Indikator
keberhasilan sekolah dan kelas dalam pengembangan pendidikan budaya dan
karakter bangsa antara lain religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi,
bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli
sosial dan tanggung jawab.
Berikut ini
indikator peduli lingkungan disajikan dalam bentuk tabel.
Tabel 1.
Indikator Peduli Lingkungan
Nilai
|
Deskripsi
|
Indikator Sekolah
|
Indikator Kelas
|
Peduli Lingkungan
|
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada
lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki
kerusakan alam yang sudah terjadi.
|
Pembiasaan memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah.
Tersedia tempat pembuangan sampah dan tempat cuci tangan.
Menyediakan kamar mandi dan air bersih.
Pembiasaan hemat energi.
Membuat biopori di area sekolah.
Membangun saluran pembuangan air limbah dengan baik.
Melakukan pembiasaan memisahkan jenis sampah organik dan anorganik.
Penugasan pembuatan kompos dari sampah organik.
Penanganan limbah hasil praktik (SMK).
Menyediakan peralatan kebersihan.
Membuat tandon penyimpanan air.
Memrogramkan cinta bersih lingkungan.
|
Memelihara lingkungan kelas.
Tersedia tempat pembuangan sampah di dalam kelas.
Pembiasaan hemat energi.
Memasang stiker perintah mematikan lampu dan menutup kran air pada setiap
ruangan apabila selesai digunakan (SMK).
|
Sumber: Kemendiknas Badan Penelitian dan Pengembangan
Pusat Kurikulum,
Pengembangan Pendidikan Budaya dan
Karakter Bangsa, 2010.
Indikator Peduli Lingkungan Pada Proses Pembelajaran IPA-Biologi
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.