RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA YADIKA Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / Ganjil
Standar Kompetensi: 1. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
Kompetensi Dasar : 1.2. Melakukan
manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan
logaritma.
Indikator : 1. Menyederhanakan bentuk
aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
2. Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang
bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
3. Mengerjakan soal dengan baik berkaitan
dengan materi mengenai sifat dari bilangan berpangkat rasional dan berpangkat
bulat positif, merasionalkan
penyebut pecahan bentuk akar, dan sifat- sifat dari logaritma.
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
a. Peserta didik dapat menyederhanakan bentuk
aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
b. Peserta
didik dapat membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk pangkat, akar, dan
logaritma. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras)
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri,
Keorisinilan
B. Materi
Ajar
a. Sifat bilangan dengan pangkat rasional.
b. Merasionalkan
penyebut pecahan bentuk akar.
c. Sifat-sifat logaritma.
d. Sifat-sifat bilangan berpangkat bulat positif.
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah,
tanya jawab, diskusi kelompok.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Melakukan
manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan
logaritma.
|
·
Menyederhanakan
bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma
|
·
Siswa
Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk pangkat, akar, dan
logaritma.
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat
kembali cara merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, sifat bilangan dengan
pangkat rasional, dan sifat-sifat logaritma.
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta
didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan
dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau
pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb) mengenai cara menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat
bentuk pangkat, akar, dan logaritma, kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan
MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal.
5-9 mengenai sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat, hal. 17-28
mengenai bentuk akar, dan hal 38-43 mengenai sifat-sifat logaritma). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara
menyeder-hanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan
logaritma. (nilai yang ditanamkan:
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket pada hal. 5,6,8,9 mengenai penyederhanaan
bentuk aljabar yang memuat bilangan berpangkat, hal. 17-21, 24, 25 mengenai
penyederhanaan bentuk aljabar yang memuat bilangan bentuk akar, dan hal. 40
mengenai penyederhanaan bentuk aljabar yang memuat bentuk logaritma. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin
tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai penyederhanaan bentuk aljabar yang
memuat bilangan berpangkat, bentuk akar, dan logaritma, dari “Aktivitas Kelas“
dalam buku paket hal. 6, 9, 17-19, 22, 42 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin
tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
d. Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 6,
9, 17-19, 22, 42. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
Penutup
a.
Peserta didik membuat rangkuman dari
materi mengenai penyederhanaan bentuk aljabar yang memuat bilangan berpangkat,
bentuk akar, dan logaritma. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi mengenai penye-derhanaan bentuk aljabar yang memuat
bilangan berpangkat, bentuk akar, dan logaritma dari “Aktivitas Kelas“ yang
belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Pertemuan Kedua
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat
kembali bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa
pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja,
tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian
contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb) mengenai cara membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk
pangkat, akar, dan logaritma. (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan
MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal.
4-6 mengenai sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif, hal.
38-43 mengenai sifat-sifat logaritma). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan cara membukti-kan sifat-sifat sederhana tentang bentuk
pangkat, akar, dan logaritma. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
b. Peserta didik dapat membuktikan sifat-sifat
sederhana tentang bentuk pangkat, akar, dan logaritma. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik diingatkan untuk mempelajari
kembali sifat-sifat bilangan dengan pangkat bulat, bentuk akar, dan sifat-sifat
logaritma untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
Penutup
a.
Peserta didik membuat rangkuman dari
materi mengenai cara membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk pangkat,
akar, dan logaritma. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif,
Kerja keras);
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Pertemuan
Ketiga
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat
kembali mengenai sifat-sifat bilangan dengan pangkat bulat, bentuk akar, dan
sifat-sifat logaritma.
Motivasi : Agar
peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi
mengenai penyederhanaan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan
logaritma, serta pembuktian sifat-sifat sederhana tentang bentuk pangkat, akar,
dan logaritma.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta
didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di
atas meja karena akan diadakan ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta
didik diberikan lembar soal ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta
didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Guru
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah
selesai. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang
penyederhanaan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
E. Alat
dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku
paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A,
karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 4-9, 17-28, dan 38-43).
- Buku
referensi lain.
Alat : Laptop, LCD, OHP
F. Penilaian
Teknik
: tugas individu, tugas kelompok, ulangan
harian.
Bentuk
Instrumen : uraian singkat, uraian obyektif, pilihan ganda.
Contoh
Instrumen :
1. Bentuk
sederhana dari adalah ........
2. Buktikan bahwa
, , dan
3. Jika dengan dan y = 16, maka
nilai F =.....
a. 16 d.
b.
8 e.
c.
2
4. Dengan
cara merasionalkan bagian penyebut ekuivalen dengan . ....
...............,.................
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
______________
_________________
NIP/NIK. NIP/NIK.
Contoh RPP Berkarakter---IPA Matematika SMA Kelas X/10 Semester 1 Pada Materi Pokok Manipulasi Aljabar dalam Perhitungan Yang Melibatkan Pangkat, Akar, dan Logaritma
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.