BENTUK PENILAIAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMPN 1 Natar Lampung
Selatan
Mata Pelajaran : IPA TERPADU (BIOLOGI)
Kelas/Semester : IX B/1
Materi Pokok : ....................................
No
|
Indikator
|
Penilaian
|
Kelompok
|
|||
I
|
II
|
III
|
dst
|
|||
1.
|
Aktivitas siswa
|
Mengajukan Pertanyaan
|
|
|
|
|
Mengajukan Pendapat
|
|
|
|
|
||
Menanggapi Pernyataan
|
|
|
|
|
||
2.
|
Kemampuan dalam presentasi
|
Kemampuan menyampaikan materi hasil
diskusi
|
|
|
|
|
Kemampuan Menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
Petunjuk Pengisian:
@ Untuk aktivitas siswa, cukup guru yang menilai
langsung saat terjadi diskusi antar kelompok, sedangkan kemampuan dalam
presentasi tiap kelompok akan mendapat penilaian dari kelompok lain (point
nomor 2).
@ Rentang pemberian nilai pada point nomor 2 yaitu
60-80 yang dinilai dari kelompok lain. Sedangkan penilaian pada pointer nomor 1
yaitu dengan memberi tanda ceklish (√). Maksimal ceklish yaitu 5 dengan skor
masing2 ceklish yaitu 20.
Contoh Lembar Penilaian Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.