Friday, 27 November 2015

K13: Contoh Format Analisis Keterkaitan KI dan KD dengan Indikator Pencapaian Kompetensi dan Materi Pembelajaran

Analisis keterkaitan  KI  (Kopentensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) dengan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan Materi Pembelajaran

Tujuan Kegiatan:    Melalui  diskusi kelompok peserta mampu menjabarkan KI dan KD ke dalam    indikator pencapaian kompetensi dan materi pembelajaran.

Langkah Kegiatan:
1.       Pelajari hand out dan contoh penjabaran KI dan KD ke dalam  IPK dan materi pembelajaran!
2.       Siapkan dokumen kurikulum KI – KD dan silabus!
3.       Isilah lembar kerja  yang tersedia dengan KI dan KD yang bapak/ibu pilih!
4.       Rumuskan indikator pencapaian kompetensi  (IPK) hasil penjabaran  KD tersebut, cantumkan pada kolom yang tersedia!
5.       Tentukan materi/topik pembelajaran  yang sesuai dengan KD dan rumusan indikator!
6.       Setelah selesai, presentasikan hasil diskusi kelompok Anda!
7.       Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan dari kelompok lain!


Format Analisis Keterkaitan  KI dan KD dengan IPK dan Materi Pembelajaran

Mata Pelajaran
:
Biologi
Kelas
:
XII MIPA
Semester
:
1

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
MateriPembelajaran
Topik/Subtopik
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi DNA, gen, dan kromosom dalam pembentukan dan pewarisan sifat serta pengaturan proses makhluk hidup








1.1.1     Menunjukkan rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan YME atas adanya keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi DNA, gen dan kromosom dalam pembentukan dan pewarisan sifat serta pengaturan proses pada makhluk hidup
Topik :
Materi Genetik
Subtopik:
-   Kromosom
-   Gen
-   DNA
-   Sintesis Protein dan pembentukan sifat makhluk hidup



2       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.

2.1.1 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, ketika melakukan diskusi kelompok
2.1.2 Menunjukkan sikap disiplin  dalam mentaati aturan cara presentasi kelompok
2.1.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap tugas pada saat diskusi
Topik :
Materi Genetik
Subtopik:
-   Kromosom
-   Gen
-   DNA
-   Sintesis Protein dan pembentukan sifat makhluk hidup




3      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.3 Menganalisis
Keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat  pada makhluk hidup serta menerapkan prinsip-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan


3.3.1     Menjelaskan struktur dan fungsi gen, DNA (C1)
3.3.2     Menjelaskan struktur dan fungsi kromosom (C1)
3.3.3     Mendeskripsikan struktur RNA  (C1)
3.3.4     Membedakan DNA dan RNA (C2)
3.3.5     Menganalisis hubungan gen, DNA dan kromosom (C4)
3.3.6     Mengidentifikasi proses dalam sintesa protein (Transkripsi dan translasi) (C1)

Topik :
Materi Genetik
Subtopik:
-   Kromosom
-   Gen
-   DNA
-   Sintesis Protein dan pembentukan sifat makhluk hidup



4      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

4.3 Membuat model untuk mensimulasi proses sintesis protein serta peran DNA dan kromosom dalam proses pewarisan sifat
4.3.1 Mendesain model/charta/animasi untuk mensimulasi proses sintesis protein serta DNA dan kromosom dalam proses pewarisan sifat (struktur dan macam DNA dan kromosom)
4.3.2 Mempresentasikan model/charta/animasi atau poster untuk mensimulasi proses sintesis protein serta DNA dan kromosom dalam proses pewarisan sifat hasil rancangan yang dihasilkan

Topik :
Materi Genetik
Subtopik:
-   Kromosom
-   Gen
-   DNA
-   Sintesis Protein dan pembentukan sifat makhluk hidup





Artikel Terkait

K13: Contoh Format Analisis Keterkaitan KI dan KD dengan Indikator Pencapaian Kompetensi dan Materi Pembelajaran
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email