Friday 29 April 2016

Karakteristik Umum Timbal (Pb) Menurut Pakar Toksikologi

Timbal atau dalam keseharian lebih dikenal dengan nama timah hitam, dalam bahasa ilmiahnya dinamakan plumbum, dan logam ini disimbolkan dengan Pb. Logam ini termasuk kedalam kelompok logam-logam golongan IV-A pada table periodik unsur kimia. 

Selain itu, Pb memiliki nomor atom (NA) 82 dengan bobot atau berat atom (BA) 207,2. Timah hitam (Pb) tergolong kedalam logam berat, Di alam Pb terdapat dalam bentuksenyawa sulfat (PbSO4), karbonat (PbCO3) dan sulfida (PbS) (Clarke, 1981). 

Timah hitam (Pb)merupakan bahan toksik yang mudah terakumulasi dalam organ manusia dan dapat mengakibatkan gangguan  kesehatan berupa anemia, gangguan fungsi ginjal, gangguan sistemsaraf, dan otak dan kulit (Kumar, De, 1979).

Penyebaran logam timbal di Bumi sangat sedikit. Jumlah timbal yang terdapat di seluruhlapisan bumi hanyalah 0.0002 % dari jumlah seluruh kerak bumi. Jumlah ini sangat sedikit jikadibandingkan dengan jumlah kandungan logam berat lainnya yang ada di bumi.

Jalur masuknya timbal ke dalam tubuh manusia melalui saluran pernapasan (respirasi), juga melalui saluran  pencernaan (gastrointestinal), kemudian didistribusikan ke dalam darah, danterikat pada sel darah. 

Sebagian Pb disimpan dalam jaringan lunak dan tulang, sebagian diekskresikan lewat kulit, ginjal dan usus besar (Darmono,2001).


Artikel Terkait

Karakteristik Umum Timbal (Pb) Menurut Pakar Toksikologi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email