Judul Ujian Praktik : Uji Urine
Tujuan :
Mengetahui pH urine, kandungan amonia,
kandungan klorida,
kandungan glukosa, protein di dalam urine
Alat dan bahan:
1. Tabung reaksi (5 buah)
2. 1 set rak tabung reaksi
3. Gelas ukur kecil 50 mL dan sejenisnya
4. Pipet tetes
5. Spiritus
6. Kertas indikator pH universal
7. Penjepit tabung reaksi
8. Lampu bunsen dan pembakar spiritus
9. Korek api
10. Urine segar
11. Larutan biuret
12. Larutan benedict/Fehling A dan Fehling B
13. Larutan AgNo3
Langkah Kerja:
Kegiatan 1: Mengukur pH urine
·
Masukkan
kertas indikator pH universal ke dalam urine
·
Mengamati
perubahan warnanya
·
Cocokkan
warnanya dengan kertas standar pH
·
Berapa
pH-nya, dan apa artinya?
Kegiatan 2: Mengetahui Adanya Amonia
Pada Urine
·
Masukkan
1 mL urine ke dalam tabung reaksi
·
Jepit
tabung reaksi, dan lalu panaskan tabung reaksi dengan lampu spiritus
·
Bagaimanakah
baunya?
Kegiatan 3: Mengetahui Kandungan
Klorida Pada Urine
·
Masukkan
2 mL urine ke dalam tabung reaksi
·
Tambahkan
larutan AgNO3 5%
·
Apakah
yang terjadi? Mengapa demikian?
Kegiatan 4: Uji Glukosa
·
Isilah
tabung reaksi dengan 2 mL urine
·
Dengan
menggunakan pipet tetes, tambahkan 5 tetes larutan Fehling A dan Fehling B
(Benedict) pada urine yang ada pada tabung reaksi
·
Jepit
tabung reaksi, lalu panaskan dengan lampu spiritus, lalu catat perubahan warna
yang terjadi
·
Apa
kesimpulan anda tentang urine yang anda amati? Jelaskan jawabanmu
Kegiatan 5: Uji protein
·
Isilah
tabung reaksi dengan 2 mL urine
·
Dengan
menggunakan pipet tetes, tambahkan 5 tetes larutan biuret pada urine yang ada
di dalam tabung reaksi, biarkan selama 5 menit
·
Amati
perubahan warna yang terjadi
·
Apa
yang dapat anda simpulkan tentang urine yang anda amati? Berikan penjelasannya
!
TABEL HASIL PENGAMATAN:
No.
|
Nama Siswa
|
Uji Kandungan
Protein
|
Uji Kandungan
Glukosa
|
||||
|
|
pH
urine
|
Warna
urine mula-mula
|
Warna
urine setelah ditetesi biuret
|
pH
urine
|
Warna
urine mula-mula
|
Warna
urine setelah ditetesi benedict
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Hal-Hal yang dibahas dalam pembuatan
laporan praktikum (laporan dikumpul per individu, jadi masing-masing siswa
mengerjakan laporan sendiri-sendiri berdasarkan hasil praktikum dari tiap-tiap
kelompok). Point 1 sampai 8 ini sebagai panduan untuk mengerjakan laporan
individu, kerjakan di kertas folio bergaris.
1.
Halaman cover
2.
Judul praktikum
3.
Tujuan praktikum
4. Alat dan bahan
5. Prosedur kerja
(langkah kerja)
6. Landasan teori
(minimal 1 sumber buku, internet, dll)
7.
Hasil pengamatan dan pembahasan
8.
Daftar pustaka
Point-point penting yang harus ada
dalam hasil pengamatan dan pembahasan:
1. Hasil pengamatan berisi tabel hasil
pengamatan untuk masing-masing hasil pengamatan per kelompok
2. Pembahasan berisi point tentang:
a) Jelaskan bagaimana fungsi ginjal
sebagai alat ekskresi
b) Jelaskan bagaimana tahapan dalam proses
pembentukan urine, serta dimana tempat terjadinya !
c) Silakan dibahas dan dianalisis hasil
pengamatan pada tabel yang telah dibuat, hal ini menyangkut analisa terhadap
tiap-tiap pH urine tiap siswa, hasil uji protein dan uji kandungan glukosa pada
urine tiap-tiap individu
d) Bagaimanakah sifat urine manusia:
Asam, basa, atau netral? Jelaskan !
e) Jelaskan kandungan urine normal pada manusia
!
f) Bahan-bahan/zat-zat terlarut apa
sajakah yang terdapat pada urine primer dan urine sekunder pada ginjal manusia?
g) Mengapa ada perbedaan warna urine dan
perbedaan pH serta hasil uji urine untuk tiap-tiap individu
h) Bagaimana fungsi larutan benedict dan
biuret dalam pengujian kandungan protein maupun uji kandungan glukosa !
i) Cantumkan juga faktor-faktor yang
menyebabkan adanya perbedaan warna urine seseorang sebelum dilakukan tes uji
glukosa dan uji protein;
j) Berdasarkan hasil percobaan uji urine
bersama temanmu, apakah ada gangguan atau kelainan yang terjadi pada kandungan
urine di antara teman kelompokmu? Gangguan/penyakit apa yang mungkin diderita
oleh temanmu tersebut? Bagaimana solusi untuk mencegah penyakit tersebut.
k) Tuliskan kelainan/penyakit yang
mungkin dapat diketahui dari hasil pemeriksaan urine seseorang?
PANDUAN PRAKTIKUM SISTEM EKSKRESI KELAS XI IPA SMA YADIKA NATAR LAMPUNG SELATAN
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.