Sunday 30 September 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP/MTs Kelas VIII Pada Materi Pokok Fotosintesis dan Respirasi

-->
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Jenjang Sekolah           :  S M P Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran             :  IPA Terpadu
Kelas / Semester          :  VIII / I
Alokasi waktu              :  4 X 40’ ( 2 xpertemuan )

Standar Kompetensi 2.
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.

Kompetensi Dasar 2.2.
Mendiskripsikan proses perolehan nutrisi dan tranformasi energi pada tumbuhan hijau

A.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan proses respirasi tumbuhan.
2.      Siswa dapat menjelaskan proses fotosintesis secara sederhana.
3.      Siswa dapat menjelaskan faktor – faktor yang mempengaruhi fotosintesis.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.  Materi Pembelajaran
      Proses perolehan nutrisi dan tranformasi energi pada tumbuhan hijau.

C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                   :  Pendekatan konsektual dan lingkungan.
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi dan eksperimen.
      3.  Model Pembelajaran     :  Pembelajaran kooperatif dan langsung.

D.  Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan Pertama
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Berupa apa alat respirasi pada tumbuhan ?
                  2)  Apakah yang diperlukan dalam proses transformasi ?
                 
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami struktur dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.

      2.  Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat menjelaskan proses respirasi tumbuhan.
F     Siswa dapat menjelaskan proses fotosintesis secara sederhana.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Dengan petunjuk guru siswa melakukan percobaan tentang respirasi dan fotosintesis dan dilanjutkan diskusi
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Guru membimbing  siswa untuk membuat kesimpulan.
F     Guru memberi tugas rumah.

      Pertemuan Kedua
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Faktor – faktor apakah yang berpengaruh pada fotosintesis.
                 
            b.  Pengetahuan Prasyarat
                  Siswa telah memahami peristiwa respirasi dan fotosintesis..

      2.  Kegiatan Inti    
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Siswa dapat menjelaskan faktor – faktor yang mempengaruhi fotosintesis.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Siswa berdiskusi dengan bimbingan guru tentang faktor yang mempengaruhi fotosintesis.
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

      3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.  Media Pembelajaran
      1.  Alat dan bahan
      2.  Model / Charta stomata, lenti sel, bulu akar.

F.  Sumber Pembelajaran        
·       Buku IPA yang relevan.
·       Model / Charta alat respirasi dan fotosintesis tumbuhan.
·       Siswa dan guru.

G.  Penilaian.  
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·       Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis
·       Melakukan dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis
·       Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis

Tes tulis




Tes unjuk kerja


Tes tulis
Tes PG




Uji petik kerja produk

Tes uraian
Bagian daun yang melakukan foto sintesis adalah ....
a. plastida         
c .lenti sel
b. stomata          d.kortex
Deskripsikan makna perubahan warna pada daun setelah ditetesi yodium

Sebutkan 2 faktor yang mempengaruhi pproses fotosintesis

                                                           
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_______________________)
NIP/NIK :

Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP/MTs Kelas VIII Pada Materi Pokok Fotosintesis dan Respirasi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email