Thursday 27 September 2012

Contoh Soal Pretest Materi Pokok Sistem Reproduksi Pada Manusia Kelas IX SMP

-->
SOAL-SOAL PRETEST IPA TERPADU (BIOLOGI)
KELAS IX SMPN 1 NATAR LAMPUNG SELATAN 2012, MATERI POKOK: SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA
 (PART 2/PERTEMUAN KE-4), SEMESTER GANJIL, WAKTU: 10 MENIT

A. SOAL-SOAL PILIHAN BENAR-SALAH (B/S)                 Nama: __________________________________________   Kelas: _____________
Petunjuk Khusus:
Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan menyimak soal secara seksama, kemudian berilah jawaban benar (B) atau salah (S) pada setiap pertanyaan yang diminta dan sesuaikan dengan jawaban yang anda pilih. Untuk jawaban benar (B) tidak perlu diberikan alasan, namun jika anda memilih pilihan jawaban salah (S) pada lembar jawaban maka artinya anda harus memberikan alasan jawaban anda tersebut. Hal ini merupakan bentuk tanggungjawab anda terhadap jawaban yang anda pilih. Masing-masing soal bernilai 100. JANGAN MENYONTEK ! HARAP JUJUR ! Ketahuan menyontek maka nilai akan dikurangi 30.

1.        (B/S) Reproduksi pada makhluk hidup terutama manusia bertujuan untuk melestarikan kelangsungan hidup generasi serta menambah jumlah jenisnya.
2.        (B/S)  Manusia melakukan perkembangbiakan secara aseksual
3.        (B/S)  Jumlah keseluruhan kromosom induk jantan dan betina pada manusia adalah 23 kromosom
4.        (B/S)  Proses reproduksi/fertilisasi pada manusia melibatkan dua alat kelamin, yaitu alat kelamin jantan dan betina. Dalam hal ini sel-sel sperma induk jantan harus fertil sedangkan sel telur induk betina harus steril.
5.        (B/S)  Pada masa kehamilan, embrio di dalam rahim dilindungi oleh selaput pembungkus seperti korion, amnion, sakus vitellinus (kantong kuning telur), dan alantois.
6.        (B/S) Terjadinya penyakit AIDS (Aquired Immuno Deficiency Syndrome) disebabkan karena prilaku seks seorang pria maupun wanita yang tidak benar (misalnya pada kasus heteroseksual/ganti-ganti pasangan, serta homoseksual/suka dengan sesama jenis). Karena pada kasus seperti ini akan memudahkan penyebarang virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) secara cepat.          #Selamat Mengerjakan#
                                    

Artikel Terkait

Contoh Soal Pretest Materi Pokok Sistem Reproduksi Pada Manusia Kelas IX SMP
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email