RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA YADIKA Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / Ganjil
Standar Kompetensi: 1. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
Kompetensi Dasar : 1.1. Menggunakan aturan pangkat, akar,
dan logaritma.
Indikator : 1. Menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat.
2. Mengubah
bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan
sebaliknya.
3. Mengubah
suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya.
4. Mengidentifikasi
apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional
(bilangan bentuk akar).
5. Melakukan
operasi aljabar pada bentuk akar.
6. Merasionalkan
penyebut pecahan yang berbentuk akar.
7. Mengubah
bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya.
8. Mengubah
pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
9. Menyelesaikan
persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang
sama.
10. Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi menge-nai bilangan berpang-kat
(pangkat bulat positif, negatif, dan
nol), notasi Ilmiah, bilangan rasional, irrasional, atau bilangan bentuk akar,
operasi aljabar pada bentuk akar, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, serta
pangkat rasional.
11. Mengubah
bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya.
12. Melakukan
operasi aljabar pada bentuk logaritma.
13. Menentukan
logaritma dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian
(tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan
logaritma untuk perhitungan.
14. Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pengertian dan sifat - sifat
logaritma, serta cara menentukan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau
kalkulator.
Alokasi Waktu : 18 jam pelajaran (9
pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
a. Peserta didik dapat menyederhanakan bentuk
suatu bilangan berpangkat. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
b. Peserta didik dapat mengubah bentuk pangkat
negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya. (nilai yang
ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik dapat mengubah suatu bilangan
ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Kreatif, Kerja keras);
d. Peserta didik dapat mengidentifikasi apakah
suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau irrasional (bilangan bentuk
akar). (nilai yang ditanamkan:
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif);
e. Peserta
didik dapat melakukan operasi aljabar pada bentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Mandiri,
Kreatif, Kerja keras);
f. Peserta didik dapat merasionalkan penyebut
pecahan yang berbentuk akar. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Kreatif, Kerja keras);
g. Peserta didik dapat mengubah bentuk akar ke
bentuk pangkat, dan sebaliknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
h. Peserta didik dapat mengubah pangkat pecahan
negatif menjadi pangkat pecahan positif. (nilai yang ditanamkan: Mandiri,
Kreatif, Kerja keras);
i. Peserta
didik dapat menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen)
dengan bilangan pokok yang sama. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
j. Peserta
didik dapat mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Mandiri,
Kreatif, Kerja keras);
k. Peserta didik dapat melakukan operasi aljabar
pada bentuk logaritma. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
l. Peserta didik dapat menentukan logaritma dan
antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel
logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan
logaritma untuk perhitungan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri,
Keorisinilan
B. Materi
Ajar
a. Sifat-sifat bilangan berpangkat dengan
pangkat bulat positif, pangkat bulat negatif, dan nol.
b. Notasi
ilmiah.
c. Bilangan rasional.
d. Bilangan
irrasional (bilangan bentuk akar).
e. Operasi aljabar pada bentuk akar.
f. Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar.
g. Pangkat rasional:
-
Bilangan
berbentuk atau untuk dan himpunan bilangan asli.
-
Mengubah
pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
-
Persamaan
pangkat sederhana dengan bilangan pokok sama.
h. Pengertian logaritma.
i. Sifat-sifat
logaritma (operasi aljabar logaritma).
j. Penentuan
logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator.
k. Logaritma
untuk perhitungan.
B.
Metode
Pembelajaran
Ceramah,
tanya jawab, diskusi kelompok.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memecahkan
aturan pangkat, akar, dan logaritma
·
Menyederhanakan
bentuk suatu bilangan berpangkat
|
·
Mengubah
bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya
·
Mengubah
pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
|
·
Siswa
Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan
bilangan pokok yang sama.
·
Siswa
berlatih Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar.
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali beberapa
jenis bilangan dan penulisannya.
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam
menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bilangan berpangkat bulat
positif, negatif, dan nol, juga terbantu dalam menyederhanakan penulisan
bilangan dengan notasi ilmiah.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa
pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja,
tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian
contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb) mengenai cara menyederhanakan bentuk suatu bilangan
berpangkat, mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk
pangkat positif, dan sebaliknya, serta mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi
ilmiah, dan sebaliknya, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan
materi tersebut. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS
Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 1-6
mengenai bilangan berpangkat bulat positif, hal. 7-9 mengenai bilangan
berpangkat bulat negatif dan nol, dan hal. 10-12 mengenai notasi ilmiah). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan sifat-sifat bilangan berpangkat bulat positif atau
negatif, cara menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat, mengubah bentuk
pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya,
serta mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin
tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta didik dan guru secara bersama - sama
membahas contoh dalam buku paket pada hal. 5-6 mengenai penyederhanaan bentuk
suatu bilangan berpangkat, hal. 8 mengenai pengubahan bentuk pangkat negatif
dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya, serta hal. 10,
11 mengenai cara menyatakan suatu bilangan yang sangat besar atau sangat kecil
ke dalam bentuk notasi ilmiah.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai penyederhanaan bentuk suatu bilangan berpangkat, pengubahan bentuk
pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, pengubahan suatu
bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya, penentuan hasil operasi
aljabar bilangan dalam notasi ilmiah, serta pengurutan bilangan dalam notasi
ilmiah dari yang terkecil hingga yang terbesar, dari “Aktivitas Kelas“ dalam
buku paket hal. 6, 9, 11, 12 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
c. Peserta
didik dan guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas
Kelas” dalam buku paket pada hal. 6, 9, 11, 12. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
d. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 12, 13 sebagai
tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
Penutup
a.
Peserta didik membuat rangkuman dari
materi bilangan berpangkat bulat positif, negatif, dan nol dengan
sifat-sifatnya, serta notasi ilmiah. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi bilangan berpangkat bulat positif, negatif, dan nol
dengan sifat-sifatnya, serta notasi ilmiah dari “Aktivitas Kelas“ yang belum
terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Pertemuan
Kedua
Pendahuluan
Apersepsi : - Mengingat kembali mengenai jenis-jenis
bilangan dan bilangan bentuk pecahan.
- Membahas PR.
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat memahami bilangan
rasional dan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa
pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja,
tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian
contoh-contoh materi untuk dap untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb) mengenai cara mengidentifikasi apakah suatu bilangan
termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar), kemudian
antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. (Bahan : buku
paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A,
karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal 14-17 mengenai bilangan rasional dan
bilangan irrasional (bilangan bentuk akar). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan cara mengiden-tifikasi apakah suatu bilangan termasuk
bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal.
15 mengenai pembuktian apakah suatu bilangan merupakan bilangan irrasional,
hal. 16 mengenai pengidentifikasian bilangan yang merupakan bilangan bentuk
akar, dan hal. 17 mengenai bilangan bentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai pengidentifikasian bilangan, yaitu apakah suatu bilangan termasuk
bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar), dan
penyederhanaan bilangan bentuk akar, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket
hal. 15, 16, 17 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
d. Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal.
15, 16, 17. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
a.
Peserta didik membuat rangkuman dari
materi bilangan rasional dan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar). (nilai yang ditanamkan:
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi bilangan rasional dan bilangan irrasional (bilangan
bentuk akar) dari soal-soal pada “Aktivitas Kelas“ yang belum terselesaikan di
kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
Pertemuan
Ketiga
Pendahuluan
Apersepsi : - Mengingat kembali mengenai bentuk akar.
- Membahas PR.
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat menentukan hasil
operasi aljabar pada bentuk akar, dan menyederhanakan bentuk akar.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta
didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru
(selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara melakukan operasi aljabar pada bentuk
akar. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X
Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 18-22 mengenai
operasi aljabar pada bentuk akar). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta
didik dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing
kelompok terdiri dari 3-5 orang. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
b. Dalam
kelompok, masing - masing peserta didik berdiskusi mengenai: (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
1. Cara menentukan hasil operasi aljabar
(penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) pada bentuk akar dengan
mengaplikasikan rumus - rumus bentuk akar.
2. Cara menyederhanakan bentuk akar dan .
c. Masing-masing
kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain
menanggapi. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
d. Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan
hasil operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) pada
bentuk akar dengan mengaplikasikan rumus-rumus bentuk akar. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
e. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal.
18 mengenai penyederhanaan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bentuk
akar, hal. 19 mengenai penyederhanaan operasi perkalian pada bentuk akar, hal.
20 mengenai penyederhanaan operasi pembagian pada bentuk akar, dan hal. 21
mengenai penyederhanaan bentuk akardan .(nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
f. Setiap
kelompok mengerjakan soal-soal mengenai penentuan hasil operasi penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bentuk akar, serta penyederhanaan
bentuk- bentuk akar, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket pada hal. 18, 19,
22 sebagai tugas kelompok berupa uraian singkat, dan kemudian membahas jawaban
soal-soal tersebut dengan guru. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
g. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas
Kelas” dalam buku paket pada hal. 18, 19, dan 22. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
h. Setiap
kelompok mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket pada hal. 22
sebagai tugas kelompok. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman dari materi operasi aljabar pada bentuk akar. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
c. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi operasi aljabar
pada bentuk akar berdasarkan latihan dalam buku paket pada hal. 22 yang belum
terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Pertemuan
Keempat
Pendahuluan
Apersepsi : - Mengingat
kembali mengenai bilangan rasional dan pembilang serta penyebut suatu pecahan.
- Membahas PR.
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat merasionalkan
penyebut pecahan bentuk akar.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa
pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja,
tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian
contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb) mengenai cara merasionalkan penyebut suatu pecahan yang
berbentuk akar, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi
tersebut. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X
Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal 23-28 mengenai
merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan cara merasional-kan penyebut pecahan yang berbentuk akar. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik dan guru secara bersama - sama membahas contoh dalam buku paket pada hal.
24 dan 25 mengenai cara merasionalkan penyebut suatu pecahan yang berbentuk
akar, kemudian menyederhanakan bentuk pecahan tersebut (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai perasionalan penyebut suatu pecahan yang berbentuk akar dan
penyederhanaan bentuk pecahan bilangan tersebut, dari “Aktivitas Kelas“ dalam
buku paket hal. 26 sebagai tugas individu berupa uraian singkat. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
d. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas
Kelas” dalam buku paket pada hal. 26. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
e. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 26-28 sebagai
tugas individu. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
a.
Peserta didik membuat rangkuman dari
materi mengenai perasionalan penyebut suatu pecahan yang berbentuk akar. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi perasionalan penyebut pecahan bentuk akar dari
soal-soal latihan yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Pertemuan
Kelima
Pendahuluan
Apersepsi : - Mengingat kembali mengenai bilangan
berpangkat, bilangan rasional, dan bentuk akar.
- Membahas PR.
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat mengubah bentuk akar
ke bentuk pangkat, dan sebaliknya, mengubah pangkat pecahan negatif menjadi
pangkat pecahan positif, dan menyelesaikan persamaan pangkat sederhana
(persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta
didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan
dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau
pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb) mengenai cara mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat,
dan sebaliknya, mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan
positif, dan menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen)
dengan bilangan pokok yang sama, kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA
dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk,
hal 28-36 mengenai pangkat rasional, yaitu hal. 28-31 mengenai bilangan
berbentuk atau untuk dan himpunan bilangan asli, hal. 32-33 mengenai mengubah pangkat
pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif, serta hal. 33-36 mengenai
persamaan pangkat sederhana dengan bilangan pokok sama). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan definisi bilangan dalam bentuk akar dan bilangan bentuk
pangkat pecahan, cara mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya,
mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif, dan
menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan
pokok yang sama.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal.
29 mengenai penghitungan akar pangkat n
suatu bilangan, hal. 30 mengenai pengubahan bilangan dengan pangkat pecahan ke
dalam bentuk bilangan dalam bentuk akar dan kemu-dian penghitungan nilai
bilangan tersebut, penyederhanaan hasil operasi bilangan berpang-kat pecahan,
hal. 32 mengenai pengubahan bilangan dengan pangkat pecahan negatif menjadi
pangkat pecahan positif kemudian menyatakan hasilnya dalam bentuk akar, dan
hal. 34 mengenai penyelesaian persamaan pangkat sederhana dengan bilangan pokok
sama. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai bilangan dalam bentuk akar dan bilangan dalam bentuk pangkat pecahan
dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 31, 33, 34 sebagai tugas individu. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
d. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas
Kelas” dalam buku paket pada hal. 31, 33, 34.
e. Peserta
didik memberikan uraian singkat seputar materi bilangan dalam bentuk akar dan
bilangan dalam bentuk pangkat pecahan (pangkat rasional) pada kuis yang
dilakukan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
f.
Peserta didik diingatkan untuk
mempelajari kembali sifat - sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat
positif, pangkat bulat negatif dan nol, notasi Ilmiah, bilangan rasional,
bilangan irrasional (bilangan bentuk akar), operasi aljabar pada bentuk akar,
merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, dan pangkat rasional untuk
menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
a.
Peserta didik membuat rangkuman dari
materi mengenai materi bilangan dalam bentuk akar dan bilangan dalam bentuk
pangkat pecahan (pangkat rasional). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi bilangan dalam bentuk akar dan bilangan dalam bentuk
pangkat pecahan (pangkat rasional) berdasarkan latihan hal. 35-36. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Pertemuan Keenam
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat
kembali mengenai sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif,
pangkat bulat negatif, dan nol, notasi Ilmiah, bilangan rasional, bilangan
irrasional (bilangan bentuk akar), operasi aljabar pada bentuk akar,
merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, dan pangkat rasional.
Motivasi : Agar
peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi
mengenai sifat-sifat bilangan berpangkat
(pangkat bulat positif, negatif, dan nol), notasi Ilmiah, bilangan rasional,
bilangan irrasional (bilangan bentuk akar), operasi aljabar pada bentuk akar,
merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, serta pangkat rasional.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta
didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di
atas meja karena akan diadakan ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta
didik diberikan lembar soal ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Guru
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah
selesai. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang
pengertian logaritma dan sifat-sifat logaritma.
Pertemuan
Ketujuh
Pendahuluan
Apersepsi : -
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat memahami pengertian
dan sifat-sifat dari logaritma (operasi aljabar logaritma), dapat mengubah
bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya, serta melaku-kan operasi
aljabar pada bentuk logaritma.
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta
didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru
(selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara mengubah bentuk pangkat ke bentuk
logaritma, dan sebaliknya, serta melakukan operasi aljabar pada bentuk
logaritma (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X
Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 36-38 mengenai
pengertian logaritma, dan hal. 38-43 mengenai sifat-sifat logaritma (operasi
aljabar logaritma)). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta
didik dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing
kelompok terdiri dari 3-5 orang. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
b. Dalam
kelompok, masing - masing peserta didik berdiskusi mengenai: (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
1. Definisi logaritma dan sifat-sifat logaritma.
2. Pengubahan bentuk logaritma ke
dalam bentuk pangkat, dan sebaliknya.
3. Penentuan
hasil operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan mengaplikasikan rumus-rumus
bentuk logaritma.
c. Masing-masing
kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain
menanggapi. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
d. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan definisi
logaritma dan sifat-sifat logaritma beserta pembuktiannya, cara mengubah bentuk
pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya, serta cara menentukan hasil
operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan mengaplikasikan rumus-rumus bentuk
logaritma. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
e. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal.
37, 38 mengenai penentuan logaritma suatu bilangan serta pengubahan bentuk
pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya, dan hal. 40-42 mengenai
penyederhanaan hasil operasi aljabar bilangan berbentuk logaritma berdasarkan
sifat-sifat logaritma. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
f. Setiap
kelompok mengerjakan soal-soal mengenai penentuan hasil logaritma suatu
bilangan, pengubahan bentuk pangkat ke bentuk logaritma, serta penyederhanaan
hasil operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) pada
bentuk logaritma, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket pada hal. 38 dan 42
sebagai tugas kelompok berupa uraian singkat, dan kemudian membahas jawaban
soal-soal tersebut dengan guru. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
g. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas
Kelas” dalam buku paket pada hal. 38 dan 42. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
h. Setiap
kelompok mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket pada hal. 43
sebagai tugas kelompok. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman dari materi mengenai definisi logaritma dan sifat-sifat
logaritma (operasi aljabar logaritma). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi definisi logaritma dan sifat-sifat logaritma (operasi
aljabar logaritma), pengubahan bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan
sebaliknya, serta penentuan hasil operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan
mengaplikasikan rumus-rumus bentuk logaritma berdasarkan latihan dalam buku
paket pada hal. 43 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Pertemuan
Kedelapan
Pendahuluan
Apersepsi : - Mengingat kembali mengenai sifat - sifat
logaritma.
- Membahas PR.
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat menentukan logaritma
dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel
logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan
logaritma untuk perhitungan.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta
didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan
dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau
pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb) mengenai cara menentukan logaritma dan antilogaritma
dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel
antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan logaritma untuk perhitungan,
kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan:
buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid
1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal 44-47 mengenai penentuan logaritma
suatu bilangan dengan tabel logaritma, hal. 47 mengenai penentuan logaritma
suatu bilangan dengan kalkulator, hal. 48-50 mengenai penentuan antilogaritma
suatu bilangan dengan tabel antilogaritma, hal. 50 mengenai penentuan
antilogaritma suatu bilangan dengan kalkulator, serta hal. 51-52 mengenai
penggunaan logaritma untuk perhitungan). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan
logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator, serta cara
menggunakan logaritma untuk perhitungan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal.
44 mengenai pengubahan bentuk logaritma suatu bilangan menjadi bentuk logaritma
berbasis 10, hal. 46 mengenai penentuan logaritma suatu bilangan dengan tabel
logaritma, hal. 49 mengenai penentuan antilogaritma suatu bilangan dengan tabel
antilogaritma, dan hal. 51 mengenai penggunaan logaritma untuk perhitungan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai penentuan logaritma dan antilogaritma suatu bilangan dengan tabel
logaritma, tabel antilogaritma, serta kalkulator, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal.
47 dan 50 sebagai tugas individu berupa uraian singkat. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
d. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas
Kelas” dalam buku paket pada hal. 47 dan 50. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
e. Peserta didik mengerjakan beberapa soal
latihan dalam buku paket hal. 52 sebagai tugas individu. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
f.
Peserta didik diingatkan untuk
mempelajari pengertian logaritma, sifat-sifat logaritma, penentuan logaritma
dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator, serta penggunaan logaritma
untuk perhitungan, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman dari materi mengenai penentuan logaritma dan
antilogaritma dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel
antilogaritma) atau kalkulator serta penggunaan logaritma untuk perhitungan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi penentuan
logaritma dan antilogaritma dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau
tabel antilogaritma) atau kalkulator serta penggunaan logaritma untuk
perhitungan, berdasarkan latihan dalam buku paket pada hal. 52 yang belum
terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Pertemuan
Kesembilan
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat
kembali mengenai pengertian logaritma, sifat-sifat logaritma, penentuan
logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator, serta penggunaan
logaritma untuk perhitungan.
Motivasi : Agar
peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi
mengenai pengertian logaritma, sifat-sifat logaritma, penentuan logaritma dan
antilogaritma dengan tabel atau kalkulator, serta penggunaan logaritma untuk
perhitungan.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta
didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di
atas meja karena akan diadakan ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri,
Kreatif, Kerja keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta
didik diberikan lembar soal ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Guru
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah
selesai. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang
penyederhanaan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
E. Alat
dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan
MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal.
1-52).
- Buku referensi lain.
Alat : Laptop ,LCD , OHP
F. Penilaian
Teknik
: tugas individu, tugas kelompok, kuis,
ulangan harian.
Bentuk
Instrumen : uraian singkat, pilihan ganda.
Contoh Instrumen :
1. Sederhanakanlah.
a. b.
2. Nyatakan
bilangan berikut dalam pangkat positif dan sederhanakan.
a. b.
3. Nyatakan
bilangan berikut dalam notasi ilmiah.
a. 0,0000002578 b. 820.000.000.000.000
4. Di antara bilangan-bilangan berikut, manakah
yang merupakan bilangan bentuk akar?
a. d.
b. e.
c. f.
5. Nyatakan penjumlahan dan pengurangan berikut
dalam bentuk akar yang sederhana.
a.
b.
6. Rasionalkan
penyebut tiap pecahan berikut.
a. d.
b. e.
c.
7. Nyatakan bilangan-bilangan berikut dalam
bentuk pangkat.
a. d.
b. e.
c.
8.
Sederhanakanlah bentuk
9.
Tentukan nilai x dari persamaan
10.
a.
d.
b. e.
c.
11. Sederhanakan bentuk akar berikut ini.
a. d.
b. e.
c.
12. Ubahlah ke dalam bentuk logaritma.
a. c.
b.
13. Sederhanakanlah
14. Tentukan nilai dari logaritma berikut.
a. log
45,458 d. log 0,098
b. log 144,3 e.
log 0,001
c. log 0,05
15. Nilai adalah…….
a. 5 d.
1,5
b. 2,5 e.
0,6
c. 2
16. Jika , maka =…
a. d.
b. e.
c.
...............,.................
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
______________
_________________
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : .....................................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / Ganjil
Standar Kompetensi: 1. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
Kompetensi Dasar : 1.1. Menggunakan aturan pangkat, akar,
dan logaritma.
Indikator : 1. Menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat.
2. Mengubah
bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan
sebaliknya.
3. Mengubah
suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya.
4. Mengidentifikasi
apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional
(bilangan bentuk akar).
5. Melakukan
operasi aljabar pada bentuk akar.
6. Merasionalkan
penyebut pecahan yang berbentuk akar.
7. Mengubah
bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya.
8. Mengubah
pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
9. Menyelesaikan
persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang
sama.
10. Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi menge-nai bilangan berpang-kat
(pangkat bulat positif, negatif, dan
nol), notasi Ilmiah, bilangan rasional, irrasional, atau bilangan bentuk akar,
operasi aljabar pada bentuk akar, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, serta
pangkat rasional.
11. Mengubah
bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya.
12. Melakukan
operasi aljabar pada bentuk logaritma.
13. Menentukan
logaritma dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian
(tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan
logaritma untuk perhitungan.
14. Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pengertian dan sifat - sifat
logaritma, serta cara menentukan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau
kalkulator.
Alokasi Waktu : 18 jam pelajaran (9
pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
a. Peserta didik dapat menyederhanakan bentuk
suatu bilangan berpangkat. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
b. Peserta didik dapat mengubah bentuk pangkat
negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya. (nilai yang
ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik dapat mengubah suatu bilangan
ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Kreatif, Kerja keras);
d. Peserta didik dapat mengidentifikasi apakah
suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau irrasional (bilangan bentuk
akar). (nilai yang ditanamkan:
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif);
e. Peserta
didik dapat melakukan operasi aljabar pada bentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Mandiri,
Kreatif, Kerja keras);
f. Peserta didik dapat merasionalkan penyebut
pecahan yang berbentuk akar. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Kreatif, Kerja keras);
g. Peserta didik dapat mengubah bentuk akar ke
bentuk pangkat, dan sebaliknya. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
h. Peserta didik dapat mengubah pangkat pecahan
negatif menjadi pangkat pecahan positif. (nilai yang ditanamkan: Mandiri,
Kreatif, Kerja keras);
i. Peserta
didik dapat menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen)
dengan bilangan pokok yang sama. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
j. Peserta
didik dapat mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Mandiri,
Kreatif, Kerja keras);
k. Peserta didik dapat melakukan operasi aljabar
pada bentuk logaritma. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
l. Peserta didik dapat menentukan logaritma dan
antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel
logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan
logaritma untuk perhitungan. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri,
Keorisinilan
B. Materi
Ajar
a. Sifat-sifat bilangan berpangkat dengan
pangkat bulat positif, pangkat bulat negatif, dan nol.
b. Notasi
ilmiah.
c. Bilangan rasional.
d. Bilangan
irrasional (bilangan bentuk akar).
e. Operasi aljabar pada bentuk akar.
f. Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar.
g. Pangkat rasional:
-
Bilangan
berbentuk atau untuk dan himpunan bilangan asli.
-
Mengubah
pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
-
Persamaan
pangkat sederhana dengan bilangan pokok sama.
h. Pengertian logaritma.
i. Sifat-sifat
logaritma (operasi aljabar logaritma).
j. Penentuan
logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator.
k. Logaritma
untuk perhitungan.
B.
Metode
Pembelajaran
Ceramah,
tanya jawab, diskusi kelompok.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memecahkan
aturan pangkat, akar, dan logaritma
·
Menyederhanakan
bentuk suatu bilangan berpangkat
|
·
Mengubah
bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya
·
Mengubah
pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
|
·
Siswa
Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan
bilangan pokok yang sama.
·
Siswa
berlatih Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar.
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali beberapa
jenis bilangan dan penulisannya.
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam
menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bilangan berpangkat bulat
positif, negatif, dan nol, juga terbantu dalam menyederhanakan penulisan
bilangan dengan notasi ilmiah.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa
pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja,
tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian
contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb) mengenai cara menyederhanakan bentuk suatu bilangan
berpangkat, mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk
pangkat positif, dan sebaliknya, serta mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi
ilmiah, dan sebaliknya, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan
materi tersebut. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS
Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 1-6
mengenai bilangan berpangkat bulat positif, hal. 7-9 mengenai bilangan
berpangkat bulat negatif dan nol, dan hal. 10-12 mengenai notasi ilmiah). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan sifat-sifat bilangan berpangkat bulat positif atau
negatif, cara menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat, mengubah bentuk
pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya,
serta mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin
tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta didik dan guru secara bersama - sama
membahas contoh dalam buku paket pada hal. 5-6 mengenai penyederhanaan bentuk
suatu bilangan berpangkat, hal. 8 mengenai pengubahan bentuk pangkat negatif
dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya, serta hal. 10,
11 mengenai cara menyatakan suatu bilangan yang sangat besar atau sangat kecil
ke dalam bentuk notasi ilmiah.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai penyederhanaan bentuk suatu bilangan berpangkat, pengubahan bentuk
pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, pengubahan suatu
bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya, penentuan hasil operasi
aljabar bilangan dalam notasi ilmiah, serta pengurutan bilangan dalam notasi
ilmiah dari yang terkecil hingga yang terbesar, dari “Aktivitas Kelas“ dalam
buku paket hal. 6, 9, 11, 12 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
c. Peserta
didik dan guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas
Kelas” dalam buku paket pada hal. 6, 9, 11, 12. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
d. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 12, 13 sebagai
tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
Penutup
a.
Peserta didik membuat rangkuman dari
materi bilangan berpangkat bulat positif, negatif, dan nol dengan
sifat-sifatnya, serta notasi ilmiah. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi bilangan berpangkat bulat positif, negatif, dan nol
dengan sifat-sifatnya, serta notasi ilmiah dari “Aktivitas Kelas“ yang belum
terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Pertemuan
Kedua
Pendahuluan
Apersepsi : - Mengingat kembali mengenai jenis-jenis
bilangan dan bilangan bentuk pecahan.
- Membahas PR.
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat memahami bilangan
rasional dan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa
pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja,
tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian
contoh-contoh materi untuk dap untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb) mengenai cara mengidentifikasi apakah suatu bilangan
termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar), kemudian
antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. (Bahan : buku
paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A,
karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal 14-17 mengenai bilangan rasional dan
bilangan irrasional (bilangan bentuk akar). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan cara mengiden-tifikasi apakah suatu bilangan termasuk
bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal.
15 mengenai pembuktian apakah suatu bilangan merupakan bilangan irrasional,
hal. 16 mengenai pengidentifikasian bilangan yang merupakan bilangan bentuk
akar, dan hal. 17 mengenai bilangan bentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai pengidentifikasian bilangan, yaitu apakah suatu bilangan termasuk
bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar), dan
penyederhanaan bilangan bentuk akar, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket
hal. 15, 16, 17 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
d. Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal.
15, 16, 17. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
a.
Peserta didik membuat rangkuman dari
materi bilangan rasional dan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar). (nilai yang ditanamkan:
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi bilangan rasional dan bilangan irrasional (bilangan
bentuk akar) dari soal-soal pada “Aktivitas Kelas“ yang belum terselesaikan di
kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
Pertemuan
Ketiga
Pendahuluan
Apersepsi : - Mengingat kembali mengenai bentuk akar.
- Membahas PR.
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat menentukan hasil
operasi aljabar pada bentuk akar, dan menyederhanakan bentuk akar.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta
didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru
(selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara melakukan operasi aljabar pada bentuk
akar. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X
Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 18-22 mengenai
operasi aljabar pada bentuk akar). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta
didik dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing
kelompok terdiri dari 3-5 orang. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
b. Dalam
kelompok, masing - masing peserta didik berdiskusi mengenai: (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
1. Cara menentukan hasil operasi aljabar
(penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) pada bentuk akar dengan
mengaplikasikan rumus - rumus bentuk akar.
2. Cara menyederhanakan bentuk akar dan .
c. Masing-masing
kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain
menanggapi. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
d. Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan
hasil operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) pada
bentuk akar dengan mengaplikasikan rumus-rumus bentuk akar. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
e. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal.
18 mengenai penyederhanaan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bentuk
akar, hal. 19 mengenai penyederhanaan operasi perkalian pada bentuk akar, hal.
20 mengenai penyederhanaan operasi pembagian pada bentuk akar, dan hal. 21
mengenai penyederhanaan bentuk akardan .(nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
f. Setiap
kelompok mengerjakan soal-soal mengenai penentuan hasil operasi penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bentuk akar, serta penyederhanaan
bentuk- bentuk akar, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket pada hal. 18, 19,
22 sebagai tugas kelompok berupa uraian singkat, dan kemudian membahas jawaban
soal-soal tersebut dengan guru. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
g. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas
Kelas” dalam buku paket pada hal. 18, 19, dan 22. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
h. Setiap
kelompok mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket pada hal. 22
sebagai tugas kelompok. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman dari materi operasi aljabar pada bentuk akar. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
c. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi operasi aljabar
pada bentuk akar berdasarkan latihan dalam buku paket pada hal. 22 yang belum
terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Pertemuan
Keempat
Pendahuluan
Apersepsi : - Mengingat
kembali mengenai bilangan rasional dan pembilang serta penyebut suatu pecahan.
- Membahas PR.
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat merasionalkan
penyebut pecahan bentuk akar.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa
pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja,
tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian
contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb) mengenai cara merasionalkan penyebut suatu pecahan yang
berbentuk akar, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi
tersebut. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X
Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal 23-28 mengenai
merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan cara merasional-kan penyebut pecahan yang berbentuk akar. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik dan guru secara bersama - sama membahas contoh dalam buku paket pada hal.
24 dan 25 mengenai cara merasionalkan penyebut suatu pecahan yang berbentuk
akar, kemudian menyederhanakan bentuk pecahan tersebut (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai perasionalan penyebut suatu pecahan yang berbentuk akar dan
penyederhanaan bentuk pecahan bilangan tersebut, dari “Aktivitas Kelas“ dalam
buku paket hal. 26 sebagai tugas individu berupa uraian singkat. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
d. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas
Kelas” dalam buku paket pada hal. 26. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
e. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 26-28 sebagai
tugas individu. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
a.
Peserta didik membuat rangkuman dari
materi mengenai perasionalan penyebut suatu pecahan yang berbentuk akar. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi perasionalan penyebut pecahan bentuk akar dari
soal-soal latihan yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Pertemuan
Kelima
Pendahuluan
Apersepsi : - Mengingat kembali mengenai bilangan
berpangkat, bilangan rasional, dan bentuk akar.
- Membahas PR.
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat mengubah bentuk akar
ke bentuk pangkat, dan sebaliknya, mengubah pangkat pecahan negatif menjadi
pangkat pecahan positif, dan menyelesaikan persamaan pangkat sederhana
(persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta
didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan
dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau
pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb) mengenai cara mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat,
dan sebaliknya, mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan
positif, dan menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen)
dengan bilangan pokok yang sama, kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA
dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk,
hal 28-36 mengenai pangkat rasional, yaitu hal. 28-31 mengenai bilangan
berbentuk atau untuk dan himpunan bilangan asli, hal. 32-33 mengenai mengubah pangkat
pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif, serta hal. 33-36 mengenai
persamaan pangkat sederhana dengan bilangan pokok sama). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan definisi bilangan dalam bentuk akar dan bilangan bentuk
pangkat pecahan, cara mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya,
mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif, dan
menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan
pokok yang sama.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal.
29 mengenai penghitungan akar pangkat n
suatu bilangan, hal. 30 mengenai pengubahan bilangan dengan pangkat pecahan ke
dalam bentuk bilangan dalam bentuk akar dan kemu-dian penghitungan nilai
bilangan tersebut, penyederhanaan hasil operasi bilangan berpang-kat pecahan,
hal. 32 mengenai pengubahan bilangan dengan pangkat pecahan negatif menjadi
pangkat pecahan positif kemudian menyatakan hasilnya dalam bentuk akar, dan
hal. 34 mengenai penyelesaian persamaan pangkat sederhana dengan bilangan pokok
sama. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai bilangan dalam bentuk akar dan bilangan dalam bentuk pangkat pecahan
dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 31, 33, 34 sebagai tugas individu. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
d. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas
Kelas” dalam buku paket pada hal. 31, 33, 34.
e. Peserta
didik memberikan uraian singkat seputar materi bilangan dalam bentuk akar dan
bilangan dalam bentuk pangkat pecahan (pangkat rasional) pada kuis yang
dilakukan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
f.
Peserta didik diingatkan untuk
mempelajari kembali sifat - sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat
positif, pangkat bulat negatif dan nol, notasi Ilmiah, bilangan rasional,
bilangan irrasional (bilangan bentuk akar), operasi aljabar pada bentuk akar,
merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, dan pangkat rasional untuk
menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
a.
Peserta didik membuat rangkuman dari
materi mengenai materi bilangan dalam bentuk akar dan bilangan dalam bentuk
pangkat pecahan (pangkat rasional). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi bilangan dalam bentuk akar dan bilangan dalam bentuk
pangkat pecahan (pangkat rasional) berdasarkan latihan hal. 35-36. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Pertemuan Keenam
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat
kembali mengenai sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif,
pangkat bulat negatif, dan nol, notasi Ilmiah, bilangan rasional, bilangan
irrasional (bilangan bentuk akar), operasi aljabar pada bentuk akar,
merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, dan pangkat rasional.
Motivasi : Agar
peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi
mengenai sifat-sifat bilangan berpangkat
(pangkat bulat positif, negatif, dan nol), notasi Ilmiah, bilangan rasional,
bilangan irrasional (bilangan bentuk akar), operasi aljabar pada bentuk akar,
merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, serta pangkat rasional.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta
didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di
atas meja karena akan diadakan ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta
didik diberikan lembar soal ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Guru
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah
selesai. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang
pengertian logaritma dan sifat-sifat logaritma.
Pertemuan
Ketujuh
Pendahuluan
Apersepsi : -
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat memahami pengertian
dan sifat-sifat dari logaritma (operasi aljabar logaritma), dapat mengubah
bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya, serta melaku-kan operasi
aljabar pada bentuk logaritma.
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta
didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru
(selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara mengubah bentuk pangkat ke bentuk
logaritma, dan sebaliknya, serta melakukan operasi aljabar pada bentuk
logaritma (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X
Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 36-38 mengenai
pengertian logaritma, dan hal. 38-43 mengenai sifat-sifat logaritma (operasi
aljabar logaritma)). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta
didik dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing
kelompok terdiri dari 3-5 orang. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
b. Dalam
kelompok, masing - masing peserta didik berdiskusi mengenai: (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
1. Definisi logaritma dan sifat-sifat logaritma.
2. Pengubahan bentuk logaritma ke
dalam bentuk pangkat, dan sebaliknya.
3. Penentuan
hasil operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan mengaplikasikan rumus-rumus
bentuk logaritma.
c. Masing-masing
kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain
menanggapi. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
d. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan definisi
logaritma dan sifat-sifat logaritma beserta pembuktiannya, cara mengubah bentuk
pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya, serta cara menentukan hasil
operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan mengaplikasikan rumus-rumus bentuk
logaritma. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
e. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal.
37, 38 mengenai penentuan logaritma suatu bilangan serta pengubahan bentuk
pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya, dan hal. 40-42 mengenai
penyederhanaan hasil operasi aljabar bilangan berbentuk logaritma berdasarkan
sifat-sifat logaritma. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
f. Setiap
kelompok mengerjakan soal-soal mengenai penentuan hasil logaritma suatu
bilangan, pengubahan bentuk pangkat ke bentuk logaritma, serta penyederhanaan
hasil operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) pada
bentuk logaritma, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket pada hal. 38 dan 42
sebagai tugas kelompok berupa uraian singkat, dan kemudian membahas jawaban
soal-soal tersebut dengan guru. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
g. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas
Kelas” dalam buku paket pada hal. 38 dan 42. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
h. Setiap
kelompok mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket pada hal. 43
sebagai tugas kelompok. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman dari materi mengenai definisi logaritma dan sifat-sifat
logaritma (operasi aljabar logaritma). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi definisi logaritma dan sifat-sifat logaritma (operasi
aljabar logaritma), pengubahan bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan
sebaliknya, serta penentuan hasil operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan
mengaplikasikan rumus-rumus bentuk logaritma berdasarkan latihan dalam buku
paket pada hal. 43 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Pertemuan
Kedelapan
Pendahuluan
Apersepsi : - Mengingat kembali mengenai sifat - sifat
logaritma.
- Membahas PR.
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat menentukan logaritma
dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel
logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan
logaritma untuk perhitungan.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta
didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan
dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau
pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb) mengenai cara menentukan logaritma dan antilogaritma
dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel
antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan logaritma untuk perhitungan,
kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan:
buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid
1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal 44-47 mengenai penentuan logaritma
suatu bilangan dengan tabel logaritma, hal. 47 mengenai penentuan logaritma
suatu bilangan dengan kalkulator, hal. 48-50 mengenai penentuan antilogaritma
suatu bilangan dengan tabel antilogaritma, hal. 50 mengenai penentuan
antilogaritma suatu bilangan dengan kalkulator, serta hal. 51-52 mengenai
penggunaan logaritma untuk perhitungan). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan
logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator, serta cara
menggunakan logaritma untuk perhitungan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal.
44 mengenai pengubahan bentuk logaritma suatu bilangan menjadi bentuk logaritma
berbasis 10, hal. 46 mengenai penentuan logaritma suatu bilangan dengan tabel
logaritma, hal. 49 mengenai penentuan antilogaritma suatu bilangan dengan tabel
antilogaritma, dan hal. 51 mengenai penggunaan logaritma untuk perhitungan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai penentuan logaritma dan antilogaritma suatu bilangan dengan tabel
logaritma, tabel antilogaritma, serta kalkulator, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal.
47 dan 50 sebagai tugas individu berupa uraian singkat. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
d. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas
Kelas” dalam buku paket pada hal. 47 dan 50. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
e. Peserta didik mengerjakan beberapa soal
latihan dalam buku paket hal. 52 sebagai tugas individu. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
f.
Peserta didik diingatkan untuk
mempelajari pengertian logaritma, sifat-sifat logaritma, penentuan logaritma
dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator, serta penggunaan logaritma
untuk perhitungan, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman dari materi mengenai penentuan logaritma dan
antilogaritma dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel
antilogaritma) atau kalkulator serta penggunaan logaritma untuk perhitungan. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi penentuan
logaritma dan antilogaritma dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau
tabel antilogaritma) atau kalkulator serta penggunaan logaritma untuk
perhitungan, berdasarkan latihan dalam buku paket pada hal. 52 yang belum
terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Pertemuan
Kesembilan
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat
kembali mengenai pengertian logaritma, sifat-sifat logaritma, penentuan
logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator, serta penggunaan
logaritma untuk perhitungan.
Motivasi : Agar
peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi
mengenai pengertian logaritma, sifat-sifat logaritma, penentuan logaritma dan
antilogaritma dengan tabel atau kalkulator, serta penggunaan logaritma untuk
perhitungan.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta
didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di
atas meja karena akan diadakan ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri,
Kreatif, Kerja keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta
didik diberikan lembar soal ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Guru
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah
selesai. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang
penyederhanaan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
E. Alat
dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan
MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal.
1-52).
- Buku referensi lain.
Alat : Laptop ,LCD , OHP
F. Penilaian
Teknik
: tugas individu, tugas kelompok, kuis,
ulangan harian.
Bentuk
Instrumen : uraian singkat, pilihan ganda.
Contoh Instrumen :
1. Sederhanakanlah.
a. b.
2. Nyatakan
bilangan berikut dalam pangkat positif dan sederhanakan.
a. b.
3. Nyatakan
bilangan berikut dalam notasi ilmiah.
a. 0,0000002578 b. 820.000.000.000.000
4. Di antara bilangan-bilangan berikut, manakah
yang merupakan bilangan bentuk akar?
a. d.
b. e.
c. f.
5. Nyatakan penjumlahan dan pengurangan berikut
dalam bentuk akar yang sederhana.
a.
b.
6. Rasionalkan
penyebut tiap pecahan berikut.
a. d.
b. e.
c.
7. Nyatakan bilangan-bilangan berikut dalam
bentuk pangkat.
a. d.
b. e.
c.
8.
Sederhanakanlah bentuk
9.
Tentukan nilai x dari persamaan
10.
a.
d.
b. e.
c.
11. Sederhanakan bentuk akar berikut ini.
a. d.
b. e.
c.
12. Ubahlah ke dalam bentuk logaritma.
a. c.
b.
13. Sederhanakanlah
14. Tentukan nilai dari logaritma berikut.
a. log
45,458 d. log 0,098
b. log 144,3 e.
log 0,001
c. log 0,05
15. Nilai adalah…….
a. 5 d.
1,5
b. 2,5 e.
0,6
c. 2
16. Jika , maka =…
a. d.
b. e.
c.
...............,.................
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
______________
_________________
NIP/NIK. NIP/NIK.
Contoh RPP Berkarakter---IPA Matematika SMA Kelas X Semester 1 Pada Materi Pokok Bentuk Serta Aturan Akar, Pangkat, dan Logaritma
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.