Friday 27 November 2015

Contoh Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap (K13) SMA/SMK Sederajat

1.  Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap

a.       Penilaian  Kompetensi  Sikap  Melalui  Observasi
Penilaian  Sikap Kegiatan Diskusi

Mata Pelajaran       
:
Biologi
Kelas/Semester      
:
XII/1
Kompetensi Dasar 
:
3.3 Menganalisis Keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat  pada makhluk hidup serta menerapkan prinsip-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan
Topik/Subtopik
:
Materi Genetik/Kromosom, Gen, dan DNA
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
2.1.1          Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, ketika melakukan pengamatan preparat
2.1.2          Menunjukkan sikap disiplin  dalam mentaati aturan cara presentasi kelompok
2.1.3          Menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap tugas pada saat diskusi
               

Instrumen: Observasi sikap dalam Pembelajaran Materi Genetik
No
Nama Siswa
Rasa Ingin Tahu
Disiplin
Tanggung Jawab
Jumlah Skor
1
Adelia




 2
Aris




3
Asih




Dst






Kolom aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut:
3           = Sangat baik; 3= Baik; 2=cukup; 1=kurang


Rubrik : Penilaian sikap saat pembelajaran Materi Genetik
No
Sikap yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Rasa ingin tahu ketika melakukan diskusi kelompok
4
-        Menunjukkan antusias saat diskusi kelompok
-        Berpartisipasi aktif dalam setiap diskusi kelompok
-        Mengemukakan pertanyaan
-        Menanggapi pertanyaan
3
Jika hanya ada 3 aspek
2
Jika hanya ada 2 aspek
1
Jika hanya ada 1 aspek
2
Disiplin dalam menaati aturan cara presentasi diskusi kelompok
4
-    Berada di kelas tepat waktu
-    Berpakaian rapi dan sopan
-    Tidak bercanda saat diskusi kelompok
-    Memperhatikan saat presentasi diskusi kelompok
3
Jika hanya ada 3 aspek
2
Jika hanya ada 2 aspek
1
Jika hanya ada 1 aspek
3
Bertanggung jawab terhadap tugas pada saat diskusi kelompok
4
-    Bekerja sama dalam kelompok
-    Menyiapkan chart dan bahan sebagai alat diskusi dan presentasi kelompok
-    Bekerja sama untuk memahami setiap pertanyaan yang diajukan oleh kelompok lain
-    Menyelesaikan diskusi dan presentasi kelompok dengan tepat waktu
3
Jika hanya ada 3 aspek
2
Jika hanya ada 2 aspek
1
Jika hanya ada 1 aspek











Artikel Terkait

Contoh Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap (K13) SMA/SMK Sederajat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email