Sunday 30 September 2012

Contoh RPP Berkarakter---SMP/MTs Kelas VII Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                               :     .SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester                 :     VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran                  :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                    :    4 X 40’

Standar Kompetensi           :     6.      Memahami keanekaragaman makhluk hidup.

 

Kompetensi Dasar              :     6.2   Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.


Tujuan Pembelajaran        :     Peserta didik dapat:
1.          Menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup.
2.          Menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup.
3.          Mengelompokkan hewan berdasarkan bentuk luar tubuh sebagai dasar klasifikasi.
4.          Mengetahui klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus.
5.          Mengetahui sistem klasifikasi 5 kingdom.
6.          Menuliskan nama ilmiah makhluk hidup.
7.          Menjelaskan tujuan kunci determinasi.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran         :     Klasifikasi Makhluk Hidup

Metode Pembelajaran        :     Model
                                                  -       Direct Instruction (DI)
                                                  -       Cooperative Learning
                                                  Metode
                                                  -       Diskusi kelompok
                                                  -       Observasi
               
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua :
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Bagaimana cara mengelompokkan makhluk hidup?
            -     Apakah nama ilmiah dari tanaman padi?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah dasar klasifikasi makhluk hidup?
            -     Bagaimana aturan untuk menulis nama ilmiah makhluk hidup?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
b.   Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup.
F     Menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup.
F     Mengelompokkan hewan berdasarkan bentuk luar tubuh sebagai dasar klasifikasi.
F     Mengetahui klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus.
F     Mengetahui sistem klasifikasi 5 kingdom.
F     Menuliskan nama ilmiah makhluk hidup.
F     Menjelaskan tujuan kunci determinasi.
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mencatat makhluk hidup yang ditemukan.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tujuan klasifikasi makhluk hidup.
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menentukan dasar dari klasifikasi makhluk hidup (berdasarkan ukuran tubuh, lingkungan tempat tinggal, manfaat dan jenis makanan).
F     Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil cawan petri, pinset, kaca pem-besar, belalang, kumbang, kupu-kupu, capung, udang, semut, lalat, laba-laba dan kaki seribu.
F     Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengelompokkan hewan berdasarkan bentuk luar tubuh sebagai dasar klasifikasi.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F     Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kelemahan dari beberapa dasar klasifikasi makhluk hidup yang telah ditentukan sebelumnya.
F     Guru menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus dan sistem klasifikasi 5 kingdom.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan beberapa kelebihan dari dasar klasi-fikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus dan sistem klasifikasi lima kingdom.
F     Guru menjelaskan aturan tata nama ilmiah makhluk hidup dan memberikan beberapa contoh nama ilmiah makhluk hidup.
F     Peserta didik dalam setiap kelompok berdiskusi untuk menuliskan nama ilmiah makhluk hidup yang ditemui di sekitar sekolah.
F     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
F     Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Guru menjelaskan tujuan adanya kunci determinasi dan memberikan contoh kunci determinasi untuk menempatkan makhluk hidup ke dalam suatu kingdom.

§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Sumber Belajar
a.   Buku IPA Terpadu
b.   Alat dan bahan praktikum
c.   Lingkungan

Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·  Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya

·  Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup

·  Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom

·  Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati

Ter tertulis





Tes tertulis



Tes tertulis




Tes unjuk kerja
PG






Uraian



Uraian




Uji petik  kerja produk
Ciri yang dengan mudah untuk membedakan antara kadal dan katak yaitu
a. kepala
b. kulit
c. alat gerak*
d. ekor
Apa sajakah keuntungan yang dapat kita peroleh dengan adanya pengklasifikasian makhluk hidup?

Buatlah tabel perbandingan untuk menunjukkan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom berdasar sel penyusunnya!

Dari gambar hewan yang sudah tersedia klasifikasikan berdasar ciri yang dapat diamati dan buatlah tabel klasifikasinya!

                                                                                                       
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :









Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---SMP/MTs Kelas VII Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email