Belajar Biologi dan Pendidikan

 

.

Memaknai Jenis Dan Ragam-Ragam Penelitian Kausal Komparatif


Menurut Ibnu Hajar dalam ”Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan” (1990), mengatakan bahwa ”Semua penelitian mempunyai tujuan utama yang sama yaitu untuk memperoleh pengetahuan yang berdasarkan bukti-bukti empiris namun demikian, karena bentuk dan coraknya bermacam-macam, ia dapat diklasifikasikan berdasarkan tinjauan yang berbeda”. Sedangkan menurut Hasnunidah (2008), menyatakan bahwa penelitian yang dilakukan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab-akibat antara faktor tertentu yang mungkin menjadi penyebab gejala yang sedang diselidiki adalah penelitian kausal komparatif. 

Sementara itu, menurut Margono dalam (2000) bahwa dalam penelitian kausal komparatif memiliki Kekhususan:
(1). Pengumpulan data mengenai gejala yang diduga mempunyai hubungan sebab-akibat itu dilakukan setelah peristiwa yang dipermasalahkan itu telah terjadi.
(2). Suatu gejala yang diamati, diusut kembali dari suatu faktor atau beberapa faktor pada masa lampau.

Adapun karakteristik/contoh yang menjadi patokan  pada jenis penelitian ini, yaitu adanya:
Gejala: Siswa malas belajar
Sebab: Pembelajaran yang disampaikan guru kurang menarik
Akibat: Prestasi belajar siswa menurun
Menurut Arikunto (2006) menyatakan bahwa langkah-langkah penelitian tersebut selengkapnya adalah sebagai berikut:

1. memilih masalah;
2. studi pendahuluan;
3. merumuskan maslah;
4. merumuskan anggapan dasar;
   4a. merumuskan hipotesis
5. memilih pendekatan;
6. (a) menentukan variabel dan (b) sumber data
7. menentukan dan menyusun instrumen
8. mengumpulkan data
9. analisis data
10. menarik kesimpulan
11. menulis laporan penelitian



Comments :

0 comments to “Memaknai Jenis Dan Ragam-Ragam Penelitian Kausal Komparatif”

Profil Saya di Google+

Blog Archive