Tuesday 25 February 2014

Fisiologi Tumbuhan - Sifat-Sifat dan Struktur Akar Pada Tumbuhan Tingkat Tinggi

1    RANGKUMAN:

     
Sumber gambar: noorichsanamrullah.blogdetik.com
SIFAT-SIFAT AKAR:
      Merupakan bagian tumbuhan yang biasanya terdapat di dalam tanah, dengan arah tumbuh ke pusat bumi (geotrop) atau menuju ke air (hidrotrop), meninggalkan udara dan cahaya.
2.      Tidak berbuku-buku, jadi juga tidak beruas dan tidak mendukung daun-daun atau sisik-sisik maupun bagian-bagian lainya.
3.      Warna tidak hijau, biasanya keputih-putihan atau kekuning-kuningan.
4.      Tumbuh terus pada ujungnya, tetapi umumnya pertumbuhannya masih kalah pesat jika dibandingkan dengan bagian permukaan tanah.

5.      Bentuk ujungnya seringkali meruncing, hingga lebih mudah untuk menembus tanah.


S    STRUKTUR AKAR:
Akar memiliki struktur luar yang meliputi :
1.      Tudung Akar
Tudung akar terdapat di ujubg akar, berfungsi untuk melindungi promeristem akar dari kerusakan mekanis, membantu menembus tanah dan menentukan pertumbuhan geotropi akar. Tudung akar terdiri atas sel-sel parenkim hidup yang sering kali mengandung pati. Sel-sel tudung akar mengeluarkan lendir terporisakarida. Tudung akar terus menerus berkembang ,sel-sel terluar mati lalu terpisah satu sama lain dan hancur, kemudian sel-sel itu di gantikan dengan yang baru yang di hasilkan oleh inisial.
2.      Epidermis
Episermis terdiri dari 1 lapis sel yang tersusun rapat, dindng sel tipis sehingga mudah ditembus air. Ciri khas dari epidermis akar yaitu memiliki rambut akar yang brefungsi dalam pengambilan air dan garam tanah. Karena rambut akar merupakan sel epidermis yang memanjang ke luar, tegak lurus permukaan akar dan berbentuk tabung, maka memusahkan dalam menambah perluasan permukaan akar.
3.      Korteks
Korteks terdiri dari banyak sel dan tersusun berlapis-lapis, dinding selnya tipis dan mempunyai banyak ruang antarsel untuk pertukaran gas. jaringan-jaringan yang terdapat pada korteks antara lain : parenkim, kolenkim, dan sklerenkim.
4.      Eksodermis
Eksodermis merupakan jaringan pelindung baru yangt menggantikan fungsi epidermis. Strukturnya mirip dengan endodermis, dilapisi suberin dan selulosa, kadang lignin serta mengandung protoplas hidup saat dewasa. Tebalnya eksodermis berbeda-beda pada setiap tumbuhan, dari yang hanya satu lapisan sel sampai berlapis-lapis.
5.      Endodermis
Endodermis terletak di sebelah dalam korteks. endodermis berupa 1 lapis sel yang tersususn rapat tanpa ruang antar sel. dinding selnya mengalami penebalan gabus. deretan sel-sel endodermis dengan penebalan gabusnya dinamakan pita kaspari. penebalan gabus ini tidak dapat ditembus air sehingga air harus masuk ke silinder pusat mellui sel endodermis yang dindingnya tidak menebal, disebut sel penerus air. Endodermis merupakan pemisah yang jelas antara korteks dan stele.
6.      Silinder Pembuluh / Stele
Silinder pembentuk stile berada di bagian tengah akar, terdiri atas jaringan pembuluh dengan satu atau beberapa lapisan sel di sebelah luarnya, yaitu pesikel. Dan di antara stele terdapat berkas pengangkutan (floem dan xilem).




Sumber pustaka: Hasnunidah, Neni. 2010. Buku ajar: Fisiologi Tumbuhan. Universitas Lampung: Bandarlampung
Sumber referensi:


Hasnunidah, Neni. 2010. Buku Ajar. Fisiologi Tumbuhan. Universitas Lampung :
      Bandar Lampung
- See more at: http://wahid-biyobe.blogspot.com/2014/10/tahapan-perkembangan-batang.html#sthash.LIjwRVMW.dpuf

Artikel Terkait

Fisiologi Tumbuhan - Sifat-Sifat dan Struktur Akar Pada Tumbuhan Tingkat Tinggi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email