Monday, 15 October 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPS Terpadu Atau PKN SMP Kelas VII/7 Semester 2 Pada Materi Pokok Sikap Positif Terhadap Perlindungan dan Penegakkan Hak Asasi Manusia (HAM) Serta Merelevansikan Dengan Kelembagaan HAM Yang Bersangkutan


RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                  :      SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                 :     VII/2
Standar kompetensi         :     3.   Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)
Kompetensi Dasar            :     3.1 Menguraikan hakikat, hukum, dan kelembagaan HAM
Alokasi waktu                  :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan  Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.      menjelaskan pengertian HAM;
2.      menyebutkan dasar hukum penegakan HAM di Indonesia;
3.      menyebutkan lembaga perlindungan hukum di Indonesia;
4.      menyebutkan hak-hak anak yang terdapat dalam Undang-Undang No. 39/1999 tentang HAM dan Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak;
5.      menjelaskan peranan/fungsi Komnas HAM;
6.      menyebutkan tugas Komisi Nasional Perlindungan Anak.

Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tanggung jawab ( responsibility )
Integritas ( integrity )

B.   Materi Pembelajaran
1.      Pengertian HAM
2.      Dasar hukum penegakan HAM di Indonesia
3.      Lembaga-lembaga perlindungan HAM di Indonesia

C. Metode
      Tanya jawab, diskusi, ceramah bervariasi, dan penugasan.

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
1. Pertemuan I
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
 c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan  Inti
1). Eksplorasi
§         Penjelasan konsep secara umum tentang arti/pengertian HAM yang ada dalam NKRI dikaitkan dengan HAM yang ada di sekitar tempat tinggal siswa.
2).  Elaborasi
§         Melakukan kajian pustaka dengan menelaah UUD 1945 pada Pasal 28A sampai 28J.
§         Membagi siswa dalam 8 kelompok.
§         Menginstruksikan siswa untuk berdiskusi setelah mendengar dan menelaah tentang UUD 1945 pasal 28A sampai dengan 28J.
3) Konfirmasi
§         Guru meminta pendapat siswa tentang pengertian HAM dan UUD 1945 pada pasal 28A.
§         Setelah selesai, masing-masing kelompok melakukan presentasi hasil diskusi.       
Penutup
a.      Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil diskusi.
b.     Memberikan post test sebagai umpan balik.
c.      Melakukan tindak lanjut dengan memberi tugas untuk mempersiapkan diskusi minggu berikutnya dengan membuat resume tentang pengertian HAM, UUD 1945, dan UU No. 39 Tahun 1999 dan Undang-Undang No. 23 tahun 2002.

2. Pertemuan II
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
 c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan  Inti
1). Eksplorasi
§         Menjelaskan konsep tentang pentingnya mengerti dan memahami hak asasi.
2).  Elaborasi
§         Melakukan kajian pustaka tentang hak-hak anak yang tercantum dalam Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 dan Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
§         Membagi siswa dalam 8 kelompok dan mendiskusikan hak-hak anak.
§         Mempresentasikan hasil diskusi.
 3) Konfirmasi
§         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Penutup
a.     Guru dan siswa menyimpulkan materi yang dibahas.
b.     Memberikan post test
c.     Melakukan tindak lanjut dengan memberi tugas rumah untuk mempersiapkan materi yang akan datang dengan membaca dan menelaah buku-buku PKn dengan kajian pustaka.

E.   Sumber Pembelajaran
·         Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
  • Buku UUD 1945
  • UU No. 39 Tahun 1999


F.   Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
· Menjelaskan pengertian HAM

· Menjelaskan sejarah perjuangan HAM

· Menjelaskan dasar hukum penegakkan HAM di Indonesia

· Menunjukkan lembaga perlindungan  HAM

Menjelaskan latar belakang lahirnya perundang-undangan HAM nasional 


· Menunjukkan pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang HAM

· Menjelaskan  berbagai instrumen HAM


Tes tertulis














Tes tertulis

Pilihan Ganda












Uraian
1.    Undang-undang RI yang mengatur tentang Hak Azasi Manusia adalah….
a.         UU No. 8 Tahun 1981  
b.        UU No. 5 Tahun 1998
c.         UU No. 39 Tahun 1999
d.        UU No. 26 Tahun 2000
2.    Lembaga perlindungan HAM yang melindungi korban tindak kekerasan dan orang hilang adalah ….
  1. Komnas Ham  
b.      c.  Kontras
c.       LBH                             
d.      d.  PBHI
3.   Pernyataan
  1. melaksanakan kewajiban yang diatur dalam UUD 1945
b.      adanya konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang HAM
c.       disebabkan oleh perilaku tidak adil dan diskriminatif
d.      peraturan perundangan yang ada sudah tidak berlaku lagi
e.       Dari pernyataan di atas latar belakang lahirnya perundang-undangan Ham adalah....
a.       1, 2 dan 3       
b.      c.  1, 3 dan 4
c.       1, 2 dan  4      
d.      d.  2, 3 dan 4
4.   Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28A sampai dengan 28J mengatur tentang ….
  1. hak azasi manusia
b.      pengadilan hak azasi manusia
c.       hak dan kewajiban warga Negara
d.      kebebasan berserikat dan berkumpul
e.        
5.   Sarana pengakkan HAM :
  1. Pancasila
b.      UUD 1945
c.       Tap MPR No. XV Th. 1998
d.      UU No. 39 Tahun 1999
e.       UU No. 26 Tahun 2000
6.   Peraturan Pemerintah No. 2 Th. 2002
  1. Instrumen Hak Azasi Manusia di Negara RI adalah  ….
b.      1, 2, 3, 5         
c.       c.  1, 2, 5, 6
d.      1, 2, 4, 5         
e.       d.  2, 3, 5, 6
7.   Yang bukan merupakan hak asasi manusia yang pokok berikut ini adalah ….
a.   hak untuk berkumpul
b.   hak hidup
c.   hak kemerdekaan
d.   hak memperoleh kebahagiaan
8.    Hak berserikat dan berkumpul serta mengeluarkan pendapat tercantum dalam UUD 1945 pasal ….
            a.     28E ayat 1
            b.     28E ayat2
            c.     28 ayat 3
            d.     28D ayat 4
9.    Pasal 28A UUD 1945 menyebutkan bahwa setiap orang berhah untuk hidup, sertaberhak mempertahankan hidup dan ….
            a.     kemerdekaan
            b.     kehidupan
            c.     ketenteraman
            d.     keinginan
10.Setiap orang berhak atas status kewarganegaraan. Hal itu ditegaskan dalam UUD 1945
            Pasal ….
     a.   28D ayat 1
     b.   28D ayat 4
     c.   28G ayat 1
     d.   28G ayat 2
11.Berdasarkan pasal 28J, setiap orang ….
     a.   berhak menghormati orang lain
b. membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan
     c.   wajib menghormati hak asasi orang lain
     d.   bebas memiliki hak yang seluas-luasnya
12.Lembaga resmi yang bertujuan meningkatkan perlindungan dan penegakan HAM di Indonesia adalah ….
            a.   Pengadilan
      b.   DPR
      c.   POLRI
      d.   Komnas HAM
13.Tugas dan wewenang Komnas HAM  adalah ….
     a.   mengamati pelaksanaan HAM
b.   mewujudkan lembaga yang mandiri dan profesional
c.   membantu menyelesaikan pelanggaran HAM di masyarakat.
d.   mengadakan pengkajian, penelitian, dan penyuluhan tentang HAM

14.Komnas HAM berada di ….
            a.   Jakarta
        b.   Kabupaten
        c.   Provinsi
        d.   Kecamatan
15.Berikut ini termasuk lembaga perlindungan dan penegakan HAM selain KOMNAS HAM, kecuali ….
            a.   Komisi Perlindungan Anak
      b.   POLRI
      c.   Pengadilan HAM
      d.  Perusahaan Nasional
16.Ketua Komnas Perlindungan anak sekarang ini dijabat oleh ….
            a.   Seto Mulyadi
      b.   Mutia Hatta
      c.   Yusril Ihza Mahendra
      d.   Hamid Awaludin

1.      Jelaskan pengertian HAM!
2.      Sebutkan landasan hukum jaminan dan perlindungan HAM di Indonesia!
3.      Sebutkan 8 contoh hak-hak mu sebagai manusia diatur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2002!
4.      Sebutkan 2 lembaga perlindungan HAM di Indonesia!
5.      Jelaskan peranan/tujuan Komisi Perlindungan Anak!
6.      Buatkan rangkuman sejarah perjuangan HAM

                                   

      Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................


              

Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPS Terpadu Atau PKN SMP Kelas VII/7 Semester 2 Pada Materi Pokok Sikap Positif Terhadap Perlindungan dan Penegakkan Hak Asasi Manusia (HAM) Serta Merelevansikan Dengan Kelembagaan HAM Yang Bersangkutan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email