RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu : 4 X
40’
Standar Kompetensi : 3. Memahami
wujud zat dan perubahannya
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1. Menyimpulkan bahwa massa jenis merupakan
ciri khas suatu zat.
2. Menyimpulkan pengaruh massa dan volume
terhadap massa jenis suatu zat.
3. Menghitung massa jenis suatu zat.
4. Mengaplikasikan konsep massa jenis dalam
kehidupan sehari-hari.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran : Massa Jenis
Metode Pembelajaran : Model:
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode:
- Diskusi kelompok
- Eksperimen
Langkah-langkah
Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
. Motivasi dan apersepsi
- Apakah wujud zat dapat dibedakan
berdasarkan massa jenisnya?
- Apakah massa dan volume mempengaruhi massa
jenis suatu zat?
. Prasyarat pengetahuan
- Apakah massa jenis merupakan ciri khas
suatu zat?
- Faktor apakah yang mempengaruhi massa jenis
suatu zat?
. Pra eksperimen
- Berhati-hatilah menggunakan peralatan
laboratorium.
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membimbing peserta didik dalam
pembentukan kelompok.
F Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mengambil neraca dua lengan, mistar, kayu, besi, alumunium, busa dan karet.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan massa jenis sebagai ciri khas suatu zat.
F Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen pengaruh massa dan volume benda terhadap massa jenisnya.
F Guru memeriksa kegiatan eksperimen yang
dilakukan oleh peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum.
Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan
benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya
untuk membuat kesimpulan dari data percobaan.
F
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal.
F
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan
memberikan informasi yang sebenarnya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
. Motivasi dan apersepsi
- Bagaimana menghitung massa jenis suatu zat?
- Mengapa air laut di muara sungai tidak
dapat segera bercampur dengan air sungai?
. Prasyarat pengetahuan
- Apakah rumus massa jenis suatu zat?
- Bagaimana aplikasi konsep massa jenis dalam
kehidupan sehari-hari?
a. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi massa
jenis suatu zat.
F
Guru
memberikan contoh soal cara menghitung massa jenis suatu zat.
F
Guru
menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai massa jenis
suatu zat di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
F
Guru
memberikan beberapa soal untuk dikerjakan oleh peserta didik.
F
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
F
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan aplikasi konsep massa jenis dalam
kehi-dupan sehari-hari.
F
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Sumber Belajar
a. Buku IPA Terpadu.
b. Buku kerja
c. Alat-alat praktikum
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menyelidiki proses pemuain pada zat padat, cair dan gas
·
Merencanakan percobaan sederhana untuk menunjukkan
pemuaian zat cair dan zat padat
·
Menunjukkan prinsip pemuian dalam teknologi misalnya
Bimetal
|
Observasi
Tes Unjuk kerja
Tes tertulis
|
Lembar observas
Uji petik kerja prosedur dan
produk
uraian
|
·
Menggunakan alat
Muschenbroek untuk mengamati pemuaian zat
·
Buatlah rancangan percobaan tentang pemuaian zat
·
Jelaskan cara kerja setrika listrik otomatis....
·
Jika
sebatang besi dibagi menjadi dua bagian, massa jenisnya....
a. tetap
b. menjadi
setengah massa jenis mula-mula
c.menjadi dua kali massa jenis mula-mula
d. menjadi seperempat massa jenis mula-mula
·
Di
muara sungai, air laut tidak dapat segera bercampur dengan air sungai.
Mengapa demikian?
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Contoh RPP Berkarakter Baik di SMP Kelas VII, Pada Materi Pokok Massa Jenis Zat
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.