Monday, 15 October 2012

Contoh RPP Berkarakter PKN---IPS Terpadu SMP Kelas VII/7 Semester 2 Pada Materi Pokok Mendeskripsikan Kasus Pelanggaran dan Upaya Penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) Di Indonesia


RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                  :      SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester                 :     VII/2
Standar kompetensi         :     3.   Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakan Hak Azasi Manusia (HAM).
Kompetensi Dasar            :     3.2. Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan upaya penegakan HAM.
Alokasi waktu                  :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
      1. memberi contoh pelanggaran HAM dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga dan masyarakat;
2. memberi contoh pelanggaran HAM di negara Indonesia;
3. menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran HAM;
4. mengemukakan cara-cara penanganan terhadap pelanggaran HAM.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )

B.   Materi Pembelajaran
Kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia.

C. Metode
      Ceramah bervariasi, penugasan, dan telaah buku.

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
      1. Pertemuan I
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
 c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
§         Guru menjelaskan tentang pelaksanaan kegiatan, yaitu memecahkan masalah pelanggaran HAM di lingkungan  keluarga (lingkungan masing-masing).
2).  Elaborasi
§         Menampilkan gambar kasus pelanggaran HAM oleh aparat keamanan dan konflik pemekaran Papua.
§         Siswa menjawab pertanyaan mengapa perlu memberi tanggapan terhadap pelanggaran HAM di negara kita.
§         Mengekspresikan tanggapan tanggapan dalam bentuk tulisan/gambar.
§         Secara berkelompok, siswa membaca uraian kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia.

3) Konfirmasi
§         Siswa mengemukakan tanggapan terhadap uraian dan gambar kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia.
Penutup
a.   Siswa membuat kesimpulan tentang pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
b.   Siswa melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.   Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk membaca materi pelajaran yang akan datang.

1.      Pertemuan II
Pendahuluan
Apersepsi
a.   Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
Memotivasi
a.   Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan secara lisan tentang cara-cara menangani pelanggaran HAM dan mengaitkannya dengan materi yang sudah diajarkan.
b.   Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
c. Membagi siswa dalam 8 kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
§         Guru Menjelaskan konsep tentang cara-cara penanganan pelanggaran HAM secara umum.
2).  Elaborasi
§         Siswa menganalis beberapa kasus pelanggaran HAM dan cara-cara menanganinya secara berkelompok.
§         Presentasi hasil analisis oleh masing-masing kelompok.
§         Meminta kelompok lain menanggapi presentasi tersebut.
3) Konfirmasi
§         Klarifikasi dari  guru tentang  materi yang telah dipresentasikan oleh masing-masing kelompok

Penutup
a.      Bersama guru, siswa menyimpulkan hasil pengamatan gambar palanggaran HAM.
b.     Dengan bimbingan guru,  masing-masing wakil kelompok  memberikan refleksi terhadap materi  yang telah ditampilkan oleh masing masing kelompok         
c.      Mengadakan post test.
d.     Guru memberi tugas rumah berupa telaah materi yang akan dipelajari pada minggu berikutnya.

E.   Sumber Belajar
·         Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
·         UUD 1945
·         UU No. 39 Tahun 1999
·         Surat kabar (edisi lama atau baru) yang menyajikan kasus pelanggaran HAM

F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
· Memberikan contoh pelanggaran HAM

· Menganalisis pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

· Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia

· Mengemukakan cara-cara penanganan pelanggaran HAM
Tes lisan





Penuga
san




Penugasan




Penuga
san


Daftar
Pertanyaan




Pekerjaan rumah




Pekerjaan rumah



Pekerjaan rumah


·   Siapa di antara kalian yang bisa mengemukakan apa yang dimak sud pelanggaran HAM?
·   Berikan contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi di rumah, sekolah dan lingkungan tempat tinggal kalian!


Tugas :
Buat klipping dari guntingan surat kabar tentang kasus-kasus pelanggaran HAM dan berikan tanggapan/ komentar mengapa terjadi pelanggaran HAM.

Carilah sumber informasi yang dapat menjelaskan apa yang menjadi penyebab terjadinya kasus Tanjung Priuk dan kasus Timor Timur, dimana letak pelanggaran Ham nya!.

Tugas :
Mengunjungi  atau mewawancarai anggota kepolisian setempat tentang uapaya yang dilakukannya dalam rangka penanganan pelanggran HAM di wilayahnya dan buatkan laporannya
                                   

      Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................

Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter PKN---IPS Terpadu SMP Kelas VII/7 Semester 2 Pada Materi Pokok Mendeskripsikan Kasus Pelanggaran dan Upaya Penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) Di Indonesia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email