Sunday 30 September 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VIII Pada Materi Pokok Konsep Atom, Ion, dan Molekul Pada Produk Bahan Kimia Tertentu


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
                                   
                                    Jenjang Sekolah           : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
                                    Mata Pelajaran             : IPA Terpadu
                                    Kelas/Semester                        : VIII / 1
                                    Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit


Standar Kompetensi 3
Menjelaskan Konsep Partikel Materi

Kompetensi Dasar 3.2
Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari

A.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat memahami konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
  2. Siswa dapat memahami perkembangan teori atom,ion, dan molekul
  3. Siswa dapat mendefinisikan pengertian atom, ion, dan molekul
  4. Siswa dapat memberikan contoh tentang atom, ion, dan molekul
  5. Siswa dapat memahami konsep ion
  6. Siswa dapat memberikan contoh tentang kation dan anion
  7. Siswa dapat memahami konsep molekul
  8. Siswa dapat memberikan contoh tentang molekul
  9. Siswa dapat membedakan molekul unsur dengan molekul senyawa dengan menggunakan simbol

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     Materi Pembelajaran
      Hubungan atom,ion dan molekul dengan produk kimia

C.     Metode Pembelajaran
1.     Pendekatan                   : Pendekatan kontekstual
2.     Metode                         : Diskusi-informasi
3.     Metode Pembelajaran   : Pembelajaran Kooperatif

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.     Kegiatan Pendahuluan
a.      Motivasi
      Pernahkah kamu membayangkan jika kertas kita sobek terus-menerus
b.      Pengetahuan Prasarat
      Siswa telah memahami arti materi

2.     Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

      3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E.     Kegiatan Pembelajaran
Diskusi-informsi di dalam kelas dilanjutkan mengerjakan soal-soal latihan

F.      Sumber Belajar
1.     Buku IPA terpadu.
2.     Buku-buku Pelajaran yang relevan.

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
  • Menjelaskan hubungan atom, ion dan molekul
  • Mendeskripsikan komponen penyusun salah satu produk kimia
Tes tulis


Tes tulis

Tes uraian


Tes uraian
Deskripsikan hubungan atom, ion dan molekul

Sebutkan komponen yang menyusun air accu




Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_______________________)
NIP/NIK :

Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas VIII Pada Materi Pokok Konsep Atom, Ion, dan Molekul Pada Produk Bahan Kimia Tertentu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email