Skip to main content

Kata Kerja Operasional (KKO) Ranah KOGNITIF Menurut B. Bloom, dkk:1956


Tabel: KKO RANAH KOGNITIF,  by B.Bloom, dkk:1956

Pengetahuan
(C.1)
Pemahaman
(C.2)
Penerapan
(C.3)
Analisis
(C.4)
Sintesis
(C.5)
Evaluasi
(C.6)
Mengutip;
Menyebutkan;  Menggambar/men Menngenalkan
Mengidentifikasi;
Membilang;
Mendaftar;
Menunjukkan; Memberi indeks;
Memberi label;
Menamai;
Memasangkan;
Menandai;
Menamai;
Membaca;
Menyadari;
Menghafal;
Meniru;
Mereproduksi;
Mengulang;
Mencatat;
Meninjau;
Memilih;
Menyatakan;
Mempelajari;
Mentabulasi;
Memberi kode; Menelusuri;
Menulis.




Memperkirakan;
Menjelaskan;
Mengkategorikan; Mencirikan;
Mengasosiasikan
Membandingkan; Menghitung;
Mengkontraskan;
Mengubah;
Mempertahankan;
Menjalin;
Mengonstruksikan;
Menguraikan;
Mendiskusikan;
Menggali; Merangkum;
Mencontohkan;
Mempolakan
Menerangkan;
Mengemukakan; Menyimpulkan;
Memperluas; Menjabarkan.

Menugaskan;
Mengurutkan;
Menentukan;
Menerapkan;
Menyesuaikan;
Mengkalkulasi;
Memodifikasi;
Menghitung;
Membangun;
Menyusun;
Mengklasifikasi;
Membiasakan;
Mencegah;
Menentukan;
Menggunakan;
Menggambarkan
Mengukur;
Melatih;
Menyimpulkan;
Menunjukkan;
Mengemukakan; Mengoperasikan;
Mengkonsepkan
Menggali; Mengadaptasi; Menyelidiki; Mempersoalkan;
Mengoperasikan
Melaksanakan;
Memproses; Mengaitkan; Memecahkan;
Mensimulasikan
Melakukan;
Mentabulasi;
Meramalkan.
Menganalisis; Mengaudit; Memecahkan; Menegaskan; Mendiagnosis;
Mendeteksi; Menyeleksi; Merinci; Menominasikan; Mendiagramkan;
Mengkorelasikan
Merasionalkan;
Menguji; Mencerahkan; Menjelajah; Membagankan;
Membedakan; Menemukan; Memaksimalkan; Menelaah; Mengaitkan;
Memerintahkan;  Memilih; Melatih; Mengedit;
Mentransfer.

Mengabstraksi; Mangatur; Menganimasi; Mengumpulkan; Menciptakan;
Mengategorikan; Mengode; Mengarang;
Menyusun;
Membangun; Menanggulangi;
Mengombinasikan; Menghubungkan; Mengkreasikan; Merencanakan;
Menciptakan; Mengoreksi; Merancang; Meningkatkan; Memfasilitasi;
Mendikte; Memperjelas; Membentuk; Merumuskan; Menggeneralisasi;
Menggabungkan; Memadukan; Membatas; Mereparasi;
Menampilkan;
Memproduksi;
Menyiapkan;
Merekonstruksi.
Membandingkan;  Menilai; Mengarahkan; Mengritik;
Memvalidasi; Menimbang; Memutuskan; Memisahkan; Memprediksi;
Memperjelas;  Menafsirkan; Mempertahankan; Memilih;
Memerincikan; Membuktikan; Mendukung;
Mengetes;
Memproyeksikan.
  1. Knowledge, Kemampuan mengingat (misalnya: nama ibu kota, rumus).
  2. Comprehension, Kemampuan memahami (misalnya: menyimpulkan suatu paragraf).
  3. Application, Kemampuan Penerapan (misalnya: menggunakan suatu informasi/ pengetahuan yang diperolehnya untuk memecahkan masalah). 
  4. Analysis, Kemampuan menganalisis suatu informasi yang luas menjadi bagian-bagian kecil (Misalnya: menganalisis bentuk, jenis atau arti suatu puisi).
  5. Synthesis, Kemampuan menggabungkan beberapa informasi menjadi suatu kesimpulan (misalnya: memformulasikan hasil penelitian di laboratorium).
  6. Evaluation, Kemampuan mempertimbangkan mana yang baik dan mana yang buruk dan memutuskan untuk mengambil tindakan tertentu.
*)Untuk penyusunan soal, sesuai dengan indikator yang telah disusun dalam silabus, hendaknya   memiliki tingkat berpikirdari  menengah sampai tinggi.

SILAKAN ANDA PELAJARI JUGA: Kata Kerja Operasional (KKO) Ranah KOGNITIF Menurut B. Bloom, dkk:1956

Popular posts from this blog

Contoh Surat Undangan Untuk Majelis Taklim, Kajian Islam dan Acara Keagamaan

Ingat:  Beri Kop/Kepala Surat Dari Lembaga Yang Bersangkutan Pada Bagian Ini* Contoh: Nomor     :  0 06 /B/Pan- Pel Begawi 4 /UKM Birohmah /UL/I V /201 2 Lampiran :  - Perihal     :  Undangan Yth. Ibu Pengurus MajelisTaklim .................................................. Di Tempat Assalamu‘alaikumWr.Wb. Puji dan syukurkehadirat Allah swt. atassegalanikmat yang diberikan-Nyakepadakita.  Shalawat dan salamselalutercurahkepada Nabi Muhammad SAW.  Sehubungandengan akan diadakannyakegiatan Ta bligh Akbar bersama Dai Muda ANTV Nizam Zulfikar dalamrangkaianacara Begawi 4 dengantema “ Al-Quran Sumber Inspirasi ” oleh UKM Birohmah Unila yang insya Allah dilaksanakanpada : Hari/ tanggal       : Sabtu/ 5 April 201 2     Waktu                 : 08.00 s.d...

Contoh Surat Resmi Lamaran Kerja di PT. Mega Central Finance

                                                                                          Bandar Lampung, 9 Oktober 2015 Yth : Pimpinan PT. Mega Central Finance Di tempat Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini : nama                                                      : Rizki Faya Islami, S.Pd tempat / tanggal lahir                         ...

Sintak/Langkah-Langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Menurut Para Ahli

               Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) Menurut   Pannen, Mustafa, dan Sekarwinahayu (dalam Supriyadi, 2010:13).Model PBL berfokus pada penyajian suatu permasalahan( nyata atau simulasi ) pada siswa. Kemudian siswa diminta mencari pemecahan melalui serangkaian percobaan yang berdasarkan teori dan konsep dari suatu bidang ilmu. Pembelajaran berbasis masalah (PBM) merupakan istilah yang diadopsi dari bahasa Inggris Problem Based Learning ( PBL ).   Menurut Ratumanan (dalam Trianto, 2009:92), pengajaran berdasarkan masalah merupakan pendekatan yang efektif untuk pengajaran proses berpikir ting­­­kat tinggi sehingga membantu siswa untuk memproses informasi dan menyusun pengetahuan mereka sendiri. Pada model pembelajaran berbasis masalah, kelompok-kelompok kecil siswa bekerja sama memecahkan suatu masalah yang telah disepakati oleh siswa dan guru.   Dalam hal ini, pembelajaran dimu...