Sunday 28 September 2014

Struktur, Klasifikasi, Serta Manfaat Serat Komersial Yang Diambil Dari Serat Tumbuhan

Istilah serat, sebagaimana dipakai dalam dunia industri, biasanya tidak mempunyai arti yang sama dengan yang diartikan oleh para ahli botani. Misalnya serat Linum, yang diperdagangkan sebenarnya adalah seberkas serat, dan yang berasal dari daun monokotil, seperti misalnya Agave, Musa textilis,dll, biasanya adalah berkas pembuluh dengan seludang di sekeliling serat. Serat-serat yang diperdagangkan dari berbagai tumbuhan meliputi system pembuluh akar, seperti pada Muhlenbergia, atau meliputi keseluruhan tumbuhan. Serat gossypium (kapas) yang diperdagangkan adalah rambut epidermis pada biji. Serat kapuk adalah rambut yang dihasilkan oleh permukaan bagian dalam daun buah Cieba pentandra.

Serat yang diperdagangkan dibagi menjadi dua tipe, serat keras dan serat lunak. Serat keras adalah serat yang mamiliki kadar lignin yang tinggi pada dindingnya dan yang bertekstur kaku. Serat lunak dapat mengandung atau tanpa lignin, seratnya serta elastic, dan berasal dari kotiledon.

Serat juga diklasifikasikan sesuai dengan kegunaanya :
  1. Serat tekstil yang digunakan untuk industri bahan pakaian
  2. Serat tambang
  3. Serat sikat untuk industri sikat dan sapu
  4. Serat pengisi yang digunakan untuk bahan pengisi seperti kasur, kursi, ikat pengaman, dan lain-lain.
Pada industri tekstil serat terpenting yang digunakan ialah kapas dan dalam jumlah kecil, linen, rami, dan henep. Untuk bahan pakaian yang lebih kasar, seperti misalnya kantung dan karung, banyak digunakan yute; bahan serat kasar lain seperti kapas, linen, henep, digunakan dalam jumlah sedikit. Untuk pembuatan benang pintal, yute, kapas, henep, dan dalam jumlah kecil , digunakan linen dan beberapa serat keras. Tambang dan anyaman tali di buat dari bahan serat keras. Serat juga digunakan dalam industry kertas; bergantung pada sifat fisik dan kimia, berbagi tipe kertas dapat dibuat (Clarck, 1965).


Dari segi teknologi, bentuk, panjang, dan struktur dinding sel serat sangat penting dalam industri serat. Perhatian khusus tertuju pada panjang serat seberapa luas serat, serat saling tumpang tindih, dan bagaimana serat itu saling bersambungan . Orientasi satuan selulosa pada dinding berperan penting dalam sifat fisik kayu dan serat-serat dagang. Elastisitas dan daya rambat panas akan meningkat jika tingkat orientasi kesejajaran terhadap panjang serat meningkat. Pembengkakan akan lebih besar pada arah tegak lurus daripada dalam arah sejajar terhadap molekul selulosa: hal ini juga terjadi di dalam air yang didalamnya itu pembengkakan hamper selalu intermikrofibrilar (Preston, 1963).

Artikel Terkait

Struktur, Klasifikasi, Serta Manfaat Serat Komersial Yang Diambil Dari Serat Tumbuhan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email