yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya diajarkan kepada siswa.
2.    Pedoman bagi siswa yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya dipelajari/dikuasai.
3.    Alat evaluasi pencapaian/penguasaan hasil pembelajaran.

Bahan ajar dapat ditampilkan dalam berbagai bentuk. Berdasarkan teknologi yang digunakan, bahan ajar dapat dikelompokan menjadi empat kategori seperti yang ditulis oleh Murni (2010:1), yaitu bahan cetak (printed) seperti antara lain handout, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart, foto/gambar, model/maket. Bahan ajar dengar (audio)seperti kaset, radio, pirigan hitam, dan compact disk audio. Bahan ajar pandang dengar (audio visual) seperti video compact disk, film. Bahan ajar multimedia interaktif (interactive teaching material) seperti CAI (Computer Assisted Instruction), compact disk (CD) multimedia pembelajaran interaktif, dan bahan ajar berbasis web (web based learning materials).
Sumber referensi:
Murni. 2010. Bahan Ajar. Dalam  http//: www. murni-uni.blogspot.Com. (22 Desember 2012: 11.05 WIB).      

Setyono, B. 2005. Bahan Ajar Cetak. Dalam  http//: www.smasewon.com. (22 Desember 2012: 10.15 WIB).

Artikel Terkait

Fungsi dan Struktur Bahan Ajar Leafet,Modul,LKS,Brosur,Buku,Hand Out
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email