Belajar Biologi dan Pendidikan

 
Mohon Maaf Atas Ketidaknyamanannya. Blog Masih dalam tahap renovasi ulang. Blog akan di setting sedemikian rupa, sehingga loading semakin ringan dan isi konten akan segera anda baca. Terimakasih sudah berkunjung.

.

Memaknai Jenis Dan Ragam-Ragam Penelitian Kausal Komparatif


Menurut Ibnu Hajar dalam ”Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan” (1990), mengatakan bahwa ”Semua penelitian mempunyai tujuan utama yang sama yaitu untuk memperoleh pengetahuan yang berdasarkan bukti-bukti empiris namun demikian, karena bentuk dan coraknya bermacam-macam, ia dapat diklasifikasikan berdasarkan tinjauan yang berbeda”. Sedangkan menurut Hasnunidah (2008), menyatakan bahwa penelitian yang dilakukan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab-akibat antara faktor tertentu yang mungkin menjadi penyebab gejala yang sedang diselidiki adalah penelitian kausal komparatif. 

Sementara itu, menurut Margono dalam (2000) bahwa dalam penelitian kausal komparatif memiliki Kekhususan:
(1). Pengumpulan data mengenai gejala yang diduga mempunyai hubungan sebab-akibat itu dilakukan setelah peristiwa yang dipermasalahkan itu telah terjadi.
(2). Suatu gejala yang diamati, diusut kembali dari suatu faktor atau beberapa faktor pada masa lampau.

Adapun karakteristik/contoh yang menjadi patokan  pada jenis penelitian ini, yaitu adanya:
Gejala: Siswa malas belajar
Sebab: Pembelajaran yang disampaikan guru kurang menarik
Akibat: Prestasi belajar siswa menurun
Menurut Arikunto (2006) menyatakan bahwa langkah-langkah penelitian tersebut selengkapnya adalah sebagai berikut:

1. memilih masalah;
2. studi pendahuluan;
3. merumuskan maslah;
4. merumuskan anggapan dasar;
   4a. merumuskan hipotesis
5. memilih pendekatan;
6. (a) menentukan variabel dan (b) sumber data
7. menentukan dan menyusun instrumen
8. mengumpulkan data
9. analisis data
10. menarik kesimpulan
11. menulis laporan penelitian



Comments :

0 comments to “Memaknai Jenis Dan Ragam-Ragam Penelitian Kausal Komparatif”