Sunday 30 September 2012

Contoh RPP Berkarakter Keren---SMP/MTs Kelas VII Pada Materi Pokok Keanekaragaman Makhluk Hidup--Ciri-Ciri Makhluk Hidup


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                               :     SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester                 :     VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran                  :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                    :    2 X 40’

Standar Kompetensi           :     6.      Memahami keanekaragaman makhluk hidup.

 

Kompetensi Dasar              :     6.1    Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.


Tujuan Pembelajaran        :     Peserta didik dapat:
1.          Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
2.          Menyebutkan ciri-ciri makhluk tak hidup.
3.          Mengetahui reaksi tumbuhan terhadap rangsangan.
4.          Menentukan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan pengamatan.
5.          Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi.
6.          Menjelaskan perbedaan antara hewan dan tumbuhan.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran         :     Ciri-ciri Makhluk Hidup

Metode Pembelajaran        :     Model
                                                  -       Direct Instruction (DI)
                                                  -       Cooperative Learning
                                                  Metode
                                                  -       Diskusi kelompok
                                                  -       Observasi
                         

Langkah-langkah Kegiatan

a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Apakah perbedaan antara batu dengan ayam?
            -     Mengapa tumbuhan putri malu akan mengatup daunnya bila tersentuh?

      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah ciri-ciri makhluk hidup?
            -     Apakah perbedaan antara hewan dan tumbuhan?

b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
F     Menyebutkan ciri-ciri makhluk tak hidup.
F     Mengetahui reaksi tumbuhan terhadap rangsangan.
F     Menentukan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan pengamatan.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mencatat apa saja yang ditemukan.
F     Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya menyebutkan perbedaan makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup.
F     Wakil tiap kelompok diminta mengambil tumbuhan putri malu, batang korek api dan air.
F     Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengetahui reaksi tumbuhan putri malu terhadap rangsangan sentuh.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mengamati satu pot tanaman yang subur dan men-diskusikan mengapa di sekeliling tumbuhan induk banyak tumbuhan yang kecil-kecil.
F     Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen menanam kacang hijau, satu pot diletakkan di tempat terang dan satu lagi di tempat gelap.
F     Setelah 4-5 hari kemudian, peserta didik secara berkelompok diminta mengamati dan membuat kesimpulan dari kegiatan tersebut.
F     Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan antara hewan dan tumbuhan.
F     Peserta didik berdiskusi dengan kelompoknya untuk menyimpulkan hasil percobaan.
F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F     Guru memberikan tugas rumah, peserta didik diminta untuk mengamati makhluk hidup dalam daftar berikut:
                        -     jamur yang tumbuh pada roti             -     cacing tanah
                        -     biji yang sedang berkecambah           -     ikan      
                        -     daun pada pohon yang masih hidup  -     katak
                        -     tanaman berbunga                             -     diri kamu sendiri
                  Tuliskan masing-masing ciri makhluk hidup yang dapat kalian amati.

Sumber Belajar
a.   Buku IPA Terpadu
b.   Alat dan bahan praktikum
c.   Lingkungan





Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·  Mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup

·  Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi

·  Membedakan ciri tumbuhan dan hewan
Tes tertulis








Tes kinerja



Tes tertulis
PG









Ter unjuk kerja produk


Uraian


Berikut ini ciri yang bukan hanya dimiliki oleh mahluk hidup yaitu ...
a. tumbuh membesar
b. memerlukan sumber energi
c. memerlukan oksigen untuk pembakaran
d. beradaptasi terhadap lingkungan*

Pilihlah tiga  mahluk hidup yang ada di sekitar dan lidentifikasilah ciri-cirinya minimum 4 ciri, dan buatlah laporannya!

Manakah di antara ciri-ciri mahluk hidup yang dapat dipakai untuk membedakan hewan dan tumbuhan?

      Contoh Instrumen:
      -     Contoh tes unjuk kerja produk
            Mengetahui reaksi tumbuhan putri malu terhadap rangsangan sentuhan dan air.

Jenis rangsangan
Bagian tumbuhan yang diberi rangsangan
Reaksi tumbuhan
Sentuhan
 Ujung daun

 Pangkal daun

 Batang

Tetesan air
 Ujung daun

 Pangkal daun

 Batang


      -     Contoh tes PG
            Zat-zat sisa metabolisme yang harus dikeluarkan dari tubuh kita sebagai berikut, kecuali...
            a.   urin (air seni)                                                    
            b.   karbon dioksida
            c.   kelenjar pencernaan
            d.   keringat
      -     Contoh tes uraian
            Apakah tujuan makhluk hidup berkembang biak?
                         
                                                                                                                                                  
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :



Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter Keren---SMP/MTs Kelas VII Pada Materi Pokok Keanekaragaman Makhluk Hidup--Ciri-Ciri Makhluk Hidup
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email