Thursday 9 October 2014

Komponen Nonprotoplasmik (Bahan Ergastik): Ergastik Cair dan Ergastik Padat

Komponen Nonprotoplasmik (Bahan Ergastik)
Komponen nonprotoplasmik di dalam sel tumbuhan terdiri atas dua bagian, yaitu:
1.      Bahan Ergastik Cair, terdapat di dalam cairan sel, berupa zat-zat yang larut di dalamnya. Cairan sel terdapat di dalam vakuola. Tiap-tiap vakuola mungkin berbeda komp[osis zat larutnya. Contoh bahan ergastik cair adalah:
a.       Asam-asam organic, dapat berupa asam oksalat, asam sitrat, asam malat, dll. yang kadang-kadang dalam bentuk garamnya. Konsentrasi asam organic yang tingi dijumpai pada buah-buahan yang masih muda.
b.      Karbohidrat, berupa sakarida terlarut baik disakarida maupun monosakarida.
c.       Protein, berupa asam amino dan peptide sederhana.
d.      Lemak, berupa lemak atau minyak cadangan makanan, misalnya asam palmitat, asam stearat pada biji kacang tanah dan daging buah kelapa.
e.       Zat penyamak (tanin), berfungsi sebagai bahan pelindung, misalnya pada tumbuhan gambir.
f.       Antosianin, merupakan pigmen vakuola, misalnya pada epidermis mahkota bunga dan daun yang tidak hijau.
g.      Alkaloid, berupa: cafein (pada kopi), capsein (pada lombak), papain (pada pepaya), Theobromin (pada coklat), Hars (pada Pinus merkusii yang disadap untuk memperoleh terpentin).
h.      Minyak atsiri, merupakan senyawa yang mempunyai daya membias cahaya yang kuat. Bagian tumbuhan yang mengandung minyak atsiri tampak mengkilat. Minyak atsiri terdapat pada: kulit buah jeruk dan Lombok, kulit batang kayu manis, daun kayu putih, daun mahkota bunga mawar, dan rizoma jahe.
2.      Bahan Ergastik Padat
Bahan ergastik yang bersifat padat antara lain:
a.       Amilum (pati), terdapat di dalam kloroplas atau leukoplas. Plastid pembentuk tepung disebut amiloplas, yang dibedakan menjadi: 1. Leukoamiloplas, putih menghasilkan tepung cadangan makanan, 2. Kloroamiloplas, hijau menghasilkan tepung asimilasi.
b.      Tanin, merupakan kelompok turunan fenol yang heterogen. Tanin dapat dijumpai sebagai butiran atau benda berwarna kuning, merah atau coklat pada daun, jaringan pembuluh, buah muda, kulit biji, serta dalam jaringan yang terserang penyakit. Tanin diduga berfungsi melindungi tumbuhan terhadap dehidrasi, pembusukan, dan gangguan dari hewan. Tanin dipakai secara komersial dlam industry penyamakan kulit mentah hewan.
c.       Protein, protein merupakan bahan utama protoplas yang hidup. Brfungsi sebagai bahan cadangan dlam bentuk amorf atau Kristal. Pada beberapa biji terdapat sebagai aleuon. Sebuah aleuron berisi satu atau lebih kristaloid putih telur dan sebuah atau beberapa buah globoid, yaitu bulatan kecil yang tersusun oleh zat fitin (garam Ca dan Mg dari asam inositol fosforat), serta zat putih telur amorf. Pada biji padi dan jagung, butir-butir aleuron terdapat di dalam sel-sel jaringan endosperm paling luar. Lapisan ini disebut lpisan aleuron. Lapisan ini biasanya akan terbuang bila mencuci beras terlalu bersih sebelum dimasak.
d.      Kristal, bahan-bahan anorganik di dalam protoplas dapat berupa Kristal Ca-oksalat dan bend silica. Bahan-bahan tersebut merupakan hasik akhir atau rekresi dari suatu pertukaran zat yang terjadi di dalam sitoplasma. Kristal Ca-oksalat terdapat dalm bentuk, yaitu: Kristal pasir, Kristal tunggal besar, rafida, Kristal sferit, dan Kristal majemuk. Benda silica terbentuk dalam epidermis beberapa tumbuhan, seperti: Cyperaceae, Palmae, Rapataceae, dan sel-sel jari-jari empulur serta parenkim Lauraceae.
e.       Minyak, Lemak, dan Lilin. Minyak dan lemak merupakan bahan cadangan makanan yang penting dalam tumbuhan, dijumpai pada biji dan buah. Dihasilkan dari elaioplas atau sferosom. Sedangkan lilin biasanya membentuk selaput pelindung pada epidermis batang, daun, dan buah. Lilin sangat jarang terdapat pada sel. Komponen lipid selain minyak, lemak, dan lilin, adalh terpentin dan minyak esensial, biasanya dihasilkan oleh jaringan sekretori yang khas.



Artikel Terkait

Komponen Nonprotoplasmik (Bahan Ergastik): Ergastik Cair dan Ergastik Padat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email