RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA YADIKA Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / Ganjil
Standar Kompetensi : 2. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta
pertidaksamaan kuadrat.
Kompetensi Dasar : 2.2. Menggambar grafik fungsi
aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
Indikator : Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi
konstan, fungsi identitas, fungsi
modulus, fungsi linear), dan fungsi kuadrat.
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran (1 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat menggambar grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi
identitas, fungsi modulus, fungsi linear) dan fungsi kuadrat. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri,
Keorisinilan
B. Materi
Ajar
Grafik
fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menggambar
grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
|
·
Menggambar
grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi
linear), dan fungsi kuadrat
|
·
Siswa
dapat Menggambar Grafik
fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat
kembali fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi
modulus, fungsi linear) dan fungsi kuadrat.
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menggambar
grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi
modulus, fungsi linear) dan fungsi kuadrat.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa
pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja,
tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian
contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb) mengenai cara menggambar grafik fungsi aljabar sederhana
(fungsi konstan, fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi linear) dan fungsi
kuadrat., kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut
(Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil
Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 65-69 mengenai fungsi aljabar
sederhana dan kuadrat, dan hal. 97-107 mengenai penggambaran grafik fungsi
kuadrat). (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan cara menggambar grafik fungsi aljabar sederhana (fungsi
konstan, fungsi identitas, fungsi modulus, fungsi linear) dan fungsi kuadrat. (nilai yang ditanamkan:
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
b. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal.
99 mengenai penggambaran
grafik fungsi kuadrat. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras)
c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai penggambaran grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat dari
“Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 69 dan hal. 99 sebagai tugas individu. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
d. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas
Kelas” dalam buku paket pada hal. 69 dan hal. 99. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
Penutup
a.
Peserta didik membuat rangkuman dari
materi mengenai penggambaran grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi penggambaran grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi
kuadrat dari soal-soal pada “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal 69 dan 99
yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
E. Alat
dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA
ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal.
65-69, dan hal. 97-107).
- Buku referensi lain.
Alat
:
- Laptop
- LCD
- OHP
F. Penilaian
Teknik
: tugas individu
Bentuk
Instrumen : uraian singkat
Contoh
Instrumen :
· Gambarkan
grafik fungsi kuadrat dengan persamaan sebagai berikut.
a.
b.
c.
...............,.................
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
______________
_________________
NIP/NIK. NIP/NIK.
Contoh RPP Berkarakter---IPA Matematika SMA Kelas X/10 Semester 1 Pada Materi Pokok Menggambar Grafik Fungsi Aljabar Sederhana, Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat dan Fungsi Kuadrat
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.