Sunday 21 September 2014

Kegunaan+Manfaat Kobalt (Co) Bagi Kesejahteraan Umat Manusia

a.           Manfaat Kobalt
Kobalt merupakan bagian dari vitamin B12  (cyanoko balamin). Setiap molekul vitamin mengandung 1 atom kobalt. Sementara setiap mg vitamin B12 mengandung 0,0434 mg kobalt. Logam ini merupakan nutrisi bisa mengurangi anemia melalui mekanisme yang berkaitan dengan produksi sel darah merah. Dalam jumlah sangat kecil kobalt merupakan unsur yang esensial bagi kesehatan tubuh. Kobalt sebagai mikro nutrisi bisa diperoleh pada mikroorganisme, hewan dan tumbuhan. Rata – rata kebutuhan Co manusia adalah sebesar 1 mg/hari. Sebagian besar akan dibuang, kecuali Co dalam vitamin B12. Sebagian besar Co dalam tubuh terikat dalam vitamin B12.  Pada manusia kadar Co normal dalam plasma darah adalah sebesar 1 mg/100 ml (Rompas, 2010).

Selain kobalt merupakan sebagai bahan mikronutrisi logam ini juga sering dimanfaatkan dalam bidang industri, seperti:
a.        Bahan campuran berbagai jenis superralloy  bersama Ni, Cr, Mo, dan unsur lain sehingga dihasilkan logam yang lebih keras, tahan pada suhu tinggi, dan tahan korosi (superralloy untuk bagian turbin gas mesin pesawat, cemented carbides, industri alat pemotong dan alat pemoles), alloy Co, Cr, Mo digunakan sebagai orthopaedic implants.
b.    Bahan magnet, sebagai katalisator petroleum dan sebagai industri kimia; sebagai bahan pengering cat, tinta; berbagai industri porselin; keramik, kaca, enamel, perhiasan permata/berlian dan sebagai pelapis (undercoat) beberapa logam.
c.       Mensetabilisasi buih pada minuman bir, juga sebagai unsur mikro yang ditambahkan pada bahan pangan dan sediaan farmasi seperti diuraikan diatas.
d.   Sebagian besar kobalt digunakan untuk memproduksi logam keras yang mengandung tungsten carbide (80-95 %) yang di kombinasikan dengan Co (5-20 %) dan Ni (0-5 %)
e.    Kobalt radio aktif digunakan untuk berbagai bidang kesehatan. Seperti 60Co digunakan sebagai sterilisasi peralatan medis, terapi radiasi pasien penderita kanker. 60Co untuk memproduksi radio sisotop dan sinar digunakan sebagai X-ray yang bisa  mengetahui struktur internal suatu bahan/organ.
f.       Industri plastik serta iradiasi pada industri pangan untuk membunuh mikroorganiosme dan mengawetkan pangan, sebagai disenfektan berbagai macam buah dan biji – bijian, untuk memnunda pemasakan buah, mempertahankan kesegaran produk pertanian, serta menunda pertunasan pada ken tang dan bawang.
Diperairan laut, walaupun kobalt sebagai logam berat memiliki daya toksisitas, tetapi dapat juga berperan penting bagi pertumbuhan rumput laut, dan penyerapan ini memerlukan kemampuan fiksasi nitrogen (N) dibutir hijau daun atau khloroplast . Defisiensi Co pada manusia menunjukan gejala yang sama dengan defisiensi vitamin B12 yaitu anemia dan gangguan saraf. Orang dewasa membutuhkan 0,1 mg/hari kobalt sebagai bagian vitamin B12. Rata – rata total pemasukan kobalt pada manusia adalah 10-1800 mg/hari, sedangkan rata – rata konsumsi kobalt dari makanan sebesar 11 mg/hari (Rompas, 2010).


Cobalt penting untuk pertumbuhan tanaman legume yang bersimbiosis dengan bakteri nitrogen. Dalam hal ini,  dapat dilihat dari lebih jarangnya bakteri nitrogen dibanding dengan tanaman inang.  Pentingnya cobalt ini dapat dilihat pada kehidupan bakteri nitrogen, termasuk cyanobacteria. Apabila legume mengandung nitrogen misalnya nitrat, kebutuhan akan cobalt tidak bisa dibuktikan ( Karomatul, 2008 ).

Artikel Terkait

Kegunaan+Manfaat Kobalt (Co) Bagi Kesejahteraan Umat Manusia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email