RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA YADIKA Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / Ganjil
Standar Kompetensi : 2. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta
pertidaksamaan kuadrat.
Kompetensi Dasar : 2.5.
Merancang model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat.
2.6. Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi
kuadrat dan penafsirannya.
Indikator : Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi
kuadrat, menentukan besaran masalah tersebut sebagai variabel, membuat model
matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian
masalah tersebut.
Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai penentuan persamaan kurva
dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri-ciri tertentu dan penggunaan persamaan
dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah.
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
a. Peserta
didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi
kuadrat, menentukan besaran masalah tersebut sebagai variabel, membuat model
matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian
masalah tersebut. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
b. Peserta
didik dapat Mengerjakan soal
dengan baik berkaitan dengan materi mengenai penentuan persamaan kurva dari
sebuah fungsi kuadrat dengan ciri-ciri tertentu dan penggunaan persamaan dan
fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri,
Keorisinilan
B. Materi
Ajar
Penggunaan
persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah.
-
Penentuan
persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri-ciri tertentu.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi
kelompok.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta
pertidaksamaan kuadrat.
|
·
Merancang
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi
kuadrat.
·
Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi
kuadrat dan penafsirannya.
|
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi
kuadrat, menentukan besaran masalah tersebut sebagai variabel, membuat model
matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian
masalah tersebut.
·
Siswa
dapat Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai penentuan
persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri-ciri tertentu dan
penggunaan persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah.
|
D. Langkah - langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan
Apersepsi : - Mengingat kembali mengenai persamaan dan
fungsi kuadrat.
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat mengidentifi-kasi
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, menentukan besaran
masalah tersebut sebagai variabel, membuat model matematikanya, menyelesaikan
modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa
pemberian materi secara garis besar oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk
lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan pengidentifikasian masalah
yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, penentuan besaran masalah
tersebut sebagai variabel, pembuatan model matematikanya, penyelesaian
modelnya, dan penafsiran hasil penyelesaian masalah tersebut (Bahan : buku
paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A,
karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 108-110 mengenai pengaplikasian persamaan
dan/atau fungsi kuadrat dalam pemecahan masalah). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta
didik dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing - masing
kelompok terdiri dari 3-5 orang. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
b. Dalam
kelompok, masing-masing peserta didik berdiskusi mengenai: (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
1. Pengidentifikasian masalah sehari-hari yang
mempunyai keterkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat.
2. Penentuan besaran masalah yang dirancang
sebagai variabel persamaan atau fungsi kuadrat.
3. Perumusan
persamaan atau fungsi kuadrat yang merupakan model matematika dari suatu
masalah dalam matematika, mata pelajaran lain, atau kehidupan sehari-hari.
4. Penyelesaian model matematika dari suatu
masalah dalam matematika, mata pelajaran lain, atau kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat.
5. Penafsiran
penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain, atau kehidupan
sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat.
c. Masing-masing
kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain
menanggapi. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
d. Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara
mengiden-tifikasi masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat,
menentukan besaran masalah tersebut sebagai variabel, membuat model
matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian
masalah tersebut. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
e. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal.
108-109 mengenai pengidentifikasian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
fungsi kuadrat, penentuan besaran masalah tersebut sebagai variabel, pembuatan
model matemati-kanya, penyelesaian modelnya, dan penafsiran hasil penyelesaian
masalah tersebut. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
f. Setiap
kelompok mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket pada hal. 109-110
sebagai tugas kelompok. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
g. Peserta didik diingatkan untuk mempelajari
kembali mengenai penentuan persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan
ciri-ciri tertentu dan penggunaan persamaan dan fungsi kuadrat dalam
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat untuk menghadapi
ulangan harian pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman dari materi mengenai pengidentifikasian masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, penentuan besaran masalah
tersebut sebagai variabel, pembuatan model matematikanya, penyelesaian
modelnya, dan penafsiran hasil penyelesaian masalah tersebut. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
c. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi pengidentifikasian
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, penentuan besaran
masalah tersebut sebagai variabel, pembuatan model matematikanya, penyelesaian
modelnya, dan penafsiran hasil penyelesaian masalah tersebut dalam buku paket
pada hal. 109-110 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Pertemuan
Kedua
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat
kembali mengenai penentuan persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan
ciri-ciri tertentu dan penggunaan persamaan dan fungsi kuadrat dalam
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
Motivasi : Agar
peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi
mengenai penentuan persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri-ciri
tertentu dan penggunaan persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah
yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta
didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di
atas meja karena akan diadakan ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta
didik diberikan lembar soal ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Guru
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah
selesai. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang
sistem persamaan linear dan kuadrat. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
E. Alat
dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku
paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A,
karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 103-110).
- Buku
referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian
Teknik :
tugas kelompok, ulangan harian.
Bentuk Instrumen : uraian singkat, uraian
obyektif, pilihan ganda.
Contoh Instrumen :
1. Persamaan parabola yang grafiknya melalui
titik (0, 2), (2, 4), dan (3, 8) adalah........
2.
Tentukan penyelesaian dari persamaan parabola yang grafiknya melalui
titik (0, 2), (2, 4), dan (3, 8).
3. Suatu
kawat yang panjangnya 38 cm dibengkokkan membentuk persegi panjang yang luasnya
84cm2. Panjang
persegi panjang yang terbentuk adalah........
a. 22 cm d. 7 cm
b. 21 cm e. 5 cm
c. 12 cm
4. Tentukan sumbu simetri, titik puncak,
sifat definit positif atau negatif dari fungsi kuadrat berikut ini.
a.
b.
c.
...............,.................
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
______________
_________________
NIP/NIK. NIP/NIK.
Contoh RPP Berkarakter---IPA Matematika SMA Kelas X/10 Semester 1 Pada Materi Pokok Merancang Model Matematika Dari Masalah Yang Berkaitan Dengan Persamaan Dan/Atau Fungsi Kuadrat
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.