Monday, 15 October 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPS Terpadu SMP Kelas VII/7 Semester 1 Pada Materi Pokok Hubungan Proklamasi Dengan Pembukaan Dan Pasal-Pasal Serta Kaitannya Dengan Makna Setiap Butir Pembukaan UUD 1945

-->
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah                  :      SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                 :     VII/I
Standar kompetensi         :     2.   Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
Kompetensi Dasar            :     2.3. Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945.
Alokasi waktu                  :     2 x 40 menit (1 x pertemuan)

A.   Tujuan  Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.      menjelaskan hubungan Proklamasi dengan Pembukaan UUD 1945;
2.      menjelaskan hubungan Proklamasi dengan pasal-pasal UUD 1945;
3.      menguraikan makna setiap alinea dalam Pembukaan UUD 1945.

Karakter siswa yang diharapkan :               Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Integritas ( integrity )
Kewarganegaraan ( citizenship )

B.   Materi Pembelajaran
1.      Hubungan antara Proklamasi dan UUD 1945

C.   Metode
Ceramah bervariasi dan diskusi.

D.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)

1.      Pertemuan I
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
 c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan  Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pentingnya Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945.
  • Tanya jawab tentang isi Pembukaan UUD 1945.
2).  Elaborasi
  • Melakukan kajian pustaka dengan menelaah hubungan antara Proklamasi dan Pembukaan UUD 1945 serta menelaah makna alinea Pembukaan UUD 1945.
  • Membagi siswa menjadi 4 kelompok, masing-masing terdiri atas 5 orang.
  • Masing-masing kelompok membahas dan mendiskusikan materi tersebut.
  • Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya.
3) Konfirmasi
  • Guru melakukan klarifikasi atas materi yang dibahas.

Penutup
a. Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil diskusi.
b. Post test sebagai umpan balik.
c. Melakukan refleksi dan tindak lanjut dengan pemberian tugas untuk mempersiapkan materi berikutnya.

E.   Sumber belajar
·         Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
  • Buku-buku teks resmi tentang Proklamasi
  • Artikel-artikel, teks Proklamasi
  • Naskah Pidato sidang PPKI
  • Narasumber (saksi sejarah yang masih hidup)
  • UUD 1945

F.   Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
· Menjelaskan hubungan  proklamasi kemerdekaan dengan Pembukaan   UUD 1945.

Tes Tertulis
 Uraian

Jelaskan hubungan proklamasi kemerdekaan dengan Pembukaan UUD 1945          

Jelaskan makna Pembukaan UUD 1945 alinea ketiga!

Jelaskan hubungan antara Proklamasi dan Pembukaan UUD 1945!

                                   

      Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................









Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPS Terpadu SMP Kelas VII/7 Semester 1 Pada Materi Pokok Hubungan Proklamasi Dengan Pembukaan Dan Pasal-Pasal Serta Kaitannya Dengan Makna Setiap Butir Pembukaan UUD 1945
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email