Saturday 6 October 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPA Matematika SMA Kelas X/10 Semester 1 Pada Materi Pokok Menggambar Grafik Fungsi Aljabar Sederhana, Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat dan Fungsi Kuadrat


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
Nama Sekolah           :         SMA YADIKA Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran          :        Matematika
Kelas / Semester         :        X (Sepuluh) / Ganjil

Standar Kompetensi :  2.      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.

Kompetensi Dasar     :  2.2. Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.

Indikator                    :           Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan,    fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi linear), dan fungsi kuadrat.

Alokasi Waktu        :     2 jam pelajaran (1 pertemuan).
A.     Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat menggambar grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi linear) dan fungsi kuadrat. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
     Karakter siswa yang diharapkan  : 
§        Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras
     Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§        Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri, Keorisinilan

B.     Materi Ajar
         Grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.

C.     Metode Pembelajaran
         Ceramah, tanya jawab.
        
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
·        Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan,    fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi linear), dan fungsi kuadrat
·     Siswa dapat Menggambar Grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.

D.     Langkah-langkah Kegiatan   
         Pendahuluan
      Apersepsi  :  Mengingat kembali fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi linear) dan fungsi kuadrat.
      Motivasi    :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menggambar grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi linear) dan fungsi kuadrat.
      Kegiatan Inti
&     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
         a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara menggambar grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi linear) dan fungsi kuadrat., kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 65-69 mengenai fungsi aljabar sederhana dan kuadrat, dan hal. 97-107 mengenai penggambaran grafik fungsi kuadrat). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)        
&     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
         a.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menggambar grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi linear) dan fungsi kuadrat. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
         b.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 99 mengenai               penggambaran grafik fungsi kuadrat. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
         c.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penggambaran grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 69 dan hal. 99 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
d.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 69 dan hal. 99. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
&     Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a.   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b.   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
         Penutup
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai penggambaran grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi penggambaran grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat dari soal-soal pada “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal 69 dan 99 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)

E.     Alat dan Sumber Belajar
         Sumber :    
         -     Buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 65-69, dan hal. 97-107).        
         -     Buku referensi lain.
         Alat :
         -     Laptop
         -     LCD
         -     OHP

               F.      Penilaian    
                        Teknik                         : tugas individu
                        Bentuk Instrumen :     uraian singkat
         Contoh Instrumen :    
         ·    Gambarkan grafik fungsi kuadrat dengan persamaan sebagai berikut.
               a.                  
               b. 
               c.                  

                                                                                                ...............,.................  
Mengetahui,                                                                           Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah


______________                                                                    _________________
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.


Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPA Matematika SMA Kelas X/10 Semester 1 Pada Materi Pokok Menggambar Grafik Fungsi Aljabar Sederhana, Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat dan Fungsi Kuadrat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email